Cara Membuat Form Pendaftaran Di Joomla

Cara Membuat Form Pendaftaran Di Joomla

Cara membuat form pendaftaran sebenarnya bisa dimana saja seperti wordpress, blogspot, dll. Bagaimana dengan joomla? Ada caranya disini. Kalau artikel yang pernah gue bahas sebelumnya yaitu mengenai blogging menggunakan wordpress dan blogger, tidak adil rasanya kalau tidak membahas mengenai joomla, bukan?

Membuat form pendaftaran sebenarnya terbilang tidak susah, tapi tidak juga bisa dibilang gampang. Kita hanya memanfaatkan sebuah extension atau jika pada wordpress sering disebut dengan plugins yang bisa kita dapatkan secara gratis, meskipun ada beberapa yang berbayar untuk fitur lebih banyak. Apa yang diperlukan untuk membuat form pendaftaran di joomla?

Membuat Form Pendaftaran Di Joomla

Sebenarnya, ada beberapa plugins atau extension yang bisa digunakan, tapi untuk kalian yang membaca ini gue hanya akan memberikan yang pernah gue pakai dan bisa gue gunakan ya. Kalau kalian ada rekomendasi lain, silahkan digunakan saja :)

Smart Former

Salah satu extensions atau plugin yang biasa digunakan untuk membuat form pendaftaran di joomlah ada plugin yang satu ini. Smart Former adalah sebuah extension atau plugin yang memungkinkan kita sebagai pengguna joomla, nah berikut ini adalah langkah penggunaannya:

  • Dapatkan plugin Smart Former disini, kalian bisa mendapatkannya secara gratis.
  • Pasang plugin tersebut pada joomla, setelah kalian download tentunya.
  • Masuk ke menu extension,
  • kemudian teman – teman tinggal setting saja formnya ingin berbentuk seperti apa, dan
  • Save hasil tersebut dan lihat hasilnya pada halaman yang sudah dibuat tadi.

Gimana? Mudah bukan untuk membuat form di joomla ini? Kalau kalian ingin mencari sesuai mengenai seluk beluk mengenai blogging, silahkan kalian lihat artikel lainnya di blog sederhana ini disini.

Kalau ada yang gak sesuai, kalian bisa langsung tanyakan sama gue aja ya. Kalau masih bingung, ada berapa sih CMS itu? Kalian bisa lihat artikel gue jenis jenis CMS yang ada diartikel lama gue.

Semoga artikel sederhana saya ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kalian semuanya yang sedang membutuhkan informasi ini. Jika ada pertanyaan mengenai hal ini dan kalian masih bingung, silahkan berkomentar pada kolom komentar. Tapi, kalau kalian punya pengalaman yang lain dengan plugins lainnya silahkan dibagikan ya gimana cara membuat form pendaftaran menurut kalian!

5 Replies to “Cara Membuat Form Pendaftaran Di Joomla”

  1. saya sudah buat form pendaftaran siswa menggunkan komponen RSForm dan selanjutnya saya ingin menampilkan data siswa tertentu ke halaman web melalui form pencarian. nah diantara teman2 sekalian ada ngak yang mampu membuat form pencarian berdasarkan “thn angkatan” dan “jurusan” ? solusi dari teman2 akan saya hargai dgn sebuah hadiah. solusinya tolong dikirm ke [email protected]. terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *