Fungsi Inner Join Dalam SQL

Fungsi Inner Join

Fungsi inner join masih banyak yang belum diketahui oleh programmer baru. Sebenarnya, apa saja fungsinya dalam MySQL itu sendiri? Kalian harus tahu. Dalam SQL, cara menggunakan ini sebenarnya gampang-gampang susah, tergantung dari kebiasaan kita dalam menggunakannya dalam setiap sebuah query sql.

Sebelum mengetahui mengenai fungsi inner join ada baiknya kita membahas mengenai bagaimana sebenarnya formatnya itu sendiri, agar lebih lengkap informasi yang bisa kalian terima. Bukan hanya sekedar mengetahui apa fungsinya saja.

Fungsi Inner Join Dalam SQL

Fungsi Inner Join

Berikut ini adalah sedikit mengenai format dari inner join itu sendiri dalam dunia programming. Semoga kalian bisa paham ketika melihat formatnya dibawah ini:

Select [NamaTabelA.FieldTabelA], [NamaTabelB.FieldTabelB], From [NamaTabelA]
Inner Join [NamaTabelB] on [NamaTabelA.FieldTabelA] = [NamaTabelB.FieldTabelB]

Diatas itu adalah formatnya, bagaimana setelah melihat format penulisan dari inner join itu sendiri? Semoga sih kalian paham dan gak bingung ya. Sekarang apa fungsi inner join itu? Fungsinya adalah memanggil isi tabel yang ada di dalam 2 tabel, tetapi yg saling tidak ada. Bingung ya? Baik, mari kita lihat contoh dibawah ini:

Tabel A isinya : A B C D E F G H
Tabel B isinya : A B R T S U V W

Dari contoh diatas setelah kita menggunakan inner join akan menghasilkan output seperti ini C D E F G H R T S U V W. Sampai sini sudah mulai paham? Intinya, fungsinya sendiri adalah untuk memanggil file yang tidak ada didalam tabel lain yang berhubungan.

Perbedaan Inner Join dengan Left Join dan Right Join

Selain inner join, dalam SQL kita mengenal juga yang namanya LEFT JOIN dan juga RIGHT JOIN. Apa perbedaan antara ketiga fungsi ini? Setelah diatas menjelaskan inner join, dibawah ini pengertian dari Left Join dan Right Join:

Left Join

Fungsi left join sebenarnya bisa terbilang hampir sama dengan inner join, namun saat kita menggunakan left join ini akan membuat parameter dari sebuah table sebelah kiri, ketika ada data yang kosong atau tidak berelasi maka akan berisi NULL di sebelah kanan. Dibawah ini adalah contoh query left join:

SELECT * FROM tabel1 LEFT JOIN tabel2 ON tabel1.PK = tabel2.FK

SELECT * FROM POST LEFT JOIN category on post.category_id=category.id_category;

Right Join

Fungsi right join sebenarnya kurang lebih hampir sama dengan inner join namun ketika menggunakan right join hal ini akan membuat parameter pada sebelah kanan. Jika data yang terdapat pada table kosong atau tidak berelasi maka akan berisi NULL. Dibawah ini adalah contoh query right join:

SELECT * FROM tabel1 RIGHT JOIN tabel2 ON tabel1.PK = tabel2.FK
SELECT * FROM POST RIGHT JOIN category on post.category_id=category.id_category;

Selain inner join, left join dan juga right join, ternyata masih ada yang bernama self join dan straight join, kalian bisa baca diartikel gue yang udah gue buatkan disana lengkap dengan contoh penggunaannya.

Oke, kalau kalian masih ada yang bingung mungkin kalian perlu beradaptasi menggunakannya. Selain itu, silahkan kalian latih terus menerus mengenai inner join ya. Jika masih ada yang belum memahaminya silahkan tanyakan pada kolom komentar setelah artikel sederhana ini, biar kalian makin paham apa fungsi inner join.

10 Replies to “Fungsi Inner Join Dalam SQL”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini