Apa Arti Pangkat Bar di Pundak Pilot?

Pangkat Bar di Pundak Pilot

Ada yang cari tahu tentang pangkat bar di pundak pilot? Apa cuma gue yang penasaran sama arti pangkat bar pilot itu? Ternyata, ini artinya. Tapi kalau kalian penerbang atau bagian dari dunia penerbangan sih, harusnya udah tahu apa artinya. Buat yang belum tahu tentang ini pasti kepo kan? Mari kita lihat :)

Urutan Pangkat Bar Pada Pundak Pilot

Pilot merupakan orang yang bertugas menerbangkan pesawat udara dari satu tempat ke tempat yang lain. Pilot memiliki kewajiban penuh untuk menjaga seluruh penumpang, crew dan teknisi saat lepas landas, mengudara, maupun saat pendaratan.

Tapi pernahkah kalian melihat pangkat bar pada pundak pilot atau bertanya mengenai arti bar pilot? Berikut ini urutan pangkat pilot yang mungkin belum kalian ketahui:

Cadet Pilot

Cadet Pilot Biasanya adalah seorang Co-Pilot yang baru lulus dari Sekolah penerbangan dan biasanya memiliki tanda 1 garis atau bar pada pundaknya.

Second Officer

Second Officer biasanya adalah Seorang Co-pilot yang telah memiliki jam terbang di airlines atau sudah bekerja di airlines dan memiliki 150 lebih jam terbang.

First Officer

First Officer atau sering juga disebut FO memiliki tiga buah garis yang berwarna sama dengan Captain. FO duduk disebelah kanan pesawat. Junior First Officer memiliki dua tanda pangkat. Senior dan Junior First Officer dibedakan berdasarkan dari pengalaman serta jumlah jam terbang yang dimilki.

Captain

Captain memiliki pangkat pilot bar 4 bintang atau empat garis pangkat yang biasanya berwarna emas, walaupun ada juga beberapa airline di dunia yang menggunakan warna putih. Saat bertugas, Captain selalu duduk disebelah kiri di dalam cockpit (ruang kemudi).

Mereka sering juga disebut sebagai PIC atau Pilot in Command yaitu pemimpin tertinggi di dalam pesawat dalam kaitannya dengan keselamatan dan keamanan penerbangan. Pada perusahaan penerbangan tertentu dekorasi tambahan diberikan pada tanda pangkat Captain atau pangkat pilot bar 4 bintang seperti, tanda bintang atau tanda berlian dan sebagainya tergantung dari kebijakan perusahaan.

Flight Engineer

Flight Engineer atau FE memiliki tiga buah garis pangkat yang biasanya agak sedikit berbeda. Kebanyakan perusahan penerbangan menambahkan garis bayangan berwarna ungu diantara garis pangkat pada seragam Flight Engineer. Flight Engineer duduk di belakang Captain dan First Officer, menghadap pada tombol-tombol penting yang mengatur system pada pesawat.

Walaupun Flight Engineer tidak menerbangkan pesawat seperti Captain dan First Officer, Flight Engineer memiliki tugas yang sama pentingnya yaitu memonitor dan mengoperasikan serta bertanggung jawab atas bekerjanya system pesawat tersebut.

Perlu kalian ingat, tidak semua pesawat terbang didesain dan diciptakan dengan posisi flight engineer. Beberapa tahun belakangan ini tugas flight engineer sudah banyak digantikan oleh sistem komputer yang semakin canggih sehingga pesawat tidak lagi membutuhkan keberadaan flight engineer. Jadi, sampai sini sudah tahukan apa arti pangkat bar di pundak pilot?