Cara Mengatur Keuangan Menjelang Persiapan Menikah

Cara Mengatur Keuangan

“Kapan nikah? Kapan Merit? Kapan Ngelamarnya?” Ah, itu pertanyaan yang kalian takutkan bukan? Apalagi kalau udah menjelang lebaran, gak tau cara mengatur keuangan dan bertemu dengan keluarga besar pastinya. Padahal, menikah itu bukan perkara mudah seperti yang kalian bayangkan. Ada adat istiadat yang berlaku, etikanya dan lain sebagainya. Setidaknya itu buat gue ya, ga tau kalau menurut kalian.

“Nikah mah ga usah repot-repot, cukup dateng ke keluarganya, datengin penghulu, selesai udah!” Gampang? Tidak seperti yang terlihat dan tertulis kaya diatas lho, banyak hal didalamnya termasuk kesiapan hati, persiapan mental, finansial, gimana cara mengatur keuangan dan lain-lain, ini tidak menutup kemungkinan untuk mempersiapkan keuangan untuk keperluan tersebut.

Untuk kalian yang punya pasangan dan kota tempat tinggalnya sama, masalah finansial dan keuangan untuk transportasi keluarga besar kalian (apalagi cowok) sepertinya tidak begitu dipermasalahkan. Lantas, bagaimana untuk kalian yang berbeda kota tempat tinggal? Waduh, ini harus kalian pertimbangkan dengan matang. Gimana ga? Ga mungkinkan kalian pergi melamar dan mendatangi keluarga pasangan kalian semuanya.

Cara Mengatur Keuangan

Mengatur Keuangan Sebelum Pernikahan

Dari permasalahan itu semua gue bakalan berbagi cara mengatur keuangan untuk kalian yang akan menikah sebentar lagi atau melamar pasangan kalian. Semoga, kalian juga punya cara sendiri untuk mengatur keuangan kalian ya. Lebih bersyukur lagi, apa yang gue bagikan ini bisa bermanfaat untuk finansial kalian semuanya :)

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Ini penting nih, buat kalian yang suka belanja, jajan, shopping dan lain-lainnya. Kalian harus bisa membedakan, mana barang yang menjadi kebutuhan kalian dan mana yang hanya sebatas keinginan kalian.

Banyak yang beranggapan, ketika membeli sebuah barang berdasarkan keinginan kalian belum tentu menggunakan hal tersebut. Tapi, ketika kalian membeli barang yang butuh sudah pasti kalian akan memikirkan matang-matang, uang yang akan kalian keluarkan tersebut.

Beberapa hal cara mengatur keuangan yang harus kalian perhatikan adalah seberapa besar dan seberapa sering kalian akan menggunakan barang tersebut, jika cukup sering itu memang tandanya kalian butuh akan produk tersebut dan uang kalian akan lebih maksimal ketika membeli barang tersebut.

Tentukan Pos Pengeluaran dan Pemasukan

Banyak yang tidak melakukan hal ini dengan alasan cara mengatur keuangan tersebut terlalu rumit untuk dilakukan dan tidak sedikit juga yang beranggapan cukup mencatatnya dalam pikiran kalian, padahal kita tahu bahwa sifat alamiah manusia itu sendiri adalah lupa.

Ada beberapa cara mengatur keuangan yang harus kalian tentukan pos-nya seperti pembayaran cicilan, pembayaran listrik, internet dan lain-lain. Ini penting kalian lakukan, agar kalian tahu mana dana yang harus kalian keluarkan setiap bulannya dan mana dana yang bisa kalian gunakan untuk jajan kalian. Hal ini bertujuan agar finansial kalian tidak terganggu sama sekali.

Miliki 2 Akun Rekening atau Lebih

Ini pernah gue bahas mengenai keuntungan dan alasan pembukaan rekening yang banyak disini. Pada dasarnya, pembukaan rekening yang cukup banyak bisa membuat kita mengatur pos mana yang akan disimpan di rekening A, B, C dan lainnya untuk finansial baik yang berjumlah besar atau kecil.

Ini memudahkan kita untuk melakukan monitoring terhadap pengeluaran dan pemasukan yang terjadi pada rekening yang kita miliki. Darisini, kita bisa menentukan mana pos yang bisa kita hemat mana yang bisa kita hilangkan, dan mana yang bisa kita tambah. Itulah manfaatnya dari mebuka banyak rekening bank. Untuk lebih jelas, silahkan lihat artikel gue sebelumnya.

Sedikit tips diatas semoga bisa kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari dan ada manfaatnya, apalagi sekarang sudah masuk era digital yang semua bisa kalian catat, baik dalam laptop/pc/deskop kalian atau melalui sebuah aplikasi perencanaan keuangan yang ada didalam smartphone kalian baik android atau iOs.

Berbicara mengenai aplikasi digital yang ada didalam smartphone kalian, gue menemukan aplikasi pencatatan dan perencanaan keuangan Indonesia yang namanya Fundtastic. Kalau gue cari tahu, misi utama dari aplikasi ini adalah untuk memberikan akses kehidupan yang layak ke masyarakat Indonesia melalui perencanaan keuangan. Seperti yang gue sebutkan diatas. Kalau ga percaya, lihat aja gambar dibawah ini ya.

Aplikasi Perencanaan Keuangan

Nah, dibagian atas ada yang namanya financial check-up yang gunanya kalian mencatat semua pengeluaran dan pemasukan yang kalian punya. Mulai dari biaya perjalanan kalian kalau menggunakan motor atau mobil, makan, dll. Setelahnya, kalian akan melihat seperti ini pada aplikasi kalian.

Cara Mengatur Keuangan Menjelang Persiapan Menikah

 

Aplikasi Perencanaan Keuangan Fundtastic

Selain itu, ada fitur lainnya di aplikasi FUNDtastic ini. Mulai dari fitur menghubungkan akun bank kalian sebagai pencatatan keluar masuk dana kalian, sampai fitur artikel yang bisa kalian baca untuk mendukung perencanaan keuangan kalian nantinya, kaya gambar dibawah ini.

Artikel Aplikasi Perencanaan Keuangan

Kalau emang masih bingung sama cara penggunaan, cara mengatur keuangan, membuat perencanaan kalian dengan aplikasi ini, dan lain-lain kalian bisa langsung kontak mereka di Instagram, Twitter, Facebook atau silahkan komentar di kolom komentar artikel ini, ya.

Semoga, kalian bisa menerapkan aplikasi pencatatan dan perencanaan keuangan Indonesia ini untuk kehidupan kalian sehari-hari. Nah, sekarang gimana cara mengatur keuangan kalian?

6 Replies to “Cara Mengatur Keuangan Menjelang Persiapan Menikah”

  1. Hmmm.. menurut saya caranya diatas lebih tepat cara mengatur pemasukan dan pengeluaran mas,,, hehe. yang mana dilakukan meskipun tidak menjelang menikah. Karena tipsnya mengarah ke kesehatan finansial.

    saya kira bakalan ada tips keuangan khusus untuk pernikahan, misal dengan metode arisan, menyicil sejak 2 atau 3 tahun sebelum pernikahan, atau disimpan dalam isnturmen investasi, dan lain-lain…

    but, makasih artikelnya udah memberikan refrensi aplikasi menarik ini fundtastic, bisa nih buat budgeting. biar lebih mudah dan terarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *