NTFS dan FAT32: Pengertian dan Perbedaan Kedua Jenis Ini

NTFS dan FAT32

Pengguna windows pasti tahu istilah NTFS dan FAT32 bukan? Bukan hanya windows, saat melakukan format flashdisk keduanya juga akan muncul. Sering kalian, banyak yang bingung harus memilih yang mana ketika melakukan format hardisk atau flashdisk. Mana sih yang harus dipilih ketika melakukan hal tersebut?

Pertanyaanya, kalian sudah tahu belum apa itu NTFS dan FAT32 ini? Kalau sudah tahu, apa sih perbedaan keduanya yang kalian tahu? Kalau belum tahu, mari kita bahas perlahan mulai dari pengertian sampai dengan perbedaan keduanya.

NTFS dan FAT32

Apa Itu NTFS?

NTFS adalah sebuah singkatan dari NT File System. NTFS ini merupakan format standar dari sebuah drive yang dipakai pada harddisk internal atau eksternal. Beberapa fitur yang ada antara lain access control, compress data serta fitur keamanan berupa enkripsi data.

Apa Itu FAT32?

FAT32 adalah sebuah fitur pengembangan sistem sebelumnya yaitu FAT16. Format FAT32 sudah rilis lebih lama dibandingkan NTFS, yaitu pada Windows95. Bukan hanya perangkat seperti harddisk dan flashdisk saja, bahkan konsol juga menggunakan format FAT32 jika menggunakan harddisk didalamnya.

Perbedaan Antara NTFS dan FAT32 Itu Apa Saja?

Sekilas sudah kita bahas mengenai arti NTFS dan juga arti FAT32, sekarang mari kita bahas lebih detail mengenai perbedaan antara NTFS dan FAT32.

1. Dukungan Sistem Operasi

Pada format NTFS saat ini hampir semua perangkat komputer sudah mendukung penggunannya, mulai dari sistem operasi Windows, Mac OS serta Linux juga sebagian besar sudah bisa menggunakan format NTFS. Bagaimana dengan FAT32?

Tidak Jauh berbeda dengan NTFS, namun pada FAT32 sudah lebih universal karena bisa digunakan pada selain perangkat komputer, misalnya internal memori smartphone yang kalian punya. Atau pada konsol playstation.

2. Ukuran Maksimum Menyalin File

Perbedaan yang cukup terasa adalah besaran maksimum ketika menyalin sebuah fila. Pada NTFS bisa menyalin file dengan ukuran besar sekalipun hingga 1TB tidak akan menjadi masalah, sedangkan FAT32 untuk menyalin file maksimalnya sekitar 4GB.

Kalau sudah seperti ini, berarti akan berrpengaruh pada jumlah file yang disimpan. Untuk NTFS bisa mencapai 4 miliar file, sedangkan FAT32 maksimal hanya sekitar 65 ribu.

3. Fitur Enkripsi

Untuk kedua jenis ini baik NTFS atau FAT32 sudah memiliki fitur enkripsi. Namun, untuk NTFS fiturnya sudah bisa kita pakai langsung. Sedangkan FAT32 harus melakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah sudah menggunakan versi 3.0 atau belum.

4. Ukuran Partisi Yang Bisa Digunakan

Perbedaan terakhir adalah ukuran partisi yang bisa kita gunakan. FAT32 mendukung penyimpanan hingga 2TB, sedangkan NTFS mendukung penyimpanan hingga sekitar 16EB. Berapakah 16 Exabytes itu? Silahkan kalian konversi sendiri saja ya.

Terus, kalau kalian ingin menggunakan pada perangkat komputer lebih baik menggunakan NTFS atau FAT32? Tergantung kebutuhan kalian sebenarnya, misalnya untuk penggunaan pada komputer kalian bisa menggunakan salah satu dari kedua jesni ini. Tapi, untuk perangkat game console harus menggunakan FAT32 untuk mendukung penyimpanannya.

Sekian dulu penjelasan secara umum mengenai NTFS dan FAT32 ini. Semoga kalian paham apa saja yang menjadi perbedaan antara NTFS dan FAT32 setelah membaca artikel ini, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *