Mengenal Lebih Dekat Tablet Grafis Wacom Cintiq

Mengenal Lebih Dekat Tablet Grafis Wacom Cintiq

Mengenal Lebih Dekat Tablet Grafis Wacom Cintiq

Saat ini pekerja ilustrator ataupun desainer grafis bisa mengerjakan desain dengan waktu yang lebih cepat dengan menggunakan tablet grafis. Sebagian besar orang mungkin masih asing dengan istilah tablet grafis, karena memang belum populer seperti smartphone, tablet, dan sejenisnya. Salah satu perusahaan yang memproduksi tablet grafis adalah Wacom. Perusahaan tersebut berbasis di Saitama, Jepang dan sudah meluncurkan beberapa seri Wacom dan sudah diperkenalkan di Indonesia.

Tunggu-tunggu, sebelum membahas lebih jauh tentang beberapa seri unggulan Wacom, saya akan jelaskan dulu apa fungsi tablet grafis. Sesuai dengan namanya, perangkat yang satu ini digunakan untuk kebutuhan grafis, seperti menggambar, presentasi, dan sebagainya yang juga bisa dihubungkan ke komputer atau laptop dengan USB. Jadi Anda tidak perlu repot-repot menggunakan scanner lagi, karena hasil gambar di tablet grafis bisa langsung disimpan dalam format digital. Mantap sekali, bukan?

Nah, salah satu produk unggulan tablet grafis besutan Wacom adalah Wacom Cintiq. Sebuah tablet grafis dengan layar berkualitas HD selauas 13,3 inci. Tablet ini memiliki layar LED beresolusi 1920 x 1080 piksel dengan ketajaman 16,7 juta warna, sehingga kualitas display dan gambar yang dihasilkan juga sangat tinggi. Color management yang digunakan sudah sesuai dengan standar industri, yakni Adobe RGB dengan 6500 K whitepoint default. Adapun teknologi yang digunakan pada Wacom Cintiq sendiri adalah patented electromagnetic resonance method.

Dari segi tampilan, ukuran tablet grafis Cintiq ini juga cukup standar, yakni 375 x 248 x 14 mm. Bobotnya cuma 1,2 kilogram sehingga tidak terlalu berat saat dibawa. Untuk kelengkapannya, Wacom Cintiz dibekali dengan port USB 2.0 yang memudahkan konektivitas dengan perangkat lain. Perangkat yang satu ini bisa dihubungkan dengan PC ataupun MAC. Bagaimana? Cukup praktis, kan? Teknologi yang satu ini pasti akan sangat membantu pekerjaan di bidang grafis. Itu dia yang membuat produk besutan Wacom ini juga tengah laris manis di pasaran.

Akan tetapi mungkin pengguna tablet grafis masih terbatas, karena fungsinya yang tidak seperti tablet pada umumnya. Belum lagi jika dibandingkan dari harga, tablet grafis dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang tablet biasa. Untuk mendapatkan tablet Wacom Cintiq versi termurah saja Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 13 juta-an. Bahkan ada juga varian yang harganya sampai Rp 16 juta-an. So, sekian dulu info singkat kali ini. Semoga bermanfaat.

Google Cardboard, 3D Virtual Reality Canggih dengan Harga Ekonomis

Di tengah maraknya vendor teknologi yang memproduksi perangkat virtual reality, Google telah terlebih dahulu memperkenalkan Google Cardboard pada tahun 2014 lalu
Bagas Dharma
1 min read

Dengarkan Musik Lewat Smartphone Lebih Seru dengan Speaker JBL

Nyaris setiap ponsel yang diproduksi saat ini memiliki fitur pemutar musik. Hal ini membuktikan bahwa musik merupakan suatu hiburan yang universal.
Bagas Dharma
1 min read

Dagi Stylus Bikin Menulis dan Menggambar di iPad Jadi…

Di era digital ini, menulis atau menggambar tidak lagi hanya bisa dilakukan di atas kertas. Seiring dengan berjalannya waktu, para pengembang teknologi menciptakan inovasi...
Bagas Dharma
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *