Tips Memilih Busi Motor Untuk Penggunaan Harian dan Balap!

Busi motor merupakan hal yang cukup krusial pada bagian pengapian, bagiamana tips memilih busi motor untuk penggunaan motor harian kalian?


Busi motor merupakan hal yang cukup krusial pada bagian pengapian, bagiamana tips memilih busi motor untuk penggunaan motor harian kalian? Bagaimanan dengan penggunaan busi balap untuk penggunaan motor harian kalian? Biar kalian gak salah pilih, gue akan kasih tahu karena gue juga sudah mengganti CDI buat motor harian gue kok.


Memilih Busi Motor

Tips Memilih Busi Motor Untuk Harian!

Untuk memilih busi motor seperti yang gue bilang diatas cukup krusial. Karena bagian ini sangat berpengaruh terhadap pengapian kendaraan roda dua kalian. Berikut beberapa tips memilih busi motor yang tepat.

Pilih busi motor sesuai dengan tingkat panas atau dingin yang sesuai

Ini akan berpengaruh pada tingkat pengapian motor harian kalian. Apakah lebih sering digunakan pada saat berkendara malam hari, atau lebih sering menggunakan motor kalian pada siang hari ditengah cuaca panas.

Pilih busi motor dengan material yang sesuai

Ini akan berpengaruh pada tingkat panas dan dingin pada kendaraan harian kalian.

Pilih busi motor dengan panjang ulir yang tepat

Apabila kalian salah memilih seberapa panjang ulir busi, maka akan memungkinkan sisa kerak pada pembakaran didalam busi kalian. Ini akan berpengaruh pada tenaga mesin motor harian kalian.

Lantas, bagi kalian yang sudah menggunakan CDI racing seperti motor harian gue. Apakah boleh memilih busi motor yang berbahan dasar iridium? Jawabannya, lihat pada pedoman masing-masing distributor busi motor tersebut. Untuk kasus gue sendiri, pihak pembuat CDI tidak menyarankan menggunakan busi iridium pada motor yang sudah mengganti CDI racing buatannya.

Baca Juga  Perhatikan 5 Tips Membeli Helm Motor Sebelum Kalian Beli!

Jenis-Jenis Busi Motor Untuk Kalian Ketahui!

Setelah melihat tips untuk memilih busi motor diatas, ada baiknya sekarang kita berkenalan dengan jenis-jenis busi motor yang ada dipasaran Indonesia. Ada beberapa jenis busi motor yang bisa kalian gunakan untuk motor harian atau balap kalian. Diantaranya:

Busi Standar

Bahan ujung elektroda dari nikel dan diameter center electrode rata-rata 2,5 mm. Jarak tempuh busi standar sampai sekitar 20 ribu Km, ketika kondisi pembakaran normal dan tak dipengaruhi oleh faktor lain macam oli mesin dan konsumsi BBM yang berlebihan efek peningkatan spek karbu.

Busi Platinum

Ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari platinum, jadi pengaruh panas ke metal platinum lebih kecil. Diameter center electrode 0,6 mm – 0,8 mm, jarak tempuh busi sekitar 30 ribu km. Busi ini favorit bikers penyuka touring karena kemampuannya.

Busi Iridium

Ciri khasnya ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electroda dari iridium alloy warna platinum buram. Diameter center electroda 0,6 mm – 0,8 mm mm. Jarak tempuh busi sekitar 50 ribu sampai 70 ribu km. berumur lama cocok buat mesin motor besar diatas 150cc. Bisa dikatakan semi kompetisi, biasa diaplikasi buat mesin non standar.

Busi Racing

Busi yang tahan terhadap kompresi tinggi, serta temperatur mesin yang tinggi. Dipersiapkan untuk mampu mengimbangi pemakaian full throttle dan deceleration.Busi racing tidak sama dengan busi Iridium. Diameter center electroda pun relatif kecil meruncing macam jarum. Jarak tempuh busi juga relatif pendek di 20 ribu – 30 ribu Km, untuk rpm tinggi diatas 6000 pada temperatur mesin yang tinggi.

Busi Resistor

Logo R dengan font miring banyak yang mengira artinya racing. sebenarnya R itu artinya resistor. Busi ini dipakai untuk melindungi perangkat elektronik digital, berupa speedometer, indikator pada kendaraan yang memakainya, terhadap pengaruh gelombang radio dan sejenis nya. Maka, busi ber-kode R pada busi mesti diingat, sebagai perlindungan perangkat elektronik digital motor.

Apa resikonya ketika mengganti busi motor dengan yang tidak disarankan? Hal yang paling terasa ketika gue mencobanya, fungsi CDI yang gue pakai tidak bekerja secara maksimal dan tingkat tenaga yang dihasilkan terasa sama dari menggunakan CDI bawaan pabrik, bahkan lebih buruknya akan terasa dibawah itu. Jadi, sampai disini jangan sampai kalian salah memilih busi motor untuk harian kalian ya!

Baca Juga  Karakter Motormu Terlihat dari Warna Velg Pilihanmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Memilih Busi Motor Untuk Penggunaan Harian dan Balap!

Waktu Untuk Membaca 2 min
0