Beralih Dari Android ke iOs, Ternyata Tidak Sesulit Yang Dibayangkan!

dari android ke iOs

Buat yang baru pertama kali menggunakan iPhone, tentu harus bisa beradaptasi ketika pindah dari android ke iOs. Sama seperti gue, saat ini gue lebih aktif menggunakan iPhone (iOs) dibandingkan dengan hp android yang gue miliki. Ada beberapa hal yang akhirnya gue mengganti daily driver saat ini ke iPhone.

Mungkin beberapa diantara pembaca blog sederhana ini tahu, kalau gue menggunakan iPhone 7+ pemberian adik gue waktu itu. Disana, gue menuliskan beberapa hal terkait dan menjawab apakah perangkat tersebut masih layak digunakan tahun 2020 atau tidak.

Selain itu, gue masih menggunakan 2 device lainnya yang berbasis android kok. Ada Sony Xperia dan juga Asus ZenFone 3, yang juga sudah pernah gue bahas disana. Sekarang, gue mau ceritain pengalaman gue ketika pertama kali beralih dari android ke iOs.

Bingung Dengan User Interface iOs!

User Interface

Kalau kalian tahu betapa bingungnya gue menggunakan iOs untuk pertama kali. Bukan karena hal yang rumit, justru karena hal sepele yang ada di android tapi tidak ada di iOs. Betul, bingung dengan tampilan user interface saat menggunakannya.

Bayangin aja, ketika di android gue terbiasa menekan tombol back saat ingin beralih atau keluar dari aplikasi sedangkan di iOs gue tidak bisa menemukan hal tersebut. Karena di iOs, ketika ingin kembali ke halaman depan atau halam sebelumnya hanya diharuskan melakukan swipe layar ke bagian kanan saja.

Bukan hanya itu, bahkan ketika gue terbiasa menekan tombol home di android untuk he halaman depan tampilan ternyata di iOs tidak ada. Gue cukup melakukan swipe up untuk menutup aplikasi dan kembali ke depan. Hmm.. Gimana gak kaget, baru pindah dari android ke iOs udah beda jauh gini? :)

Main Game di iOs Lebih Asik Ternyata!

Main Game di iOs

Pengalaman kedua yang gue rasakan ketika beralih dari android ke iOs adalah ketika memainkan permainan yang biasa gue mainkan, Mobile Legends. Memainkan permainan ini di iOs ternyata jauh lebih nyaman dibandingkan di android dulu.

Oh iya, lupa bilang ya gue? Sekarang gue sudah tidak menggunakan iPhone 7+ lagi, karena sudah upgrade menjadi menggunakan iPhone 11. Untuk pengaturan permainannya sendiri gue bisa merasakan graphic ultra sih disini. Sedangkan di android, gue harus “rata kiri” itupun gue masih meraskan lagging.

“Kok bisa, ya? Padahal RAM android gue 4GB!” pertanyaan pertama yang gue ucapkan sendiri pas lagi main. RAM 4GB di android, ternyata masih kalah dengan prosesor A13 Bionic miliki iOs. Padahal, sama-sama 4 GB juga kok.

Backup & Restore iOs Lebih Mudah!

Backup & Restore iOs

Hal ketiga yang gue rasakan cukup berbeda ketika pindah dari android ke iOs adalah saat melakukan backup data ketika hendak mengganti iPhone dengan yang baru. Ini gue rasakan ketika mengganti iPhone 7+ ke iPhone 11 yang saat ini gue lakukan. Hanya memerlukan iTunes dan semua berpindah!

Sejujurnya, gue melakukan perpindahan data antara iPhone ini dibantu seorang teman yang memang sudah lebih lama menggunakan iPhone. Gue dikasih tahu cara migrasi data dari iPhone lama ke baru, ternyata memang mudah.

Cukup download aplikasi iTunes, hubungkan iPhone lama gue, terus pilih backup data. Kalau sudah? Tinggal hubungkan iPhone baru gue, pilih restore data, pilih file backup yang baru gue lakukan, terus tunggu beberapa menit. Semudah itu kok, kalau mau cari cara transfer data iPhone lama ke baru silahkan ya.

Lebih Ribet Masalah Keamanan di iOs, Tapi Bagus!

Keamanan di iOs

Terakhir nih, pengalaman gue yang kadang gue jadi kesel sendiri pas baru pertama kalia pindah dari android ke iOs. Masalah security atau keamanan saat menggunakan perangkat iPhone 7+ turunan dari adik gue.

Setiap melakukan sesuatu, pilihannya selalu diminta passcode atau finger print. Berbeda sekali ketika gue menggunakan android, mau install aplikasi di android ya tinggal install aja tanpa repot ini-itu masalah password.

Tetapi, di iOs gue gak bisa semudah itu. Ternyata, memang tingkat keamanan saat menggunakannya juga diperhatikan. Beruntungnya, sekarang gue menggunakan face id saja. Jadi, mau ngapa2in tinggal kasih kamera depan terus scan muka gue sendiri. Lebih ribet, tapi bagus untuk data dan apapun yang ada dalam iPhone gue.

4 hal diatas yang bikin gue sedikit kaget saat pindah dari android ke iOs untuk pertama kalinya. Ada yang ngalamin hal yang sama? Tulis dong di komentar, kalian gimana waktu pertama kali pindah dari android ke iOs?