Cara Format Harddisk Lewat CMD

Cara Format Harddisk Lewat CMD

Setelah artikel format harddisk lewat bios kemarin, cukup banyak yang bertanya bagaimana cara format harddisk lewat cmd di komputer kita? Selain lebih mudah, tentu kalian tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan yang hanya akan memakan penggunaan ruang penyimpanan harddisk yang kalian miliki. Kalau sudah begitu, berarti biaya pemeliharan komputer kalian lebih hemat dong. Bener ga?

Salah satu fungsi dari command prompt atau CMD yang ada dikomputer kita untuk melakukan proses format harddisk adalah dengan menggunakan DISKPART. Bagaimana cara menggunakannya? Silahkan lihat dibawah ini untuk langkah-langkahnya ya.

Cara Format Harddisk Lewat CMD

Cara Format Harddisk Lewat CMD Dengan Mudah!

  • Buka menu RUN pada komputer yang kalian gunakan. Caranya bisa kalian tekan logo WIN + R di keyboard kemudian kalian ketikan CMD. Setelah itu kalian ketikan perintah diskpart.
  • Setelah CMD Diskpart.exe muncul, yang kalian lakukan berikutnya adalah ketik List Disk, maka akan muncul beberapa list dari disk yang terbaca dari komputer atau notebook beserta dengan ukuran disk tersebut.
  • Pilih bagian disk mana yang ingin kalian format. Caranya, cukup kalian ketik select disk yang akan kalian format. Maka nantinya akan muncul sebuah pesan konfirmasi untuk disk yang ingin diformat.
  • Setelah muncul pesan tersebut, langsung saja proses format harddisk kalian dengan sebelumnya menghapus partisi, caranya ketik clean kemudian kalian enter.
  • Untuk membuat partisi baru, setelah itu kalian ketik create partition primary kemudian ketik select partition 1. Setelah itu kalian ketikan active lalu enter.
  • Lanjut kebagian proses format harddisk menjadi fat32 atau ntfs, semua tergatung kebutuhan kalian. Bagiamana caranya? Untuk FAT32, ketik format fs=fat32 label=nama-drive, sedangkan untuk format NTFS kalian ketikan format fs=ntfs label=nama-drive lalu enter. Jika ingin proses format lebih cepat, bisa kalian tambahkan quick di belakang tulisan fat32 atau ntfs.
  • Setelah selesai silahkan ketik assign latter=K. Kalian bisa mengganti huruf K sesuai keinginan kalian.
  • Selesai.

Setelah kalian melihat artikel ini, mana yang lebih mudah untuk melakukan format harddisk. Format menggunakan BIOS seperti yang gue tuliskan sebelumnya, atau menggunakan command prompt (CMD) seperti yang ini? Semua tergantung selera sih, yang penting gue sudah memberikan cara format harddisk lewat cmd agar kalian bisa memilihnya.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Cara Remote Desktop di Windows 7 Dengan Mudah Cukup…

Untuk melakukan remote desktop dari komputer, kalian wajib tahu alamat IP yang terhubung dengan koneksi LAN kalian. Baca disini caranya yuk!
aLdyputRa
56 sec read

Theme Atau Tema Untuk Windows 7

Theme Atau Tema Untuk Windows 7 - Kali ini saya akan memberikan sedikit Tema Untuk Windows 7 atau Tema Untuk Windows 7 yang banyak...
aLdyputRa
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *