aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Belajar Mengatur Keuangan Sendiri Sebelum Menikah


By on July 3rd, 2018 in Tips And Trik

Mengatur Keuangan Sendiri, untuk beberapa orang memerlukan pelatihan atau hal apapun yang ada diluar sana. Padahal, untuk mengatur yang kita miliki bisa dari kebiasaan diri sendiri bahkan dari sebelum menikah seharusnya. Memang, berbicara mengenai kebutuhan hidup tiap orang pasti berbeda. Namun, bagaimana cara mengatur sesederhana mungkin?

Begini, dari zaman dahulu kala gue sudah terbiasa dengan mengatur sendiri mulai dari keperluan dirumah, sampai kebutuhan pribadi yang akan gue gunakan. Bisa? Pasti bisa, semua orang tercipta untuk mengatur hal tersebut. Tapi, karena tidak terbiasa dengan hal itu yang membuat kita sulit.

Belajar Mengatur Keuangan

Catat Jumlah Pemasukan Kalian

Ini hal yang paling sederhana, mencatat. Betul, untuk kita sendiri kita harus mencatat berapa jumlah pemasukan kita setiap bulannya. Bukan hanya dari gaji, tapi dari beberapa sumber dana lainnya yang kita miliki.

Banyak diluar sana yang tidak mencatat karena memang sudah cukup hafal berapa pemasukan kalian, tapi terkadang ada beberapa orang seperti gue yang memiliki pemasukan lebih dari 1 sumber. Disanalah kalian harus mulai mencatat, karena otak manusia punya batasan untuk mengingatnya. Ini gue sarankan, karena menghindari lupa yang akan terjadi

Baca Juga  Cara Membuat TV Online

Buat Rincian Pengeluaran Setiap Bulan

Pengeluaran apapun yang terjadi, silahkan kalian rincikan terlebih dahulu. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, sampai dengan pengeluaran untuk “foya-foya” diri kalian sendiri. Utamakan, pengeluaran rutin yang harus kalian keluarkan setiap bulannya.

Gue menyarankan untuk mencatatnya didalam file excel atau apapun yang kalian gunakan. Ini memudahkan kita untuk tahu, berapa pengeluaran rutin kita tiap bulannya. Seperti pembayaran cicilan kartu kredit, cicilan rumah atau cicilan lainnya yang kalian miliki.

Sisipkan Uang Tabungan Dari Pemasukan Kalian

Ini dia yang jarang dilakukan oleh banyak orang, menyisipkan sebagian penghasilan mereka untuk tabungan atau “uang mati” yang tidak akan kalian gunakan sampai memang benar-benar dibutuhkan. Mengapa hal ini perlu kalian lakukan? Mencegah kalian mengeluarkan uang yang tidak perlu secara berlebihan.

Maksudnya adalah mencegah kita untuk tidak “foya-foya” secara berlebihan, dan uang yang kalian miliki bisa lebih bermanfaat dikemudian hari.

Baca Juga  Cara Membuat Playlist Youtube

Sebenarnya, mengapa sih kita perlu sendiri? Untuk gue yang belum menikah, tentu ini menjadi hal yang sangat penting. Mengapa? Karena, kita harus bisa membagi kebutuhan rumah untuk orang tua dan kebutuhan rumah tangga kita sendiri nantinya. Kok begitu?

Ada yang mengatakan “uang suami, adalah uang istri. Sedangkan uang istri, milik istri sendiri.” Setuju? Gue cukup setuju dengan hal itu, tapi gue secara pribadi tidak akan memotong uang yang seharusnya untuk keluarga orang tua nantinya. Jadi, tetap ada bagian-bagiannya sendiri. Bagaimana dengan kalian? Setuju dengan ini?

Well, gue hanya sebatas menuliskan bagaimana cara gue untuk sendiri yang gue lakukan sampai saat ini. Kalau kalian punya cara sendiri, silahkan kalian bagikan di blog kalian atau mungkin bisa kalian tulis bagaimana cara kalian Mengatur Keuangan Sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *