SEO Untuk Blog: Perbaiki Title & Description Pagination WordPress

Duplicate Title & Description Pagination Wordpres

Title & Description Pagination WordPress, berbicara mengenai SEO, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari title, descriptions bahkan ketika membuat pagination untuk konten artikel atau kategori konten blog kalian harus diperhatikan. Pada dasarnya, itu adalah hal sederhana yang apa bila menggunakan wordpress akan sangat banyak referensi plugins yang kita gunakan.

Untuk menilai itu semua, kita bisa menggunakan google webmaster tools untuk melihat performa dari kode html atau apapun yang berhubungan dengan blog yang menggunakan cms wordpress. Kita bisa tahu, permasalahan apa yang sedang dialami oleh blog yang kita kelola. Saat ini, gue sedang mengalami masalah yaitu duplicate title & meta descriptions seperti gambar dibawah ini.

[irp]

Duplicate Title & Description Pagination WordPress

Duplicate Title & Description Pagination Wordpres

Permasalahan yang terjadi sama gue adalah adanya duplicate title sama description ketika gue mengakses aldyputra.net di halaman 2, 3 atau berapapun yang ada. Contoh, ketika gue mengakses halaman 3 seperti link ini https://aldyputra.net/page/3/ title sama descriptions yang terjadi adalah akan sama dengan ketika gue mengakses halaman depan https://aldyputra.net/.

Terus, gimana gue mengatasi permasalahan ini? Mencari lewat google cukup banyak hasil yang keluar dan semuanya menyarankan memang menggunakan atau mengaturnya lewat plugins Yoast SEO. Sebenarnya, plugins tersebut sudah terpasang di blog ini. Sayangnya, entah mengapa plugins tersebut error dan gue ga bisa mengubahnya.

Hasil pencarian yang dapatkan adalah dengan menambahkan kode dibagian plugins editor, tapi tidak disarankan untuk mengubahnya karena kita tidak bisa melakukan pembaharuan apabila ada versi terbaru dari plugins tersebut. Alhasil, gue urungkan untuk mengubahnya.

Menambahkan Kode di File Function.php

Setelah mencari sekian lama, akhirnya gue mendapatkan pencerahan hanya dengan menambahkan kode kedalam file function.php yang ada didalam templates wordpress yang gue pakai saat ini. Berikut ini adalah kode yang gue pasang untuk menghindari duplicate title & description pagination wordpress:

if ( ! function_exists( 't5_add_page_number' ) )
{
    function t5_add_page_number( $s )
    {
        global $page;
        $paged = get_query_var( 'paged' ) ? get_query_var( 'paged' ) : 1;
        ! empty ( $page ) && 1 < $page && $paged = $page;

        $paged > 1 && $s .= ' | ' . sprintf( __( 'Page: %s' ), $paged );

        return $s;
    }

    add_filter( 'wp_title', 't5_add_page_number', 100, 1 );
    add_filter( 'wpseo_metadesc', 't5_add_page_number', 100, 1 );
}

[irp]

Dengan menggunakan kode diatas, kalian silahkan lihat sendiri aja title sama descriptions yang ada dihalaman 2, 3 atau sekian dari halaman blog gue yang sekarang. Semoga kalian bisa memperbaiki kesahalan yang ada di google webmaster tools seperti gue ya. Kalau ada yang masih kurang atau belum lengkap, silahkan lengkapi. Tapi, ada yang udah bisa benerinTitle & Description Pagination WordPress.

43 Replies to “SEO Untuk Blog: Perbaiki Title & Description Pagination WordPress”

  1. ooo jadi kalau post kita dipakein pagination gitu, harus disetting juga ya title dst di tiap page?

    1. Coba mas kalau di blogspot ngatasinya gimana. Soalanya bakalan ada parsing kode html dulu tuh :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini