Bagas Dharma Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap, hipnoterapi dan suka sepakbola.

Cara Membuat Smartphone Projector Sederhana dari Kardus Sepatu Bekas

1 min read

Cara Membuat Smartphone Projector Sederhana dari Kardus Sepatu Bekas

Cara Membuat Smartphone Projector Sederhana dari Kardus Sepatu Bekas

Beberapa perangkat smartphone mungkin sudah dilengkapi dengan fitur smartphone projector. Fungsinya tentu saja untuk memudahkan pengguna saat melihat berbagai macam konten dalam ukuran layar yang lebih besar. Namun apabila smartphone Anda belum dilengkapi fitur tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa membuat proyektor sendiri dari kardus sepatu bekas.

Sebuah video yang diungggah oleh Tech Builder di YouTube menjelaskan tentang bagaimana cara membuat smartphone projector sederhana dari kardus bekas. Adapun alat dan bahan yang Anda butuhkan adalah:

  • kardus sepatu bekas,
  • kaca pembesar (ukuran kaca disesuaikan dengan ukuran kardus),
  • super glue,
  • penggaris,
  • cutter,

Bagaimana cara membuatnya? Pertama-tama potong pegangan dari kaca pembesar. Atau Anda juga bisa melepas lensa dari bingkainya. Setelah itu rapikan kardus sepatu, rekatkan semua bagian yang kiranya masih perlu dirapikan. Setelah itu buatlah lubang di salah satu bagian samping kardus dengan ukuran lensa atau kaca yang tadi sudah Anda pisahkan dari pegangannya.

Jangan lupa juga untuk memotong sebagian sisi kotak penutup kardusnya juga, supaya saat kardus ditutup, lubang tidak terhalang oleh tutup kardus. Proses pertama telah selesai. Mudah sekali, bukan?

Berikutnya untuk menyempurnakan smartphone projector buatan tangan Anda, buatlah stand untuk ponsel dari styrofoam. Sesuaikan ukuran stand dengan lebar kotak sepatu. Pastikan nantinya stand bisa digerakkan ke depan atau ke belakang untuk menyesuaikan fokus.

Setelah stand jadi, letakkan ponsel Anda di atas stand. Kemudian mulai atur fokus layar dengan menggerakkan ponsel ke depan atau ke belakang. Biasanya fokus akan didapatkan saat ponsel berada di tengah. Catatan terpenting adalah atur pencahayaan layar ponsel Anda yang paling terang dan matikan fitur auto-rotate.

Terakhir, tutup kardus dengan rapat supaya tidak ada cahaya yang bisa masuk dan keluar kecuali cahaya dari ponsel. Kemudian matikan lampu dan gelapkan ruangan Anda. Lalu mulailah menonton video dengan tampilan layar yang lebih lebar di dinding.

Bagi Anda yang merasa repot untuk membuat proyektor tersebut, silahkan langsung beli saja smartphone projector. Alat tersebut bisa membuat ponsel pintar Anda memiliki tampilan layar yang lebih besar. Umumnya ukuran layar maksimal smartphone yang bisa digunakan adalah 5.7 inci. Anda bisa membelinya di toko-toko online seluruh Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau. So, selamat mencoba membuat atau membeli langsung, ya.

Bagas Dharma Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap, hipnoterapi dan suka sepakbola.

Google Cardboard, 3D Virtual Reality Canggih dengan Harga Ekonomis

Di tengah maraknya vendor teknologi yang memproduksi perangkat virtual reality, Google telah terlebih dahulu memperkenalkan Google Cardboard pada tahun 2014 lalu
Bagas Dharma
1 min read

Dengarkan Musik Lewat Smartphone Lebih Seru dengan Speaker JBL

Nyaris setiap ponsel yang diproduksi saat ini memiliki fitur pemutar musik. Hal ini membuktikan bahwa musik merupakan suatu hiburan yang universal.
Bagas Dharma
1 min read

Sulap TV Jadi Smartphone dengan Google Chromecast

Bosan dengan smartphone atau phablet yang layarnya kecil? Mungkin Anda perlu menjajal kecanggihan alat Google Chromecast yang bisa menyulap TV menjadi smartphone.
Bagas Dharma
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *