Rantai Motor SSS: Pengalaman dan Review Lengkap Untuk Kalian

rantai motor sss

Sebagai pengguna rantai motor sss sejak beberapa tahun terakhir, gue cukup nyaman. Bagaimana review pengalaman menggunakan rantai sss ini? Kalau kalian melihat beberapa postingan terakhir gue tentang motor yang gue pakai dari dulu sampai sekarang, ada 1 bagian yang belum gue ulas yaitu bagian rantai motor.

Untuk beberapa bagian, mungkin kalian sudah melihat dan membacanya. Padahal, kalau kalian lihat beberapa artikel terakhir gue tentang motor sudah sedikit memberikan tampilan rantai sss yang gue pakai. Mulai dari artikel gue bagaimana cara merawat rantai dan beberapa tentang mengganti ban motor gue sudah sedikit gue selipkan. Lantas, bagaimana pendapat gue tentang rantai sss ini?

rantai motor sss

Review Rantai Motor SSS di Honda Revo

Sejak tahun 2015/2016, gue sudah menggunakan rantai motor yang satu ini. Bahkan, selama 4 sampai 5 tahun terakhir gue baru mengganti 1 kali saja. Itupun karena gear berbahan baja yang gue gunakan untuk rantai ini sudah cukup tajam dan gue beranggapan sedikit berbahaya dan gear rantai motor sss sudah memang harus diganti saat menunjukan tanda seperti itu.

Bagaimana performanya, apakah lebih tahan lama atau sama saja? Sebagai informasi untuk jalian, jenis rantai motor sss yang gue pakai adalah SSS Gold-HSBT ukuran 428 yang cukup sering digunakan oleh motor yang akan turun di ajang balap motor Indonesia. Nanti gue jelaskan bagaimana bedanya dan ada apa saja jenis rantai motor ini yang bisa didapatkan.

Pengalaman Menggunakan Rantai Motor SSS di Honda Revo

Pertanyaan yang cukup sering sebagai pengguna adalah seberapa lama harus melakukan setting rantai motor atau nyetel rantai motor saat menggunakan rantai sss ini? Sepengalaman gue, gue hanya beberapa kali dalam kurun waktu 3 sampai 4 bulan untuk melakukan pengaturan ulang rantai motor gue. Karena memang secara penggunaan dan tingkat kekencangan rantai cukup stabil saat gue gunakan untuk motor harian.

Selain itu, lapisan baja dari rantai sss ini terbilang cukup tebal dan kokoh ketika gue memegangnya secara langsung. Berbeda dengan rantai motor bawaan pabrik atau yang kalian dapatkan saat membeli motor. Emang ada apa saja sih jenis rantai ini?

Jenis Rantai Motor SSS Untuk Balap dan Harian

Rantai SSS RO

Salah satu produk rantai motor terbaru dari SSS, kode RO pada rantai SSS sendiri ternyata ada maksudnya. R itu adalah racing, sedangkan O adalah rantai yang menggunakan seal atau sil alias sekat dengan O-ring. O-ring ini dipasang antara pelat rantai dan selongsongnya. Dia berfungsi sebagai karet pemisah yang menjaga pelat baja dan selongsong tidak saling bergesekan.

Rantai SSS HSBT

Rantai SSS HSBT menggabungkan teknologi konstruksi seamless bushing dan pelat yang lebih tebal. Rantai ini sudah bersama pelumas jenis gemuk atau grease khusus. Pelumasnya tahan lama dan tetap satu kesatuan dengan rantai. Kekuatan atau strength dapat bintang lima, jaminan digunakan pada motor pekerja berat.

Rantai SSS HSB

Fokus HSB untuk penggunaan rantai yang membutuhkan kekuatan ekstra (heavy duty) dari penggunaan biasa. Itu tadi, motor-motor yang sudah dikorek dari standarnya yang memakai. Konstruksi pelat rantai yang lebih tebal. Kekuatan atau strength dapat bintang lima. Bobot hanya bintang dua, karena fokus strenght.

Rantai SSS SB

Tingkatan rantai ini nomor empat di kelasnya SSS It’s Racing. Produk yang dikembangkan tetap mengutamakan durability. Teknologinya Solid Bushing yang digunakan pada seri SB. Tetap tangguh dan tentu saja murah dari tiga tingkatan yang di atas. Kuat terhadap keausan karena konstruksi seamless bushing.

Rantai SSS Standard

Standard chain adalah seri dasar dari rantai SSS untuk motor kalian. Namun lebih unggul dari yang namanya mengaku rantai ori. Materialnya bahkan lebih ringan dari empat yang di atas. Sebab ditujukan untuk motor standar agar tidak banyak terbebani mesinnya untuk dapat power.

Sampai saat ini, gue masih setia menggunakan rantai berbahan baja ukuran 428 ini walau terbilang harga rantai sss ini tidak murah. Tapi, keamanan dan kenyamanan yang gue dapatkan cukup terbayar dan gue rasakan. Apalagi, ketika gue kembali menggunakan rantai jenis lain. Berbeda rasa dan tingkat kenyamanan. Atas alasan itulah gue masih menggunakan rantai motor sss sampai sekarang, bagiamana dengan kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *