Tips Membeli Tablet Grafis untuk Pemula

Tips Membeli Tablet Grafis

Tips Membeli Tablet Grafis

Setelah sebelumnya saya sempat memberikan review tentang dua tablet grafis dari Wacom, mungkin diantara Anda sudah ada yang tertarik untuk membeli tablet grafis. Tapi sayangnya tidak semua orang tahu hal apa saja yang harus diperhatikan saat membeli tablet grafis. Mengingat perangkat yang satu ini belum terlalu populer dan belum banyak digunakan oleh masyarakat umum. Untuk brand atau merk sendiri, banyak yang merekomendasikan tablet grafis Wacom Intuos atau Cintiq, karena dua produk itulah yang saat ini memang sedang booming. Berikut adalah beberapa tips membeli tablet grafis untuk pemula.

  1. Sesuaikan dengan Keperluan

Jika Anda beranggapan bahwa semua tablet grafis itu fungsinya sama, Anda salah. Buktinya ada juga seri Wacom Manga yang memang lebih dikhususkan untuk menggambar manga atau kartun Jepang. Tablet grafis juga lebih disarankan bagi Anda yang memiliki pekerjaan serius terkait ilustrasi digital ataupun desain grafis, ketimbang yang hanya hobi. Paslanya harga tablet ini cukup mahal ketimbang tablet biasa.

  1. Sesuaikan Budget

Wacom sudah banyak meluncurkan produk tablet grafis dengan harga yang bervariasi. Untuk yang paling murah Anda bisa membeli Wacom Intuos dengan harga mulai dari Rp 1,7 juta-an. Ada juga seri termahal, yakni Wacom Cintiq yang harganya Rp 13 juta-an. Tapi semua kembali lagi ke permasalahan pertama, yakni keperluan. Jangan sampai Anda mengorbankan keperluan dan kebutuhan Anda hanya karena ingin membeli barang yang murah. Tetap pertimbangkan poin satu dan dua secara seimbang.

Sepertinya hanya dua tips itu saja yang penting untuk Anda pertimbangkan saat membeli tablet grafis. Akan tetapi Anda juga perlu tahu bahwa menggambar di tablet grafis sangat berbeda dengan menggambar di kertas. Bagi Anda yang masih kaku menggambar di kertas, tidak dianjurkan untuk menggunakan tablet grafis. Lebih baik gunakan media kertas saja, kemudian gunakan scanner untuk memasukkan gambarnya ke komputer.

Nah, saya juga punya satu tips bagi Anda yang masih ragu apakah benar-benar ingin membeli tablet grafis atau tidak. Jika kebutuhan menggambar Anda memang tidak mendesak, sebaiknya Anda membeli tablet Android atau iPad saja. Setelah itu Anda bisa membeli stylus untuk menggambar di tablet Anda. Hasilnya mungkin berbeda, tapi sama-sama bisa disimpan dalam bentuk digital. Itu hanya saran saja, tapi pilihan tetap kembali ke tangan Anda. Ok. Cukup sekian tips singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Google Cardboard, 3D Virtual Reality Canggih dengan Harga Ekonomis

Di tengah maraknya vendor teknologi yang memproduksi perangkat virtual reality, Google telah terlebih dahulu memperkenalkan Google Cardboard pada tahun 2014 lalu
Bagas Dharma
1 min read

Dengarkan Musik Lewat Smartphone Lebih Seru dengan Speaker JBL

Nyaris setiap ponsel yang diproduksi saat ini memiliki fitur pemutar musik. Hal ini membuktikan bahwa musik merupakan suatu hiburan yang universal.
Bagas Dharma
1 min read

Dagi Stylus Bikin Menulis dan Menggambar di iPad Jadi…

Di era digital ini, menulis atau menggambar tidak lagi hanya bisa dilakukan di atas kertas. Seiring dengan berjalannya waktu, para pengembang teknologi menciptakan inovasi...
Bagas Dharma
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *