Channel Youtube Tidak Muncul Ketika Sudah Upload Video

Artikel ini akan memberikan solusi ketika channel youtube tidak muncul di pencarian, termasuk penyebab dan cara mengatasinya.


Channel youtube tidak muncul bisa disebabkan beberapa hal. Jangan bingung, sekarang akan gue kasih tahu kalian cara mengatasi masalah ini. Menjadi content creator atau pembuat konten memang tidak semudah yang kalian bayangkan, apalagi setelah susah payah membuat konten tidak ada yang menonton videonya.

Hal ini cukup sering terjadi, bahkan ketika awal gue memulai channel youtube gue sendiri. Pertanyaan yang sama ketika gue mencari nama gue di youtube dan channel gue tidak muncul dihasil pencarian. Sedangkan video tidak bermasalah. Hal ini terjadi ketika gue mencari melalui handphone yang gue gunakan waktu itu. 

Channel Youtube Tidak Muncul di Hasil Pencarian

Channel Youtube Tidak Muncul

Penyebab Tidak Muncul

Berdasarkan pengalaman gue, ada beberapa hal yang menyebabkan channel kita tidak muncul ketika melakukan pencarian. Terutama, ketika kita atau seseorang mencari melalui smartphone yang mereka gunakan.

Terkena Pelanggaran Youtube

Pelanggaran atau youtube copyright disini bisa terjadi untuk beberapa aspek didalam video. Paling umum, salah satu video kalian ada yang terkena pelanggaran untuk penggunaan musik atau audio. Ada juga beberapa yang terkena pelanggaran karena konten yang dibuatnya. Bukan hanya semata video dan audio, tetapi bisa disebabkan karena penggunaan thumbnail yang tidak sesuai aturan youtube.

Terlalu Sering Upload Video

Ini menjadi salah satu penyebab yang agak jarang terjadi. Kalau upload video youtube setiap hari, bagaimana? Ini tidak jadi masalah, karena akan mendapatkan views yang cukup dikemudian hari. Lebih jelasnya, silahkan dibaca aja ya. Biasanya, yang menjadi masalah disini adalah ketika mengupload lebih dari 1 atau 2 video dalam 1 hari.

Baca Juga  Cara Melihat Username Youtube atau ID Channel Youtube Sendiri

Kolaborasi Dengan Yang Lebih Besar

Kok jadi masalah? Misalkan kalian memiliki 1000 subscribers, kemudian kalian berkolaborasi dengan teman kalian yang subscribersnya lebih dari 200ribu. Kemudian, kalian mencantumkan nama channel kedalam judul kalian, ini akan menyebabkan video tersebut yang muncul dan channel kalian dianggap tidak sesuai untuk ditampilkan.

Solusi Masalah Channel Youtube

Kalau sudah begini, bagaimana mengatasinya? Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk membenarkan kembali, apa saja?

Rajin Upload Video

Iya, selain rajin membuat konten kalian juga harus rajin mengupload video kalian. Rajinnya gimana? Tentu, rajin dengan konsistensi yang sesuai. Misalkan, kalian upload setiap minggu dihari Senin, atau dijam yang sama juga. Ini akan membuat channel kalian secara perlahan muncul dihasil pencarian youtube itu sendiri.

Periksa Video Pelanggaran

Selain upload yang rajin, kalian juga harus mengecek video mana yang ada pelanggarannya. Kalian benarkan saat itu juga jangan kalian diamkan sampai berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Tapi, kalau dirasa tidak perlu dibenarkan, dan tidak bisa dibenarkan. Solusi terakhir adalah menurunkan video tersebut demi kelancaran channel youtube kalian.

Berinteraksi Dengan Penonton

Mungkin cara ini jarang dilakukan, karena sudah cukup banyak yang berkomentar. Tapi, ketika terjadi masalah ini saran gue adalah melakukan interaksi dengan membalas komentar penonton kalian. Cara ini bisa membuat robot youtube melihat bahwa channel kalian aktif dan bisa dimunculkukan dihalaman pencarian mereka.

Sudah dilakukan semua tapi tetap tidak muncul? Bersabar, karena ketika kalian melakukan itu semua harus membutuhkan waktu untuk meningkatkan kepercayaan robot youtube terhadap channel kalian, tidak ada yang instan. Biasanya, yang paling sering terjadi adalah karena adanya pelanggaran yang dilakukan oleh channel kalian. 

Kira-kira sudah lengkap belum? Kalau belum dan ada yang pernah punya pengalaman terkait hal ini, boleh yuk tulis dikolom komentar gimana cara kalian untuk menghadapi channel youtube tidak muncul dihalaman pencarian youtube.

Baca Juga  Curhatan Seorang yang Membuat Channel Youtube, Perjuangan!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Channel Youtube Tidak Muncul Ketika Sudah Upload Video

Waktu Untuk Membaca 2 min
2