Cara Membedakan Charger iPhone Original atau Bukan, Mudah Kok!

Cara Membedakan Charger iPhone Original atau Bukan, Mudah Kok!

Sebagai pengguna baru smartphone iPhone, tentu gue agak sedikit kebingungan bagaimana cara membedakan charger iPhone original atau tidak (kw). Dari sisi bentuk secara kasat mata, tentu hampir tidak terlihat bedanya. Bahkan, pengisian daya sampai 30w dan kabel lighting-nya pun sama. Tetapi, apa sih yang terlihat jelas untuk membedakan charger iPhone ori atau tidak?

Perbedaan Charger iPhone Original dan Tidak

Seperti pada artikel gue sebelumnya yang membahas masalah iPhone, ada cara mudah untuk melihat apakah kepala charger tersebut ori atau tidak. Sedangkan untuk untuk kabel charger-nya sendiri juga bisa terlihat dengan mudah.

Hal yang terlihat jelas untuk charger iPhone ori atau tidak ada pada kepala charger. Ketika kalian menyentil, kepala charger iPhone ori akan terasa lebih padat dibandingkan dengan charger yang kw. Untuk kabelnya sendiri, pada bagian salahs satu ujung kabel charger memiliki daya magnet yaitu ujung yang terkoneksi ke kepala charger.

Selain hal diatas, ada beberapa cara membedakan charger iPhone ori atau tidak. Berikut ini perbedaan charger iphone ori dan tidak:

Kabel Lightning Memiliki Warna Emas dan Halus

Memiliki Warna Emas dan Halus

Untuk kalian yang menginkan fitur fast charging, biasanya menggunakan kabel lighting untuk melakukan pengisian daya pada iPhone kalian. Ciri charger ori yang pertama cukup bisa dilihat dengan mata, yaitu kabel berwarna emas dan teksturnya cukup halus.

Sedangkan untuk charger iPhone kw sendiri biasanya pada garis warnanya agar sedikit pudar atau perak, dengan ukuran yang tidak konsisten dan timbul jika diraba. Kalian bisa merasakan perbedaannya dengan menyentuh dengan bagian ujung jari kalian.

Ukuran Charger iPhone Lebih Konsisten

Ukuran Charger iPhone Original

Perbedaan charger iPhone dan ori yang terlihat jelas ada pada ukuran charger tersebut. Meskipun sama-sama memiliki daya pengisian 20w atau 30w, ukuran charger iPhone ori terlihat lebih konsisten dibandingkan charger kw atau palsu.

Ukurannya konsisten charger iPhone original di angka 7,7 milimeter x 12 milimeter. Dengan warna sisipan faceplate metalik atau abu-abu. Sedangkan charger yang palsu memiliki ukuran berbeda, tidak konsisten, dan warna sisipan faceplate hitam atau putih.

Simbol USB Tidak Timbul dan Tidak Mudah Pudar

Simbol USB Tidak Timbul

Untuk kalian yang cukup jeli, kalian bisa melihat simbol yang ada pada ujung kabel charger USB iPhone kalian. Simbol pada charger ori tercetak lebih halus, tidak timbul, dan tidak mudah hilang karena bergrafir laser yang jelas.

Selain itu, gambar ikon untuk koneksi dock 30 pin yang ber grafir laser anti-pudar. Sama dengan gambar yang pada ujung USB kabel kalian tersebut.

Bobot Charger iPhone Original Lebih Berat

Seperti yang gue bilang sebelumnya, untuk berat charger original akan lebih berat dibandingkan dengan charger iPhone kw. Ini hal yang paling mudah untuk membedakan charger iPhone yang ori dengan yang kw atau palsu.

Charger iPhone asli memiliki bobot sekitar 250 gram, lebih berat dibandingkan charger palsu yang biasanya memiliki berat 200 gram.

Terdapat Tulisan Khusus

Untuk beda charger iPhone yang ori dan palsu terakhir ada pada tulisan yang tersemat disana. Pada kabel lightning charger iPhone original terdapat tulisan “Designed by Apple in California”, “Assembled in China”, “Assembled in Vietnam”, atau “Industria Brasileira” dan ditambah dengan nomor seri 12 digit setelahnya.

Untuk charger iPhone palsu atau KW, menghapus tulisan “Apple” yang biasanya ditujukan untuk menghindari hukum penggunaan nama merk dagang yang akan berakibat fatal.

Bagaimana? Sekarang kalian sudah tahu kan apa saja yang membedakan charger iPhone original dengan yang palsu? Kalau kalian punya cara sendiri bagaimana caranya, tulis dikolom komentar yuk. Gimana sih cara kalian membedakan charger iPhone yang original dengan yang palsu!