Bagas Dharma Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap, hipnoterapi dan suka sepakbola.

Memanfaatkan Gadget untuk Mengajarkan Agama Islam kepada Anak

1 min read

playpad muslim

playpad muslim

Penggunaan gadget pada anak-anak saat ini semakin menuju ke arah yang tidak sehat. Banyak anak-anak yang kecanduan gadget sampai-sampai melupakan kewajibannya termasuk belajar agama. Sebenarnya ini bukan sepenuhnya salah anak, karena orang tua seharusnya ikut mengawasi apa yang dilakukan si anak. Tapi faktanya, berbagai jenis gadget sudah menyerbu anak-anak sehingga mereka malas belajar, apalagi belajar masalah agama.

Nah, bagi Anda yang beragama muslim, saya punya sedikit tips supaya si anak tidak merasa malas dan bosan belajar tentang agama. Jika si anak tidak bisa lepas dari gadget-nya, kenapa Anda tidak memanfaatkan gadget untuk mengajarkan agama Islam kepada buah hati Anda? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ulasannya.

  1. Membeli Playpad Muslim

Ketimbang Anda membelikan mainan yang tidak jelas manfaatnya untuk buah hati Anda, coba Anda belikan playpad muslim untuk si anak. Ini adalah sebuah gadget unik yang bisa digunakan untuk memberikan pelajaran tentang agama Islam kepada si kecil. Caranya mudah dan tidak membosankan, sehingga anak tidak lagi malas untuk belajar agama. Bentuknya seperti tablet, tapi fungsinya hanya untuk belajar agama Islam saja. Isinya beragam, mulai dari doa-doa harian, bacaan sholat, huruf hijaiah, dan sebagainya.

  1. Download Aplikasi Muslim

Jika si anak benar-benar enggan melepas gadget-nya, coba Anda download aplikasi muslim dari gadget-nya. Kemudian pelan-pelan Anda ajak si kecil untuk membuka aplikasi tersebut dan belajar agama. Carilah aplikasi yang unik dan bergambar sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan. Banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan, misal aplikasi untuk belajar mengaji, belajar menghapal surat-surat pendek, kisah-kisah Nabi dan Rasul, dan sebagainya. Cara ini lebih efektif ketimbang Anda memaksa si kecil untuk membaca buku atau ikut pengajian.

Dua cara di atas terbukti cukup efektif untuk memberikan materi-materi pembelajaran agama Islam kepada si kecil. Intinya orang tua harus selalu mendampingi si anak saat ia menggunakan gadget. Kalau perlu buat kesepakatan dengan anak, misalnya waktu untuk bermain gadget hanya dua jam. Kemudian selanjutnya mereka harus menggunakan gadget mereka untuk belajar.

Orang tua wajib memberikan waktunya untuk mengawasi anak. Kalau perlu minta anak Anda untuk mengajak teman-temannya belajar mengaji bersama supaya buah hati Anda tidak merasa kesepian dan merasa lebih nyaman. So, sekian dulu tips singkat dari saya. Selamat mencoba, ya.

Bagas Dharma Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap, hipnoterapi dan suka sepakbola.

Google Cardboard, 3D Virtual Reality Canggih dengan Harga Ekonomis

Di tengah maraknya vendor teknologi yang memproduksi perangkat virtual reality, Google telah terlebih dahulu memperkenalkan Google Cardboard pada tahun 2014 lalu
Bagas Dharma
1 min read

Dengarkan Musik Lewat Smartphone Lebih Seru dengan Speaker JBL

Nyaris setiap ponsel yang diproduksi saat ini memiliki fitur pemutar musik. Hal ini membuktikan bahwa musik merupakan suatu hiburan yang universal.
Bagas Dharma
1 min read

Sulap TV Jadi Smartphone dengan Google Chromecast

Bosan dengan smartphone atau phablet yang layarnya kecil? Mungkin Anda perlu menjajal kecanggihan alat Google Chromecast yang bisa menyulap TV menjadi smartphone.
Bagas Dharma
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *