Cara Partisi Hardisk Komputer Baru Dengan 2 Langkah Mudah

Cara Partisi Hardisk

Untuk yang baru punya komputer, tentu bingung bagaimana cara partisi hardisk kalian. Ada 2 cara partisi hardisk yang akan gue berikan. Pertama, melakukan partisi tanpa harus menggunakan software atau aplikasi tambahan di komputer kalian. Kedua, partisi hardisk cukup hanya menggunakan command prompt yang ada di dalam komputer. Bagiamana caranya?

Sama seperti melakukan proses format hard disk yang kalian punya, langkahnyapun cukup mudah. Hardisk adalah sebuah device penyimpanan data pada sebuah komputer. Ukuran hardisk bermacam – macam mulai dari yang 32 GB hingga 4 TB. Sering kali kita lupa membagi partisi hardisk kita pada saat menginstall sistem operasi baru. Bagaimana caranya? Lihat proses dibawah ini ya.

Cara Partisi Hardisk

Cara Partisi Hardisk Komputer Tanpa Software!

  1. Masuk ke dalam device manager. Caranya dengan melakukan klik kanan pada bagian my computer atau this pc.
  2. Setelah itu, kalian pilih pada bagian manage.
  3. Setelah muncul layar baru, ada beberapa pilihan disana. Klik pada bagian disk management.
  4. Biasanya, kalian akan melakukan partisi hardisk pada sebuah drive. Ambil contoh kita akan partisi hardisk drive D. Klik kanan kemudian kalian pilih shrink volume.
  5. Masukan besaran partisi yang akan dibagi, misal 50GB berarti ketikan 50000, kemudian klik shrink.
  6. Tunggu hingga proses repartisi selesai. Maka alokasi hardisk baru akan muncul.
  7. Buat partisi baru dengan cara klik kanan pada alokasi hardisk yang belum dipartisi kemudian pilih new simple volume.
  8. Masukan ukuran volume hardisk lalu klik next.
  9. Pilih Drive letter yang diinginkan kemudian klik next.
  10. Lakukan format pada partisi yang baru dibuat.
  11. Tunggu hingga proses format selesai maka partisi baru akan muncul dan siap digunakan.

Bagiamana untuk cara yang pertama? Sudah paham untuk melakukan partisi hardisk tanpa bantuan aplikasi? Sekarang, gue kasih kalian cara partisi hardisk hanya dengan menggunakan command prompt. Ikuti langkah dibawah ini.

Cara Partisi Hardisk Menggunakan CMD (Command Prompt)

  1. Pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuka cmd (Command Prompt). Caranya, tekan tombol windows + R, kemudian ketikan CMD dan enter.
  2. Setelah muncul layar CMD, ketikan perintah Diskpart lalu tekan enter. Nantinya akan muncul jendela popup untuk request sebagai administrator. Setelah itu tekan saja yes.
  3. Setelah terbuka dan masuk, kalian cukup ketikan list volume lalu enter.
  4. Kemudian, pilih volume yang akan kalian kurangi kapasitasnya untuk dibuatkan partisi baru. Caranya, ketik select volume (volume yang kamu pilih) lalu enter.
  5. Selanjutnya, silahkan kalian ketik perintah shrink querymax untuk melihat size maksimum yang bisa kalian shrink, atau kalian bisa langsung memberi perintah shrink untuk langsung membuat partisi hardisk kalian. Kalau kalian ingin membuat ukuran yang lebih spesifik, bisa langsung memberi perintah shrink desired=(kapasitas yang kamu inginkan dalam bentuk MB).
  6. Setelah berhasil cek apakah partisi tersebut sudah tersedia, dengan cara klik kanan pada logo Windows lalu cari Disk Management.

Lebih mudah mana antara partisi hardisk menggunakan device manager atau menggunakan command prompt? Semua tergantung selera kalian untuk melakukan hal ini. Kalau gue pribadi, lebih nyaman melakukan partisi hardisk dengan device manager. Usahakan sebelum melakukan partisi, kalian melakukan format hardisk terlebih dahulu. 

Ada 2 cara juga untuk melakukan format harddisk yang sudah gue tuliskan untuk kalian. Melakukan format harddisk melalui CMD dan juga format hard disk melalui bios. Kalian bisa membacanya disana, ya. Kalau ada yang punya pengalaman melakukan format hardisk ini? Boleh dong dishare di komentar, bagiamana cara partisi hardisk yang biasa kalian lakukan.

Cara Remote Desktop di Windows 7

Cara Remote Desktop di Windows 7 - Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Sistem Operasi.Banyak yang bertanya mengenai bagaimana melakukan Remote Desktop di...
aLdyputRa
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *