Arti Kata Privasi: Makna dan Pengertian Menurut Beberapa Ahli

Arti Kata Privasi

Arti kata privasi untuk setiap orang akan berbeda. Tapi, apa sebenarnya arti privasi itu? Menurut wikipedia, privasi adalah kemampuan satu atau sekelompok individu untuk menutup atau melindungi kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri mereka.

Namun, ada arti yang berbeda ketika para ahli menjelaskan mengenai arti dari kata privasi itu sendiri. Siapa saja yang membahas hal ini? Tenang, sudah gue bilang dari awal kalian tidak salah lihat artikel. Berikut ini beberapa arti kata privasi menurut para ahli yang sudah gue rangkum untuk kalian semuanya. 

Arti Kata Privasi

Arti Privasi Menurut Para Ahli

Dibyo Hartono

Menurut Dibyo Hartono (1986), privasi adalah suatu tingkatan interaksi atau keterbukaan terhadap orang lain yang dikehendaki oleh seseorang pada situasi atau kondisi tertentu.

Amos Rapoport

Menurut Amos Rapoport (1988), arti privasi adalah suatu kemampuan untuk mengontrol interaksi, kemampuan untuk memperoleh pilihan-pilihan dan kemampuan untuk mencapai interaksi yang diinginkan.

Irwin Altman

Menurut Irwin Altman (1975), arti privasi adalah suatu proses pengontrolan yang selektif terhadap akses kepada diri sendiri dan akses kepada orang lain.

Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall (1981), pengertian privasi adalah suatu kondisi yang menunjukkan adanya pilihan untuk menghindarkan diri dari keterlibatan dengan orang lain dan lingkungan sosialnya.

Sampai sini, gimana? Sudah paham masalah arti privasi itu sendiri? Lantas, kalau begitu apa perbedaan antara privasi dan rahasia? Ada yang tahu? Kalau kalian belum tahu perbedaannya, gue bakalan kasih tahu ke kalian juga kok.

Perbedaan Privasi dengan Rahasia

Privasi seringkali dihubungkan dengan rahasia. Meskipun kedua istilah ini mempunyai makna yang hampir sama, namun pada dasarnya keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Perbedaan privasi dan rahasia terletak pada apa dan bagaimana tujuan individu atau sekelompok individu dalam melindungi urusan pribadinya.

Menyimpan atau menjaga rahasia mengandung arti menyembunyikan masalah tertentu agar tidak diketahui oleh pihak lain. Sedangkan privasi mengandung arti suatu kebebasan atau keleluasaan untuk terhindar dari gangguan atau pengawasan pihak lain. Privasi pada umumnya berkaitan dengan hal-hal yang bersifat pribadi. Sesuatu yang bila dilanggar oleh pihak lain akan membuat individu atau sekelompok individu tidak nyaman dan marah.

Apa saja hal-hal yang termasuk ke dalam privasi?

  • Hubungan percintaan, tidak penting untuk mempublikasikan hubungan percintaan yang terlalu sering di media sosial.
  • Hadiah, banyak orang-orang yang sering mengupload foto bentuk hadiah yang diberikan orang lain kepadanya. Menurut saya ini adalah masuk ke ranah privasi.
  • Agama, kepercayaan seseorang terhadap sebuah agama merupakan sebuah privasi yang harus dihormati setiap orang. Kadang masih banyak orang Indonesia yang sering kepo tentang agama seseorang.
  • Alamat rumah, hal ini menjadi sesuatu yang privasi agar tidak ada orang yang tidak dikenal tiba-tiba datang ke rumah kita tanpa permisi.

Menurut UU Teknologi Informasi ayat 19

Privasi adalah hak individu untuk mengendalikan penggunaan informasi tentang identitas pribadi baik oleh dirinya sendiri atau oleh pihak lainnya.

Kira-kira, segitu aja dulu ya masalah arti privasi ini sendiri. Kalau memang kalian masih bingung masalah ini, silahkan kalian tanyakan bagian mana yang masih bingung terkait arti kata privasi!

4 Replies to “Arti Kata Privasi: Makna dan Pengertian Menurut Beberapa Ahli”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *