aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


SEO Untuk Blog: Perbaiki Title & Description Pagination WordPress


By on July 20th, 2018 in SEO

Title & Description Pagination WordPress, berbicara mengenai , tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari title, descriptions bahkan ketika membuat pagination untuk konten artikel atau kategori konten blog kalian harus diperhatikan. Pada dasarnya, itu adalah hal sederhana yang apa bila menggunakan wordpress akan sangat banyak referensi plugins yang kita gunakan.

Untuk menilai itu semua, kita bisa menggunakan google webmaster tools untuk melihat performa dari kode html atau apapun yang berhubungan dengan blog yang menggunakan cms wordpress. Kita bisa tahu, permasalahan apa yang sedang dialami oleh blog yang kita kelola. Saat ini, gue sedang mengalami masalah yaitu duplicate title & meta descriptions seperti gambar dibawah ini.

Baca Juga  Cara Menggunakan Kode UTM Google Analytics

Duplicate Title & Description Pagination WordPress

Duplicate Title & Description Pagination Wordpres

Permasalahan yang terjadi sama gue adalah adanya duplicate title sama description ketika gue mengakses aldyputra.net di halaman 2, 3 atau berapapun yang ada. Contoh, ketika gue mengakses halaman 3 seperti link inihttps://aldyputra.net/page/3/ title sama descriptions yang terjadi adalah akan sama dengan ketika gue mengakses halaman depanhttps://aldyputra.net/.

Terus, gimana gue mengatasi permasalahan ini? Mencari lewat google cukup banyak hasil yang keluar dan semuanya menyarankan memang menggunakan atau mengaturnya lewat plugins Yoast SEO. Sebenarnya, plugins tersebut sudah terpasang di blog ini. Sayangnya, entah mengapa plugins tersebut error dan gue ga bisa mengubahnya.

Hasil pencarian yang dapatkan adalah dengan menambahkan kode dibagian plugins editor, tapi tidak disarankan untuk mengubahnya karena kita tidak bisa melakukan pembaharuan apabila ada versi terbaru dari plugins tersebut. Alhasil, gue urungkan untuk mengubahnya.

Menambahkan Kode di File Function.php

Setelah mencari sekian lama, akhirnya gue mendapatkan pencerahan hanya dengan menambahkan kode kedalam file function.php yang ada didalam templates wordpress yang gue pakai saat ini. Berikut ini adalah kode yang gue pasang untuk menghindari duplicate title & description pagination wordpress:

if ( ! function_exists( 't5_add_page_number' ) )
{
    function t5_add_page_number( $s )
    {
        global $page;
        $paged = get_query_var( 'paged' ) ? get_query_var( 'paged' ) : 1;
        ! empty ( $page ) && 1 < $page && $paged = $page;

        $paged > 1 && $s .= ' | ' . sprintf( __( 'Page: %s' ), $paged );

        return $s;
    }

    add_filter( 'wp_title', 't5_add_page_number', 100, 1 );
    add_filter( 'wpseo_metadesc', 't5_add_page_number', 100, 1 );
}
Baca Juga  Cara Membuat Breadcrumb di Blogspot

Dengan menggunakan kode diatas, kalian silahkan lihat sendiri aja title sama descriptions yang ada dihalaman 2, 3 atau sekian dari halaman blog gue yang sekarang. Semoga kalian bisa memperbaiki kesahalan yang ada di google webmaster tools seperti gue ya. Kalau ada yang masih kurang atau belum lengkap, silahkan lengkapi. Tapi, ada yang udah bisa benerinTitle & Description Pagination WordPress.

43 thoughts on “SEO Untuk Blog: Perbaiki Title & Description Pagination WordPress

  1. Sebagai pengguna blogspot dan blogger yang enggak paham banget sama SEO (hahaha..) saya manggut-manggut dulu deh. Ya siapa tau besok-besok pengen punya juga blog di WP. Makasih sharingnya, Mas Aldy :)

  2. Untuk urusan SEO banyak hal yang harus diperhatikan ya, terlebih WordPress banyak plugin yang bisa dimanfaatkan. Pembahasan yang menarik tentang suatu masalah dan cara penyelesaiannya.

  3. Aku belum pernah make wordpress tapi nanti bisa jadi info nih buat teman teman bloger ku pengguna wordpress kalau ada kesulitan saat memperbaiki title dan description

  4. Aku baca berulang-ulang tapi nggak ngerti juga, SEO ini susah banget yah… Aku mau praktekkan ke wordpressnya aja, Aku tidak begitu paham soal cms ataupun kayak gini-gini.

  5. Google webmaster tools belum pernah kucoba nih. Yoast SEO udah kupasang. Ini Mas Aldy tahunya kalau yoastnya eror dari mana? Kalau yoastku nggak eror tetap bisa jadi ada permasalahan lainnya kan ya di blog ku?

    1. Iya, si webmaster sebagai tools buat mantau aja sih sebenaarnya, penting ga penting. Kalau menurutku sih, penting :)

  6. Google webmaster tools belum pernah kucoba nih. Yoast SEO udah kupasang. Ini Mas Aldy tahunya kalau yoastnya eror dari mana? Kalau yoastku nggak eror tetap bisa jadi ada permasalahan lainnya kan ya di blog ku?

  7. Di blogspot ada juga sih soal diskripsi ini, seandainya mas aldy juga ngasi info nih, gimana soal deskripsi kalo di blogspot. Aku belom ngerti banget soalnya memaksimalkan fungsinya

  8. Aku agak asing dengan WordPress ini. Coba kalau aku yang mendapatkan permasalahan ini pasti minta bantuan orang lain. Kalau kak Aldy dapat masalah gini malah bisa jd bahan postingan, hehe.

  9. Sudah lama meninggalkan wordpress, karena kesusahan nguliknya.
    Hahha…dan ujung-ujungnya pake blogspot juga belajar sama temen.
    ((banyakan temen yang ngerjain..akunya mah tinggal ho oh aja))

    Haturnuhun share ilmunya, kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *