Bimbel Online, Akses Mudah Belajar Dari Rumah! Ini Daftar Lengkapnya!

Bimbel Online

Bimbel Online atau belajar online sepertinya sedang marak dibicarakan orang. Apa itu bimbel online? Apa saja bimbel online di Indonesia? Kalau kalian mau cari tahu lebih dalam, ada informasinya mengenai belajar online yang gratis tanpa harus berbayar kok, contohnya rumah belajar yang disediakan oleh kemdikbud. Kaya gimana sih bentuknya?

Apa Itu Bimbel Online?

Bimbingan belajar alias bimbel online menjadi gaya baru di kalangan pelajar SD, SMP atau pun SMA pada era serba digital saat ini untuk menguasai pelajaran sekolah. Belajar tidak lagi harus bertatap muka langsung bertemu untuk les atau kursu dengan pengajar atau tutor. Hanya cukup menggunakan gadget atau ponsel, semua materi, soal-soal pelajaran, dan pembahasannya lengkap tersedia.

Bimbel Online Kemendikbud

Apa saja lembaga bimbingan belajar ini? Zaman dulu, kita pasi tahu nama tempat kursus atau les seperti SSC, Ganesha Operations dan lainnya. Karena perkembangan zaman, beberapa tempat bimbingan belajar mulai beralih ke media internet atau online untuk memberikan pelajaran seperti kursus atau les.

Aplikasi lembaga bimbingan belajar online (bimbel online) Kemendikbud sebenarnya sudah diluncurkan sejak 8 tahun silam, tepatnya pada tahun 2011. Tapi, entah mengapa masih banyak yang belum tahu mengenai situs kursus atau les yang ini. Bahkan, mereka tidak tahu sama sekali situs yang sudah dibuat cukup lama ini oleh kemendikbud untuk menguasai pelajaran sekolah.

Aplikasi bimbingan belajar (bimbel) online ini di beri nama Rumah Belajar. Dengan motto Belajar di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja ini, Kemdikbud berupaya menjangkau semua siswa sekolah mulai dari Tingkat Sekolah Dasar kelas 1 hingga tingkat Sekolah Menengah Atas kelas 12 dapat mempelajari pelajaran sekolahnya.

Ada banyak fitur yang bisa kalian manfaatkan di aplikasi bimbel online kemendikbud ini, diantaranya sumber belajar, buku sekolah elektronik, bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa dan masih banyak lagi lainnya. Aplikasi bimbel online kemendikbud ini bisa di akses selama 24 jam nonstop melalui situs mereka.

Bimbingan Belajar (Bimbel) Online Berbayar

Selain yang gratis dari kepunyaan kemdikbud ini, ada beberapa bimbingan belajar (bimbel) yang berbayar namun harganya tidak begitu mahal dan masih terbilang cukup terjangkau oleh masyarakat luas. Berikut ini beberapa bimbingan belajar (bimbel) online yang bisa kalian gunakan dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA dengan menyesuaikan pelajaran kalian:

Zenius Educations

Bimbel Online Zenius

Apa itu Zenius?

Buat yang belum tahu, bimbel online Zenius adalah sebuah website belajar online yang disediakan untuk siswa-siswi mulai dari kelas 1 SD sampai dengan kelas 12 SMA/SMA/MA di seluruh Indonesia untuk belajar memahami materi pelajaran sekolah, latihan soal, serta mengevaluasi pembahasan soal untuk 11 mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Revisi.

Kalau kalian mengunjungi website mereka, ternyata sudah dilengkapi dengan persiapan Ujian Nasional (USBN + UNBK), SBMPTN, dan Ujian Mandiri masuk Perguruan Tinggi. Selain itu, mereka juga menyediakan akses belajar yang praktis dan fleksibel seperti tempat les atau kursus lainnya. Mulai menggunakan laptop, komputer ataupun dengan menggunakan smartphone yang kalian miliki.

Gimana Cara Daftar Zenius?

Buat yang masih bingung gimana cara belajar les atau kursis di bimbel zenius ini, kalian bisa langsung ikutin langkah dibawah ya:

  1. Kunjungi website zenius.net
  2. Klik SIGN UP pada bagian kanan atas
  3. Tuliskan email aktif, nama panggilan dan password yang akan kamu gunakan
  4. Klik Daftar, jangan lupa cek email kamu untuk verifikasi akun
  5. Selesai

Kalau cara diatas terlalu rumit dan kalian tidak bisa, kalian juga bisa mendaftarkan diri menggunakan akun facebook, twitter atau menggunakan akun google kalian lho. Tidak ada kata sulit untuk mengikuti les atau kursus untuk pelajaran kalian dan memperbanyak soal latihan kalian sendiri.

Dimana Download Aplikasi Zenius?

Zenius App merupakan salah satu aplikasi bimbingan belajar secara online yang lengkap, praktis dan terjangkau. Untuk kalian yang mau mencoba aplikasi les atau kursus bimbel yang satu ini, silahkan dapatkan aplikasinya di app store atau google play kalian masing-masing, ya.

Ruangguru

Bimbingan Belajar Bimbel Online Ruang Guru

 

Apa Itu Ruangguru?

Bimbel Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Kami telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta soal konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Gimana Cara Daftar Ruangguru?

  • Buka dan masuk aplikasi Ruang Guru.
  • Kemudian isi data diri anak yang ingin menggunakan aplikasi Ruang Guru.
  • Lengkapi data orang tua seperti nama orang tua dan juga nomor HP dari orang tua.
  • Jika sudah selesai mengisi data diri orang tua murid atau wali murid, kini Anda bisa langsung mendaftarkan diri dengan mengisi nomor HP, kelas (TK/SMP/SMA/dll), wilayah tempat tinggal, dan kota/kabupaten.

Dimana Download Aplikasi Ruangguru?

Untuk aplikasinya sendiri, kalian bisa mendapatkan dalam 3 versi. Untuk desktop, android dan juga iOs. Silahkan kalian gunakan google play dan apps store kalian di smartphone masing-masing ya.

Ketiga hal diatas adalah beberapa bimbingan belajar (bimbel) online yang bisa gue bagikan untuk kalian untuk memahami pelajaran sekolah secara online. Sebenarnya, ada beberapa lagi aplikasi bimbel online ini, seperti quipper dan lainnya. Untuk yang lainnya, kalian bisa dapatkan informasinya melalui artikel lainnya, ya.

Jadi, kalian sudah menggunakan Rumah Belajar, Zenius atau Ruangguru sebagai teman belajar dirumah sebagai media bimbel online yang kalian perlukan?

4 Replies to “Bimbel Online, Akses Mudah Belajar Dari Rumah! Ini Daftar…”

  1. Betul banget, disaat ini sangat di perlukan dan digunakan bimbel online. Saya baru tahu tentang Zenius. Thanks sharingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *