ATM Tertelan Mesin? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya!

ATM Tertelan

Siapa diantara kalian yang pernah mengalami kartu ATM Tertelan Mesin? Hayo ngaku siapa yang pernah ngalamin kaya gini? Apa yang kalian lakukan ketika kalian mengalaminya? Panik? Udah pasti, apalagi ketika kalian lagi ga pegang uang tunai dan mau pergi ke suatu tempat.

Penyebab ATM Tertelan Mesin

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kartu atm tertelan oleh mesin atm tersebut, diantaranya:

Mesin ATM Rusak Dan Error

Hal pertama yang biasa terjadi dan menyebabkan kartu atm tertelan adalah mesin ATM mengalami kerusakan atau error pada sistem. Kita tidak pernah tahu, kapan ATM tersebut terakhir kali diperbaharui sistemnya.

Biasanya, apabila mesin ATM mengalami gangguan dan terjadi error saat penggunaan, karti ATM yang kalian gunakan tidak adakan bisa dimasuki kartu. Namun, ketika kalian tidak menyadarinya, kemungkinan mesin akan melakukak prosesnya. Setelah itu, kartu ATM kalian tidak bisa keluar dan tertelan oleh mesin.

Listrik Mati Saat Menggunakan Mesin ATM

Penyebab kedua kartu ATM kalian tertelan mesin adalah listrik mati ditengah kalian menggunakan mesin tersebut. Meskipun, beberapa mesin ATM sudah menyediakan genset sebagai backup tambahan agar tidak terjadi hal yang tidak diiginkan tersebut.

Tapi, kembali lagi namanya mesin bisa saja rusak. Bisa saja kerusakan atau kehabisan bahan bakar pada genset akan membuat mesin ATM tidak berfungsi, dan menyebabkan kartu ATM kalian tertelan.

Salah Memasukan PIN ATM

Salah satu penyebab utama yang sering menyebabkan kartu artm tertelan mesin adalah salah memasukan pin ATM kalian. Meskipun kalian menggunakan PIN yang biasa kalian pakai pada kartu ATM lain atau perangkat telepon kalian, bisa saja kalian lupa.

Apabila kalian tetap memaksakan menggunakan kartu ATM tersebut dan lupa pin ATM kalian sebanyak 3 kali, hal tersebut akan membuat kartu ATM kalian tertelan oleh mesin yang sedang kalian gunakan untuk bertransaksi.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan Mesin

Ketika ada masalah, pasti ada solusi yang bisa kalian lakukan. Berikut ini beberapa cara mengatasi kartu ATM yang tertelan oleh mesin, diantaranya:

Jangan Panik

Hal pertama yang perlu kalian laukan jika kartu ATM tertelan mesin adalah kalian harus tetap tenang dan jangan panik. Kenapa? Hal tersebut akan dimanfaatkan oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal yang tidak kalian inginkan.

Biasanya, akan ada beberapa orang yang ingin membantu kalian untuk mengeluarkan kartu tersebut, dengan cara menelpon customer care yang bukan nomor resminya. Usahakan, kalian tidak menerima bantuan itu dan tetap tenang.

Hubungi Customer Service

Hal kedua untuk mengatasi kartu ATM tertelan mesin adalah dengan menghubungi customer service bank. Biasanya, kalian akan mendapatkan pertanyaan umum seperti nama, alamat, nomor rekening, dan nama ibu kandung untuk verifikasi data.

Setelah itu, yang kalian lakukan adalah minta untuk proses blokir kartu ATM yang tertelan oleh mesin tersebut. Jangan lupa, kalian juga harus menanyakan apa saja yang harus kalian bawa untuk ke kantor cabang mereka. Biasanya, persyaratan umum yang harus dibawah adalah buku tabungan dan KTP kalian.

Datangi Kantor Cabang Terdekat

Hal terakhir yang harus kalian lakukan adalah datang ke kantor cabang terdekat untuk mengambil kembali kartu ATM yang tertelan. Berdasarkan pengalaman juga, biasanya kartu diganti dengan yang baru untuk mempersingkat proses pengembalian. Seperti biasa, prosesnya akan mengisi formulir baru dan perubahan data apabila ada.

Ketiga cara diatas dapat kalian lakukan apabila kartu ATM kalian tertelan mesin yang kalian gunakan saat itu. Apabila ada yang kurang dan masih belum lengkap, sharing dikolom komentar yuk. Gimana sih cara kalian ketika ATM tertelan mesin saat transaksi?

2 Replies to “ATM Tertelan Mesin? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya!”

  1. kalo aku lebih konyol penyebabnya mas
    kartu ATM tertelan gara2 lupa diambil :D
    dan 2 kali terjadi seperti itu, yang pertama tahun 2014 dan yang kadua tahun 2017 ini (tepatnya 3 bulan yang lalu)
    dan sampe hari ini yang untuk yang kehilangan kedua belum aku urus
    jadi kalo ambil duit, transfer ke rekening istri dulu, hehe #konyolkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *