Cara Membuat Hotspot Tanpa Software, Siapkan Aplikasi Ini Saja!

Membuat Hotspot Tanpa Software

Dengan membuat hotspot tanpa software pada windows, kalian bisa internetan dengan laptop yang terhubung dengan internet wireless. Mungkin untuk kalian yang sudah cukup sering melakukannya, artikel ini biasa saja. Tapi, bagaimana dengan para pengguna windows dan ingin lebih cepat koneksi internetnya?

Cara Membuat Hotspot Tanpa Software Atau Aplikasi

Untuk kalian yang ingin menjadikan laptop windows sebagai hotspot dan mengggunakan internet wireless pada setiap device kalian, silahkan ikuti langkah dibawah ini:

  • Buka Command Prompt (CMD) dengan menggunakan mode “Run as administrator“.
  • Cek terlebih dahulu apakah wireless yang kalian punya udah mendukung untuk menjalankan yang namanya VAP (virtual access point) atau belum. Gimana caraya? Coba ketik netsh wlan show drivers di command prompt kalian. Kalau tulisan hosted network support sudah ada status YES, berarti sudah bisa. Lantas bagaimana kalau NO? Ketik netsh wlan set hostednetwork mode=allow, lalu cek lagi. Apabila masih tidak bisa, berarti laptop kalian tidak support untuk membuat hotspot sendiri untuk internet wireless kalian.
  • Apabila sudah udah berhasil, sekarang waktunya mengaktifkan dan membuat nama Wifi (SSID) beserta passwordnya. Ketikan netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=aLdyputRa (Nama SSID terserah) key=putraaldy (Password terserah). Nanti jadinya akan sepert ini: netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=aLdyputRa key=putraaldy.
  • Setelah mengatur SSID dan passwordnya, sekarang waktunya aktifkan wireless kalian caranya ketik netsh wlan start hostednetwork, Maka VAP akan berjalan.
  • Sampai sini hotspot wireless kalian sudah aktif, tetapi masih belum bisa digunakan untuk internetan, karena belum ada Koneksi Internet yang dihubungkan.

Setelah itu, kalian bisa melakukan pengecekan sinyal Wifi dengan menggunakan laptop atau smartphone yang kalian gunakan. Setelah mendapatkan internet wireless yang bisa digunakan, ikuti langkah dibawah ini:

  • Sekarang kita bagi Internetnya agar bisa saling terhubung. Ada 2 koneksi nantinya,
    1. Local Area Connection adalah koneksi internet utama, dan
    2. Wireless Network Connection 2 adalah Wireless yang kita buat tadi.
  • Klik Local Area Connection – Properties – Pilih Tab Sharing – (Centang kedua kotak) – Pilih Nama Wireless yang tadi sudah dibuat untuk berbagi koneksi internet.
  • Sampai sini harusnya kalian sudah bisa menikmati Wifi sambil Internetan, buat menghentikan atau memulai kembali Wireless tersebut, bisa ketikan netsh wlan stop hostednetwork (untuk stop) atau netsh wlan start hostednetwork (untuk memulai lagi).

Gampangkan? Siapa tahu dikantor kalian koneksi wifi tidak cukup bagus dibandingkan dengan jaringan kabel LAN kalian, bisa kalian gunakan cara ini. Cukup mudah dan ga ribet untuk membuat hotspot tanpa software kan? Kalau kalian juga baru tahu, boleh disebarin ke yang lain juga ya.

Selamat internetan dengan membuat hotspot sendiri tanpa aplikasi lain ya. Kalau kalian ada tambahan bagaimana cara untuk membuat hotspot tanpa software sendiri, tulis di komentar yuk!

Cara Remote Desktop di Windows 7 Dengan Mudah Cukup…

Untuk melakukan remote desktop dari komputer, kalian wajib tahu alamat IP yang terhubung dengan koneksi LAN kalian. Baca disini caranya yuk!
aLdyputRa
56 sec read

Cara Menjalankan Aplikasi Android Di Windows PC

Cara Menjalankan Aplikasi Android Di Windows PC - Kali ini saya akan memberikan sedikit Cara Menjalankan Aplikasi Android Di Windows PC.Pada era perkembangan teknologi...
aLdyputRa
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *