Ketahui 7 Tips Memilih Tas Ransel Untuk Keperluan Kalian

Ruang Pada Tas Ransel

Untuk para pengguna tas ransel, tentu akan memiliki beberapa panduan dalam memilih tas ransel yang akan digunakan. Hal tersebut akan menyesuaikan dengan kebutuhan kalian, apakah digunakan untuk keperluan naik gunung, menyimpan laptop dalam tas tersebut atau yang lainnya. Selain itu, bahan yang digunakan pada tas ransel tersebut juga akan berpengaruh.

Tips Memilih Tas Ransel Sesuai Kebutuhan

Sebenarnya, ada beberapa cara dalam memilih tas ransel yang sesuai dengan keperluan kalian. Mulai dari fungsi dari tas tersebut, sampai dengan ingin kalian gunakan kemana tas ransel yang kalian beli itu. Berikut ini beberapa cara memilih tas ransel sebelum kalian membeli dan menggunakannya:

Pertimbangkan Ukuran Tas Ransel

Ukuran Tas Ransel

Cara memilih tas ransel yang pertama adalah dengan mempertimbangkan ukuran tas ransel yang akan kalian gunakan. Balik lagi, hal ini semuanya tergantung dengan kebutuhan kalian. Apabila kalian ingin menggunakan tas ransel untuk naik gunung atau travelling, silahkan pilih yang memiliki ukuran dalam liter. Misalnya, carrier 35L, 20L atau 14L.

Namun, kalian juga akan berbeda ukuran apabila ingin digunakan sebagai tas ransel yang membawa laptop harian kalian. Tentu kalian akan menyesuaikan ukuran tas ransel dengan laptop bawaan kalian, apakah berukuran 8 inch, 13 inch atau 15 inch. Selain itu, kalian juga akan memikirkan bahan yang kalian gunakan nantinya.

Pilih Bahan TasYang Kuat

Bahan Tas Ransel

Seperti yang gue sebutkan diatas, cara memilih tas ransel berikutnya adalah dengan memperhatikan bahan yang digunakan. Cukup banyak bahan yang digunakan pada tas ransel, seperti denim, kulit, nylon dan masih banyak lagi.

Selain bahan yang gue sebutkan diatas, ada juga tas ransel yang menggunakan bahan kain dan tentu memiliki keunggulan yang berbeda setiap jenis kain yang digunakan. Berikut ini beberapa jenis kain yang biasa digunakan pada tas ransel:

Kain Cordura

Jenis kain yang digunakan pada tas ransel ini merupakan salah satu bahan kain premium yang punya daya tahan cukup tinggi. Selain itu, kain jenis ini tidak mudah lecet dan tahan air yang membuat tas ransel menjadi lebih tahan lama saat digunakan.

Kain Taslan

Jenis kain yang kedua adalah Taslan. Salah satu jenih yang terbuat dari serat sintetis ini juga memiliki kualitas yang cukup tinggi. Meskipun, awal penggunaan kain taslan ini hanya untuk membuat jaket tetapi untuk saat ini sudah biasa digunakan untuk digunakan juga pada tas ransel.

Kain Kanvas

Jenis bahan yang satu ini terbilang sangat sesuai dijadikan salah satu bahan yang digunakan pada tas ransel. Kain ini memiliki bahan yang cukup tebal dengan tekstur yang salur serta kain kanvas sueding yang memiliki lapisan sedikit berbulu pada bagian atasnya.

Kain Suede

Kain jenis ini adalah sejenis bahan kulit yang memiliki bulu halus pada bagian permukaannya. Bahan ini cukup mirip dengan bahan beludru, tetapi lebih kuat dan membuat tampilan tas ransel telihat lebih mewah dan elegan.

Periksa Ruang Pada Tas Ransel

Ruang Pada Tas Ransel

Cara memilih tas ransel berikutnya adalah dengan memperhatikan ruang pada tas ransel tersebut. Ini dibutuhkan untuk kalian yang menggunakannya untuk naik gunung atapun digunakan untuk bekerja dengan membawah laptop untuk bekerja sehari-harinya.

Hal ini selain membuat bawaan di dalam tas ransel lebih rapih, tentu akan memudahkan kalian dalam melakukan penyimpanan barang bawaan kalian. Perlu diperhatikan, bahan yang digunakan pada tas yang memiliki ruang ini biasanya anti air (waterproof) bahkan saat ini sudah ada yang anti maling.

Memiliki Rain Cover

Rain Cover

Saat membeli tas ransel yang akan kalian gunakan, usahakan kalian memilih tas ransel yang memiliki pelindung hujan atau rain cover. Hal ini bertujuan agar ketika hujan, kalian tidak perlu takut tas kalian rembes dan mengenai bagian dalam tas.

Untuk yang belum mengetahui apa itu rain cover adalah sarung tas yang dibuat atau dikhususkan untuk melindungi tas ransel anda dari hujan maupun panas matahari agar tas anda tidak cepat rusak dan juga basah ketika hujan.

Cek Kualitas Jahitan Tas

Kualitas Jahitan Tas

Bagi para pengguna saat memilih tas ransel, biasanya akan melakukan pengecekan terhadap jahitan dari tas yang akan mereka beli. Tas ransel pria dan tas ransel wanita yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi, tidak ada benang yang putus dan resletingnya benar-benar kuat.

Ada beberapa cara untuk memeriksa jahitan dari tas ransel tersebut cukup baik, diantaranya:

  1. Jahitan terlihat halus, rapi, tidak melenceng dan tidak loncat atau mengkerut.
  2. Menggunakan bahan yang berkualitas tinggi, mulai dari benang, resleting sampai pelengkap tas lainnya.
  3. Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  4. Pada bagian yang tampak dari luar seperti resleting dan kantong pemasangannya harus presisi.

Periksa Bagian Resleting

Bagian Resleting Tas

Cara memilih tas ransel berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian resleting. Bagian ini cukup sering terjadi kerusakan dalam waktu singkat. Ada beberapa faktor yang harus kalian perhatikan sebagai penentu kualitas resleting tersebut, yaitu:

  1. Resleting harus dibuat dari material yang kokoh dan bagus.
  2. Slider yang terdapat pada resleting mudah untuk digerakkan saat anda hendak membuka dan menutup resleting tas.

Harga Tas Ransel

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat memilih tas ransel adalah dengan mempertimbangkan harga. Biasanya, tas ransel untuk kebutuhan naik gunung yang memiliki ukuran 35L akan berbeda dengan ukuran 20L.

Begitu juga dengan bahan denim ataupun kain. Tentu, akan mempengaruhi harga jual saat kalian ingin membelinya. Jangan terburu-buru saat ingin membeli tas ransel yang kalian gunakan. Perhatikan kebutuhan dan harga yang ditawarkan.

7 cara memilih tas ransel diatas bisa kalian terapkan sebelum membeli tas untuk pria ataupun wanita. Ada beberapa merek yang sesuai dengan tips diatas, namun terkadang kalian tidak cocok dengan desainnya. Silahkan kalian sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kalian saat memilih tas ransel sebelum kalian membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *