Cara Menghafal Tabel Periodik Dengan Mudah dan Cepat

Permasalahan saat belajar rumus kimia biasanya di cara menghafal tabel periodik unsur yang begitu banyak. Coba kalian baca artikel ini deh.


Permasalahan saat belajar rumus kimia biasanya di cara menghafal tabel periodik unsur yang begitu banyak. Coba kalian baca artikel ini deh. Buat beberapa orang untuk mempelajari tentang tabel periodik dan beberapa unsur kimia lainnya bisa dibilang menyenangkan. Tapi, ada juga yang menganggap ini sangat memusingkan.

Kalau hanya menghafal beberapa saja, mungkin kalian bisa dengan mudah. Tapi, bagaimana jika harus menghafal semua unsur di 8 golongan dalam tabel periodik? Butuh cara jitu untuk cepat menghafalnya dengan mudah. Sabar, gue kasih tahu ketika gue dulu belajar kimia dan cara menghafal tabel periodik yang masih gue ingat sampai sekarang. Kalau mau lebih mudah, kalian bisa lihat beberapa aplikasi rumus kimia yang sudah gue buatkan.

Cara Menghafal Tabel Periodik

Cara Menghafal Tabel Periodik Unsur Kimia Golongan A

Golongan I A (Logam Alkali)

Golongan I A disebut golongan alkali, kecuali Hidrogen (H). Dalam golongan I A ini, terdapat 7 unsur kimia, yaitu, Hidrogen (H), Lithium (Li), Natrium (Na), Kalium (K), Rubidium (Rb), Sesium (Cs), dan Fransium (Fr). Adapun singkatan untuk menghafal adalah:

  • Hari LIbur NAnti, Kalau RaBu, CariSaya di FRancis.
  • HaLINA Kawan RoBi, Ce-eS Frustasi.

Golongan II A (Logam Alkali Tanah)

Golongan II A disebut sebagai golongan alkali tanah, terdiri dari unsur Berilium (Be), Magnesium (Mg), Kalsium (C), Stronsium (Sr), Barium (Ba), dan Radium (Ra).Adapun singkatan untuk menghafal adalah:

Baca Juga  Kumpulan Rumus Matematika Untuk SD, SMP dan SMA Lengkap
  • BEli ManGga, CAmpur SiRup, BAgi RAta.
  • BEli ManGga, CAri SiRsak, BAwa RAmbutan.

Golongan III A (Boron-Alumunium)

Golongan III A disebut sebagai golongan Boron-Alumunium. Terdiri dari unsur Boron (B), Alumunium (Al), Galium (Ga), Indium (In), dan Thalium (Tl).Adapun singkatan untuk menghafal adalah:

  • Bang ALi GA INgin TeLepon.

Golongan IV A (Karbon-Silikon)

Golongan IV A disebut sebagai golongan Karbon. Terdiri dari unsur Karbon (C), Silikon (Si), Germanium (Ge), Timah (Sn), danTimbal (Pb).Adapun singkatan untuk menghafal adalah:

  • Cari SIapa GErangan SuNan PraBu?

Golongan V A (Nitrogen-Fosforus)

Golongan V A disebut sebagai golongan Nitrogen. Terdiri dari unsur Nitrogen (N), Fosforus (P), Arsenik (As), Antimon (Sb), danBismut (Bi).Adapun singkatan untuk menghafal adalah:

  • Nanti Pukul AStuti SeBelum BIcara.

Golongan VI A (Oksigen-Belerang)

Golongan VI A disebut sebagai golongan Oksigen. Terdiri dari unsur Oksigen (O), Belerang (S), Selenium (Se), Tellurium (Te), dan Polonium (Po).Adapun singkatan untuk menghafal adalah:

  • Ok, Sekarang SEmua TErserah POppy!

Golongan VII A (Halogen)

Golongan VII A disebut sebagai golongan Halogen. Terdiri dari unsur Flourin (F), Klorin (Cl), Bromin (Br), Iodin (I), dan Astatin (At). Adapun singkatan untuk menghafal adalah:

  • Feri CeLalu BaReng Ita AnakTetangga.

Golongan VIII A (Gas Mulia)

Golongan VIII A disebut sebagai golongan Gas Mulia. Terdiri dari unsur Helium (He), Neon (Ne), Argon (ar), Kripton (Kr), Xenon (Xe), dan Radon (Rn).Adapun singkatan untuk menghafal adalah:

  • HEri NEmbak ARlin KaRena XEneng RambutNya

Kalian bisa membuatnya lebih mudah lagi apabila kalian bisa menggabungkan singkata dari semua golongan unsur kimia diatas menjadi sebuah cerita. Kalau tidak bisa, cara menghafal tabel periodik diatas sudah cukup mudah menurut gue.

Baca Juga  Rumus IF Excel: Tunggal, Bertingkat dan Lanjutan Beserta Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menghafal Tabel Periodik Dengan Mudah dan Cepat

Waktu Untuk Membaca 2 min
0