Cara Menulis Deskripsi Video Youtube Yang Tepat Agar Banyak Penonton!

Menulis Deskripsi Video Youtube

Banyak para konten kreator baru yang masih bingung bagaimana cara menulis deskripsi video youtube dan metadata lainnya agar video tersebut muncul di mesin pencari youtube dan juga google. Ada yang berpendapat bahwa tanpa deskripsi video dan metadata lainnya, video akan tetap banyak yang menonton seperti youtuber besar yang mereka lihat.

Membuat deskripsi youtube menjadi sangat penting, khususnya ketika ada perubahan algoritma youtube yang terjadi. Sebagaimana kita ketahui, youtube merupakan mesin pencari kedua setelah google yang banyak digunakan untuk mencari video. Tanpa deskripsi dan metadata lainnya, bagaimana bisa bot youtube mendapatkan informasi tentang channel atau video yang kalian upload.

Sebenarnya, menambahkan deskripsi pada video yang kalian unggah tidak bisa asal masukan saja. Apabila kalian melihat konten kreator yang sudah besar dan video yang dibuat banyak penontonnya, itu dikarenakan memang sosok pembuat konten tersebut sudah dikenal banyak orang tanpa harus menulis deskripsi video youtube mereka.

Apa Sih Deskripsi Video Youtube?

Apa Sih Deskripsi Video Youtube

Deskripsi video sendiri merupakan bagian dari metadata dalam mesin pencari untuk mendapatkan video kalian. Isinya adalah keterangan singkat pada video untuk memberikan pandangan secara umum pada penonton mengenai isi video secara keseluruhan yang kalian unggah.

Deskripsi video youtube sendiri bisa menampung sampai dengan 5000 kata, sehingga pembuat konten video youtube bisa menuliskan apa yang ingin dijelaskan mengenai video tersebut. Tentunya, harus berkaitan dengan video dan menggunakan SEO youtube agar video tampil pada hasil pencarian dengan kata kunci tertentu.

Siapkan Ini Saat Membuat Deskripsi Video!

Membuat Deskripsi Video

Karena deskripsi video dapat menampung sampai 5000 kata, tentu ada beberapa hal yang biasa gue lakukan ketika membuat deskripsi video youtube agar muncul dihasil pencarian video. Berikut ini beberapa hal yang gue masukan ketika menulis deskripsi video yang gue upload ke channel youtube gue pribadi:

  1. Keterangan singkat mengenai video yang gue upload (2 baris pertama),
  2. Akun media sosial untuk berinteraksi,
  3. Link video sebelumnya,
  4. Ajakan untuk subscribe channel,
  5. Email yang bisa digunakan untuk bisnis.
  6. (optional) hal lain yang bisa kalian masukan dalam deskripsi seperti link download atau yang lainnya.

Bagaimana Menulis Deskripsi Sesuai Kata Kunci?

Membuat Deskrispi

Untuk menulis deskripsi video youtube yang sesuai dengan kata kunci (seperti yang gue lakukan saat ini), kalian harus bijak dalam memilih kata kunci yang akan kalian masukan ke dalam video tersebut agar masuk di mesin pencarian youtube.

Kenapa? Karena hal ini biasa gue lakukan pada 2 baris pertama dan menyelipkan kata kunci didalamnya. Untuk membuat deskripsi video yang sesuai kata kunci, kalian bisa mengikuti langkah dibawah ini:

  1. Tulis ulang judul video
  2. Susun kalimat kata kunci secara natural
  3. Tulis waktu tonton video di deskripsi
  4. Tulis ulang judul video sebelumnya
  5. Tuliskan nama channel youtube anda

Jangan lupa, setelah menulis deskripsi video youtube sesuai dengan yang gue berikan. Silahkan tambahkan nama channel youtube kalian diakhir video, karena nama channel sendiri termasuk dalam kata kunci yang mampu membawa penonton video semakin banyak. Ingat, cukup di akhir saja dan tidak usah diulang-ulang.

Bagiamana Cara Membuat Deskripsi Video Menarik?

Menulis Deskripsi Video Youtube

Ini bagian yang paling sulit, karena menarik disini akan berbeda setiap orang. Bagi gue, untuk menulis deskripsi video youtube yang menarik dengan melakukan beberapa langkah saja. Misalkan, channel youtube gue berisi mengenai dunia sulap kartu dan video yang baru gue upload adalah mengenai review kartu.

Hal yang akan gue lakukan ketika menulis deskripsi video tersebut adalah hal-hal unik dari kartu yang sedang gue dan gue ucapkan dalam video tersebut. Hal ini akan membuat orang lain penasaran untuk menonton video youtube yang gue buat sampai selelasai.

Dengan menambahkan atau menulis deskripsi yang menarik, dapat di lihat seberapa profosional orang tersebut mengisi deskripsi video youtube, anda dapat membaca ulang diatas untuk membuat deskripsi video youtube yang menarik.

Sudah Bisa Menulis Deskripsi Video Youtube Kalian?

Sebenarnya, untuk membuat deskripsi video untuk channel kalian masing-masing tidak sesulit yang dibayangkan. Apalagi, untuk video trending dan kalian mengincar masuk di halaman mesin pencari untuk video tersebut apabila kalian tahu teknik yang tepat untuk menuliskannya.

Deskripsi video youtube untuk saat ini cukup berperan dalam memberikan informasi pada penonton dan juga untuk mesin pencari agar video kalian muncul dengan kata kunci tertentu. Jadi, kalian harus bisa memanfaatkan menulis deskripsi video youtube semaksimal mungkin.