Antara Viral dan Trending, Samakah Artinya?

Viral dan Trending

Antara viral dan trending, apa itu trending? Apa itu viral? Emang sama ya antara viral dan trending? Pasti kalian pernah denger deh. “Terr, bikin dong konten yang viral. Masa kontennya begitu melulu?” atau “Terr, bikin konten ini dong biar viral. Mau ga?” Keduanya cukup sering gue dengar dan itu langsung ke gue sih. Emang apa sih konten viral? Terus kalau trending itu apa? Bedanya viral dan trending itu apa?

Viral dan Trending

Seharusnya, kalian yang baca artikel ini seperti gue bilang diatas kalian sudah tahu perbedaan viral dan trending. Viral dan Trending itu memiliki perbedaan mendasar, bukan hanya sebatas yang terjadi dilingkup media sosial kalian saja atau lingkungan bermain kalian. Biar lebih jelas, mari kita lihat arti kata viral dan arti kata trending itu sendiri.

Viral, berbeda dengan kata Trending. Dimanakah letak perbedaan viral dan trending? Begini teman-teman, ketika kalian mencari informasi terkati arti kata viral di internet, kalian akan menemukan bahwa makna tersebut adalah sebuah hal yang sedang ramai dibicarakan oleh orang lain. Tidak sedikit pula yang memberikan pengertian bahwa viral itu sendiri adalah sebuah proses peyebaran yang sangat cepat dan luas.

Apa Itu Viral?

Sebenarnya, viral adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh orang lain dengan model kegiatan yang sama. Sebagai contoh, ketika sedang ramai membahas mengenai “keke challenge” waktu itu. Atau mungkin, “ice bucket challenge” pada masanya. Ini, adalah sebuah konten viral yang dimana banyak yang melakukan hal tersebut.

Apa Itu Trending?

Lantas, bagaimana dengan Trending? Kalau sebuah video atau tulisan atau apapun yang sedang RAMAI DIBICARAKAN, apakah itu viral? Bukan (menurut gue), karena menurut gue pribadi trending adalah hal itu dinamakan trending. Jadi, yang mendasari perbedaan antara viral dan trending adalah cara penyebarluasannya.

Kesimpulannya, viral adalah konten yang cepat tersebar dan banyak orang melakukannya. Sedangkan trending adalah konten yang sedang ramai dibicarakan. Semoga sampai disini kalian semua paham perbedaannya. Mungkin, apa yang gue tulis disini belum tentu benar, dan bisa saja terjadi perbedaan viral dan trending antara apa yang gue tulis dengan pendapat kalian.

Kalau diantara kalian ada yang beranggapan lain dan berbeda pendapat, silahkan taruh pandangan kalian dikolom komentar, ya. Selamat mencari dan membuat konten yang trending diberbagai platform, sahabat semuanya. Semoga ga salah pengertian ya gue antara viral dan trending :)