Struktur Folder Dalam Linux Dan Cara Instalasi Linux Mandriva


ZA Campaign

Assalamualaikum..

Akhirnya..setelah tiba disurabaya untuk mengikuti idblogilicious yang pertama..saya menyempatkan sedikit ilmu dalam dunia linux,yang saya sendiri masih tidak begitu lancar untuk menggunakan linux mandriva itu sendiri.

Namun,sebelum menggunakan sebuah linux,.kita harus mengetahui beberapa sususan folder didalam linux itu sendiri..jikalau kita tidak mengetahuinya,untuk apa kita menggunakan dan menginstal linux didalam komputer atau notebook kita ???

baiklah,mari kita bicarakan mengenai struktur folder didalam linux itu sendiri.

Struktur folder di Linux :

Seperti Windows yang mempunyai struktur folder tersendiri (mis: Windows, Program files, Document and settings), di Linux pun mempunyai struktur file tersendiri.

Berikut adalah struktur folder yang ada di Linux :
/ = root
|-bin = binary
|-boot = kernel save
|-etc = file-file konfigurasi
|-home = user data file
|-lib = library
|-usr = aplikasi
|-var = mail/log/database
|-mnt = mount point
|-tmp = temporary
|-sbin = binary super userNah,sekarang teman – teman blogger sekalian sudah mengerti bagaimana susunan folder didalam linux bukan ?? ya..sekarang saatnya kita mengetahui bagaimana cara menginstall sebuah linux distro Mandriva ini.

Persiapan Installasi Linux (Mandriva ):

Partisi di Linux, minimal terdiri dari 2 partisi, yaitu:

1. Partisi / (root)
Partisi ini digunakan sebagai system dari Linux itu sendiri. Partisi ini dapat bertipe: ext3, ext2, reiserfs, dsb. Saya menyarankan menggunakan tipe partisi ext3, karena bersifat Journalized FS.

2. Partisi swap
Partisi ini digunakan sebagai virtual memory, bila RAM yang ada tidak mencukupi. Ukuran minimal yang disarankan adalah 2X ukuran RAM, tetapi bila RAM Anda di atas 1 GB, tidak harus 2X ukuran RAM.

3. Partisi home
Partisi home ini tidak mesti ada, tetapi Saya menyarankan untuk membuat partisi ini, karena dengan adanya partisi ini, maka dokumen-dokumen Anda akan dipisahkan dari partisi / (root). Apa keuntungannya? Bila Linux Anda diinstall ulang, atau berganti windows, maka data Anda tidak akan hilang. Ini sama saja dengan Anda membuat 2 partisi di Windows, yaitu partisi untuk Windows dan partisi untuk dokumen Anda. Partisi home ini dapat bertipe ext3, ext2, reiserfs, dsb.

4. Bagi Anda yang menggunakan CD/DVD untuk installasi Linux, maka Anda cukup boot dari CD/DVD tersebut untuk melakukan installasi. Karena CD/DVD Linux pada umumnya bersifat bootable

Tetapi bagi Anda yang ingin melakukan install via jaringan (network), Anda cukup membuat boot disk ataupun bootable Flash Disk. Pembuatan boot disk harus dilakukan di komputer yang telah terinstall Linux. Berikut caranya:

1. Untuk membuat boot disk, diperlukan file network.img dan network_drivers.img. Untuk membuat bootable Flash Disk, diperlukan file all.img. Biasanya file-file tersebut terletak di direktori install/images yang berada di CD/DVD Mandriva atau di direktori Mandriva yang terletak di server.

2. Copy file tersebut ke disket atau ke flash disk, caranya adalah sebagai berikut:

a. Untuk disket, harap format dulu disketnya. Ini untuk menghindari error yang terjadi pada disket. Cara format disket, ketik di Console: mformat a:

b. Kemudian, image yang sudah dibuat tersebut harus dicopy ke disket atau flash disk. Untuk disket, copy image tersebut dengan perintah:
$ dd if=network.img of=/dev/fd0
$ dd if=network_drivers.img of=/dev/fd0

Network.img untuk disket 1 (Disket booting) dan network_drivers.img untuk disket 2.

Untuk flash disk, copy image tersebut dengan perintah:
# dd if=all.img of=/dev/sda1

Perhatikan tanda $ dan #. Tanda $, artinya Anda login sebagai user biasa, sedangkan tanda # artinya Anda login sebagai root.

c. Setelah disket/flash disk booting selesai dibuat, Anda tinggal boot komputer menggunakan disket atau flash disk tersebut, selanjutnya tinggal mengikuti instruksi yang ada.

Mungkin sekian dulu tutorial singkat mengenai linux ini..sedikit ilmu tapi bermanfaat,itulah yang saya selalu gunakan dalam menulis sebuah tutorial dimanapun..

Semoga bermanfaat teman – teman blogger 😀

4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *