Self dan Straight Join, 2 Jenis Join Lainnya di MySQL

Setelah inner join, kali ini gue bahas self join dan straight join. Apa fungsi straight join itu? Self join itu apa? Tenang, gue bahas disini.


Setelah inner join, kali ini gue bahas self dan straight join. Apa fungsi straight join itu? Self join itu apa? Tenang, gue bahas disini. Buat kalian yang baru bermain dengan yang namanya database MySQL, memang agak susah membedakan dari beberapa jenis join yang ada dalam sytanx yang kalian pelajari. Justru, ketika kalian sudah paham kalian akan lebih mudah menggunakannya.

Beberapa Perbedaan Join Dalam MySQL

Sebenarnya, ada 3 macan jenis join yang wajib kalian pahami dalam MySQL itu sendiri. Inner join, left join dan juga right join. Lah terus, self join itu apa? Straight join apaan lagi itu? Ada beberapa perbedaan yang mendasar untuk itu semua, tapi sekarang gue jelasin dulu pelan-pelan ya. Kalau mau baca dari awal, baca dulu tentang fungsi inner join yang sudah gue berikan kemarin.

Penggunaan Straight Join di MySQL

Penggunaan relasi STRAIGHT JOIN adalah untuk menampilkan kedua table yang direlasikan dengan menampilkan semua record meskipun tidak bersesuaian dengan table yang lain dengan jumlah record adalah hasil kali jumlah record table pertama dengan jumlah record tapi. Contohnya seperti ini

select*from [Tabel_1] straight join [Tabel_2];

Menggunakan Self Join dalam MySQL

Self join adalah sebuah join yang berguna untuk bergabung dengan sebuah table ke dirinya sendiri. Bungung? Lihat dibawah ini untuk contoh penggunaan self join yang gue jelasin diatas ya.

Baca Juga  Macam-Macam Database User

SELECT c1.KodeCus, c1.Nama, c1.Kontak FROM Customer c1, Customer c2 WHERE c1.Nama = c2.Nama
AND c2.Kontak=’Jim Jones’

Hasilnya akan seperti dibawah ini.

KodeCus Nama Kontak
——- —- ——
1000000003 Fun4All Jim Jones
1000000004 Fun4All Denise L. Stephens

Kurang lebih itulah perbedaan kedua jenis join yang gue sebutkan diatas. Selain 2 hal join diatas, ada juga namanya natural join dan outer join. Bagaimana bentuknya?

Natural Join dalam MySQL

Natural join adalah join yang dimana dilakukan dengan menggunakan wildcard (SELECT *) untuk suatu table dan sub-kumpulan eksplit dan field untuk semua table lainya.

Outer Join dalam MySQL

Outer join adalah sebuah join yang tidak memerlukan setiap record dalam dua table bergabung untuk memiliki catatan cocok. Table bergabung dengan mempertahankan setiap catatan, bahkan jika tidak ada catatan yang cocok lainya ada. Luar bergabung membagi lebih lanjut lebih ke kiri luar bergabung, kanan luar bergabung dan penuh luar bergabung, tergantung pada table (s) mempertahankan satu baris dari (kiri, kanan atau keduanya).

Dari beberapa jenis join yang ada diatas, yang paling umum digunakan adalah inner join itu sendiri. Pada beberapa kasus, self join dan straight join bisa digunakan namun cukup jarang digunakan. Setidaknya, sekarang kalian paham apa itu self dan straight join untuk penggunaan MySQL kalian.

Baca Juga  Fungsi Inner Join Dalam SQL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Self dan Straight Join, 2 Jenis Join Lainnya di MySQL

Waktu Untuk Membaca 2 min
0