Bolehkan Melumasi Rantai Motor Dengan WD40? Baca Penjelasannya!

Bolehkan Melumasi Rantai Motor Dengan WD 40

Banyak yang beranggapan melumasi rantai motor dapat menggunakan cairan WD40 sebagai pelumas rantai sepeda atau sepeda motor. Memang boleh? Kita mengenal cairan WD40 dapat menghilangkan suara pada engsel, melonggarkan, mencegah karat dan lainnya. Apakah ini bisa berfungsi untuk kita gunakan di rantai motor kita?

Bolehkan Melumasi Rantai Motor Dengan WD 40

Bolehkan Melumasi Rantai Motor Dengan WD40?

Apakah teman-teman tahu apa sebenarnya manfaat dari cairan WD40 tersebut? Apakah boleh wd 40 untuk rantai motor? Cairan WD40 adalah cairan pencegah karat. Kegunaannya adalah untuk membersihkan kotoran dan korosi yang terjadi pada bahan logam. Bahkan saat ini sudah banyak bermunculan produk pelumas sejenis seperti WD40.

Harga satu botol spray WD 40 333 ml dijual Rp. 50.000 atau lebih murah, sedangkan untuk ukuran yang lebih kecil di jual seharga Rp. 40.000 atau lebih murah, tergantung dimana teman-teman semua membelinya. Botol WD40 yang dikemas dalam kaleng spray biasanya terdapat di gudang atau kotak peralatan.

Kegunaan Pelumas WD40 Untuk Sehari-hari

Pertanyaan yang cukup mendasar dari cairan wd40 ini adalah apakah wd 40 bisa untuk rantai motor? apa sih manfaatnya pelumas rantai motor wd 40 untuk kehidupan sehari-hari selain untuk membersihkan karat pada motor? Dibawah ini adalah kegunaan cairan wd40:

  • Membersihkan bekas pensil atau crayon di tembok, atau tulisan di layar Kaca televisi.
  • Menghilangkan noda teh di dapur.
  • Membersihkan stiker yang masih menempel
  • Membersihkan lem yang menempel di jari
  • Membersihkan resleting yang nyangkut
  • Membersihkan lantai yang kusam dan sulit dibersihkan.
  • Bodi mobil yang kena semprot oleh orang jail, bisa di lumasi WD40 untuk dibersihkan
  • Menghapus noda di baju karen bolpen, bisa dibantu dengan cairan ini. Disemprot dan tunggu beberapa menit baru di bilas. Tapi resiko ditanggung oleh penguna.
  • Menghilangkan kotoran di piring CD/DVD bila tertinggal bekas lem stiker.
  • Semprotkan di permukaan sepatu, maka sepatu akan waterproof. Resiko di tanggung penguna.
  • Melepas lego yang sukar di lepas.
  • Menghilangkan noda bekas odol atau pasta gigi.
  • Yang ini agak ekstrim, karena beresiko merusak. Untuk membersihkan nozzle tinta printer yang macet.
  • Menghilangkan bekas lilin atau permen karet.
  • Bila disemprotkan di kolam kecil seperti air mancur. Bisa mencegah lumut dan jamur tumbuh.
  • Menghilangkan cat kuku yang jatuh menjadi noda di lantai.
  • Bila di semprot di peralatan kayu seperti peralatan kebun, lebih tahan lama.

Pada dasarnya, pelumas rantai motor wd 40 digunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Bagaimana jika rantai motor kalian berkarat? Tidak disarankan untuk membersihkannya dengan cairan ini, ada baiknya kalian cari cara lain atau baca artikel gue tentang membersihkan karat pada motor yang sudah gue buatkan.

Yang Boleh Disemprotkan Cairan WD40?

  • Bahan besi seperti peralatan kunci, cangkul dan lainnya atau peralatan yang berhubungan untuk mengali tanah.
  • Lantai, genteng, untuk menghapus noda atau kotoran. Dilanjutkan dengan membersihkan dengan sabun.
  • Perangkat stainless stell atau besi. 
  • Membersihkan permen karet, misalnya menempel di karpet atau membersihkan permen karet dari rambut
  • Untuk sabuk kulit, lapisan bangku kulit yang biasanya menjadi kaku karena umur pemakaian.
  • Melonggarkan plastik lego, kalau sulit dilepas.
  • Melonggarkan pot yang menempel dan nyangkut, sehingga sulit dilepaskan.
  • Menghapus cat logo (bila cat biasa), bekas lem label harga, lakban dan bekas lem stiker.

Yang Tidak Boleh Disemprotkan Cairan WD40?

  • Wd 40 untuk rantai sepeda atau motor. Bila ingin mengunakan WD40, bisa mengunakan sebagai pembersih awal. Lalu dicuci dan diberikan pelumas. Untuk lebih jelas, baca cara membersihkan rantai motor yang sudah gue buatkan.
  • Pintu engsel. Awalnya menghilangkan bunyi, tetapi bisa merusak pelapis engsel.
  • Mainan Pinball. Hati hati dengan WD40 dapat merusak bagian pelindung alat Pinball.
  • Tombol peralatan elektronik. Misalnya iPad atau iPod yang kotor dibagian tombol Home. Bila disemportkan, awalnya membuat bersih, tetapi menyebabkan plastik cover rontok, dan bagian dalam plastik terkena cairan WD40.

Gimana sekarang sudah tahu bukan apa saja manfaat dari cairan WD40 itu? Boleh gak tuh untuk melumasi rantai motor? Jadi, jangan ada lagi pertanyaan tentang ini ya. Semoga apa yang saya tulis kali ini bisa bermanfaat buat kalian, ya.

Kalau ada yang ingin ditanyakan, ditambahkan ataupun dikoreksi silahkan langsung aja dikolom komentar, ya. Tapi, masih ada gak nih diantara kalian yang melumasi rantai motor menggunakan WD40?

4 Replies to “Bolehkan Melumasi Rantai Motor Dengan WD40? Baca Penjelasannya!”

  1. Joss, kemaren di semprot ke engsel.. rusak.. Ke rantai… ndak banyak sih, syukur terus di lapis oli semprot khusus rantai :3

    1. Nah, lho. Untuk baru ke engsel aja belum ke rantai. Saran yg didapat dari teman, kalau untuk rantai mending pakai Singer aja bang Ebo. Yang buat mesin jahit itu, lho :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *