Kumpulan Aplikasi Bimbingan Belajar (Bimbel) Online

Aplikasi Bimbingan Belajar

Aplikasi bimbingan belajar atau bimbel online ini, saat ini sepertinya sedang naik daun. Selain karena saat gue menulis artikel ini sedang terjadi pandemi corona virus (covid-19) di Indonesia, beberapa aplikasi bimbel online yang ada juga memberikan potongan harga yang menarik bahkan memberikan gratis pelajaran selama pandemi.

Aplikasi Bimbingan Belajar

Pilihan Aplikasi Bimbingan Belajar (Bimbel) Online

Sebetulnya, beberapa aplikasi bimbel online sudah gue bahas di artikel sebelumnya untuk memperkaya soal latihan dan beberapa pelajaran sekolah kalian. Berikut aplikasi bimbingan belajar online yang bisa kalian gunakan selama belajar dirumah untuk membantu menyelesaikan masalah pelajaran kalian, diantaranya:

Bimbel Online Zenius

Bimbel Zenius Educations

Salah satu bimbingan belajar online yang sedang naik daun namanya adalah Zenius Education. Sudah lama berkiprah di dunia pendidikan, mereka hadir dengan aplikasi bimbingan secara online yang minimalis dan cukup banyak soal dan pilihan pelajaran sesuai dengan kurikulum pendidikan saat ini.

Aplikasi les atau kursus online ini memberikan beberapa fitur di dalamnya. Meskipun online, kalian juga bisa tetap memahami pelajaran sekolah dengan baik. Selain itu, ada beberapa fitur menarik seperti Bank Soal, Ujian Berbasis Komputer, Analisis & Rekapitulasi, Video & Latihan Soal, dan Laporan Belajar. Untuk lebih jelas, kalian bisa baca artikel gue tentang aplikasi bimbel zenius yang sudah gue buat.

Bimbel Online RuangGuru

Bimbel RuangGuru

Aplikasi les atau kursus online berikutnya adalah RuangGuru. Siapa sih yang gak kenal sama aplikasi yang iklannya selalu muncul di Televisi swasta Indonesia ini? Gue rasa, kalian udah paham bagiamana dan cara mereka membuat bimbel belajar online saat ini. 

Fitur aplikasi bimbel online ruangguru ini diantaranya video belajar animasi, latihan soal dan pembahasan, rangkuman modul bimbel dan social learning. Berbeda dengan yang lainnya, aplikasi bimbingan belajar ruangguru bisa kalian dapatkan dengan cara diunduh ke smartphone kalian.

Bimbel Online Quipper

Bimbel Quipper

Kalau ngomongin metode belajar, kalian bisa langsung menggunakan aplikasi yang namanya Quipper. Karena, aplikasi ini membantu kalian untuk memahami pelajaran yang kalian jalani dengan baik seperti tempat les atau kursus yang ada di Indonesia.

Salah satu keunggulan aplikasi bimbingan belajar online ini adalah semua materi pelajaran dan sola yang diberikan sudah sesuai dengan kurikulum dan resmi dari pemerintah. Selain itu, semua materinya tersedia dalam bentuk video interaktif.

Bimbel Online Rumah Belajar

Bimbel Rumah Belajar

3 aplikasi yang gue sebut diatas semuanya aplikasi yang dimiliki oleh swasta, lantas bagiamana dengan pemerintah Indonesia? Ternyata, ada lho aplikasi belajar online yang dibuat, namanya Rumah Belajar yang membantu kalian menyelesaikan soal latihan dan materi pelajaran.

Aplikasi belajar online gratis ini tersedia pula beragam fitur menarik, seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan sebagainya. Kalau mau dicoba, silahkan dapatkan disini.

Bimbel Online KelasKita

Bimbel KelasKita

Selain itu, ada juga bimbingan belajar online KelasKita. Aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 50.000 orang. Buat gue, yang menarik dari aplikasi bimbel yang satu ini adalah fitur social. Karena, kalian bisa berinteraksi dengan yang lainnya juga selain untuk membantu masalah pelajaran sekolah kalian. Kurang lebih, akan terasa sama saat kalian memilih tempat les atau kursus offline. 

Selain itu, para pengajar di KelasKita berasal dari perusahaan dan lembaga kursus vokasional ternama lho. Kalau performa kalian naik secara terus menerus, kalian bisa dapat yang namanya sertifikat digital. Penasaran mau coba? Langsung aja download di playstore kalian ya.

Bimbel Online Apta School

Aplikasi Apta School ini mengutamakan sistem pembelajaran dengan silabus pelajaran yang terarah. Selain itu, bimbel online Apta School berfokus pada layanan Bimbel CPNS/PPPK, Bimbel Sekolah Kedinasan, dan Bimbel PKN STAN. Kalau mau mencoba soal dan materi les yang diberikan, kalian bisa langsung cek websitenya ya.

Bimbel Online SMAART

Aplikasi bimbel online yang terakhir, SMAART. Salah satu metode belajar yang mereka gunakan yaitu menggunakan video interaktif untuk pelajaran yang diberikan, bahkan ada kuis yang siap mereka berikan untuk kalian dengan menjawab soal pelajaran yang sudah diajarkan. Kurang lebih akan sama seperti tempat les atau kursus secara offline juga :)

Dari ke 7 kumpulan aplikasi bimbel online yang gue berikan diatas, mana nih yang bakalan jadi favorit atau sudah kalian gunakan? Share dong apa aplikasi bimbingan belajar online yang kalian gunakan di kolom komentar, ya.