Makanan Khas Betawi,Geplak Betawi

Makanan Khas Betawi,Geplak BetawiMakanan Khas Betawi,Geplak Betawi –  Teman – teman mungkin mengenal banyak makanan atau jajanan khas Betawi. Namun dari sekian banyak panganan itu, mungkin tak sedikit yang mulai terlupakan seperti Makanan Khas Betawi,Geplak Betawi. Kini, makanan khas Betawi ini mungkin sulit dijumpai, bahkan hanya ada pada momen-momen tertentu saja.

Memang untuk mendapatkan makanan yang satu ini tak semudah mencari makanan khas lainnya seperti dodol. Mungkin, hanya ada beberapa tempat atau pasar yang menyediakan geplak. Seperti Pasar Kue Subuh di Senen atau pelataran Pasar Benhil, Jakarta Pusat. Itu pun jumlahnya terbatas.

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1430 H ini, ternyata geplak menjadi salah satu makanan khas Betawi yang banyak dicari orang.

Makanan Khas Betawi,Geplak Betawi.

Bagi Anda yang hidup di zaman modern, mungkin tak banyak mengenal geplak. Kecuali Anda memang tinggal di lingkungan masyarakat Betawi. Geplak banyak dikonsumsi masyarakat sebagai camilan atau makanan kecil, namun memiliki rasa lezat. Biasanya geplak dibuat khusus untuk hantaran pengantin Betawi, hidangan keluarga Betawi, bahkan ada pula yang memesan khusus memeriahkan perayaan keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Geplak dibuat dari beras yang agak keras lalu digiling menjadi tepung dan disangrai, lalu dicampur dengan kelapa parut yang juga sudah disangrai sebelumnya. Kemudian adonan itu dicampur dengan gula pasir yang sudah dicairkan hingga agak mengental, dan selagi panas diaduk-aduk hingga menjadi adonan yang padat, lalu dicetak dalam tenong.

Pembuatan geplak memang sedikit merepotkan. Apalagi dalam kondisi panas. Untuk mendapatkan rasa geplak yang pas, terlebih dulu adonan diaduk hingga merata. “Setelah itu adonan yang sudah rata, dicetak ditenong dan kemudian ratakan dengan tangan dengan setengah dipukul, karenanya disebut dengan geplak,” ujar Mumun. Rasanya yang manis bercampur gurih menjadikan geplak cukup terkenal pada masa kejayaannya dan banyak digemari masyarakat.

Nah,Bagaimana ?? ada yang penasarang mengenai Makanan Khas Betawi seperti Geplak Betawi ini ?? atau mungkin teman – teman belum tahu apa itu geplak ?? semoga dengan artikel yang saya buat ini teman – teman jadi mengerti mengenai Makanan Khas Betawi,Geplak Betawi.

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata “Terren” yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.

4 5
Oleh


2 comments on “Makanan Khas Betawi,Geplak Betawi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *