Teknik Dasar Mixing Lagu

Teknik Dasar Mixing Lagu

Teknik dasar mixing dalam sebuah lagu wajib dikuasai seorang disc jockey. Termasuk, cara mixing sebuah bass, drum dan alat musik lainnya. Karena beberapa hari ini saya sedang dicekoki oleh lagu-lagu club alias jedag-jedug, kali ini saya akan sedikit sharing saja mengenai bagaimana sebenarnya teknik mixing yang harus dikuasai.

Teknik Dasar Mixing Lagu ini sebenarnya memang sudah sangat wajib dikuasai oleh seorang disc jockey atau pekerjaan apapun yang membutuhkan atau mengharuskan dalam hal Mixing Sebuah Lagu. Karena beberapa hari ini saya sedang di-cekok-i oleh lagu-lagu club alias jedag-jedug, nah kali ini saya akan sedikit sharing saja mengenai bagaimana Teknik Dasar Mixing Lagu.

Bagi seorang DJ professional, tentu hal ini sudah diluar kepala. Namun, seperti saya ini yang masih memiliki jam terbang belum banyak bahkan sekarang sudah pensiun dini tentu diwajibkan untuk terus berlatih dan berlatih dalam hal urusan mixing lagu ini. Gimana sih caranya?

4 Dasar Teknik Mixing Sebuah Lagu

  • Cueing
  • Beat maching / Speed hunting
  • Looping
  • Cutting

Mari gue jelaskan beberapa istilah mixing lagu yang ada diatas, biar kalian lebih paham dan lancar melakukan mixing sebuah lagu.

Cueing /Cue

Cueing/cue adalah menentukan start point atau simplenya membuat posisi start play lagu. Pembuatan CUE bisa di awal lagu atau di tengah lagu, tapi yang paling dasar adalah bagian pertama lagu dan tergantung dengan situasi dan kondisinya.

Beat Matching

Beat maching adalah menyamakan ketukan lagu atau tempo / bpm. Di mana dari tidak karuan bledak-bleduk menjadi sama seiring dan sejalan (Jadi kaya pola pikir gini :) ).

Looping / Loop

Looping berarti memutar lagu secara berulang-ulang berdasarkan ketukannya misal 4 beat,8 beat, 16, 32.  Kalau menggunakan software virtula dj versi 5.0, fungsi loop yang tersedia hanya sampai 16 beat, namun jika menggunakan versi 5.2 bisa mencapai 32 beat.

Cuting

Cuting adalah bagian yang sangat penting menurut saya pribadi. Cut berarti memotong, secara simplenya dalam mixing motong ketukan atau beat, atau cut lagu sebelum habis dengan melihat timing yang tepat. Jadi, diusahakan jangan asal motong lagu karena bisa berubah menjadi tidak enak didengar.

Sekarang udah tau donk apa saja teknik mixing bagi seseorang yg ingin menjadi disc jockey atau dj ini? Kalau mau gampang, belajar aja menggunakan software virtual dj (baik pro atau free) kemudian siapkan 2 soundcard biar soundnya keluar di headphone sama di speaker atau beli DDJ Egro V sekalian :). Udah dulu ah, semoga kalian bisa tetap paham mengenai teknik dasar mixing untuk sebuah lagu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *