Begini 5 Tips Merawat Tas Ransel Yang Sering Digunakan

Bagian Kompartemen Tas

Untuk kalian yang sering menggunakan tas ransel saat bepergian atau membawa laptop didalamnya, tentu akan merawat tas ransel yang kalian gunakan tersebut. Apalagi, kalian sering menggunakan tas tersebut untuk naik gunung dengan ukuran tas yang cukup besar seperti 30L. Kalian harus tahu tips dan cara merawatnya agar lebih awet dan memiliki umur penggunaan lebih panjang.

5 Tips Merawat Tas Ransel Agar Lebih Awet

Untuk merawat tas, kebiasaan paling mudah yang kalian lakukan adalah dengan mencuci tas tersebut setelah digunakan. Selain itu, ada beberapa cara merawat tas ransel yang harus kalian ketahui, diantaranya:

Buka Bagian Kompartemen

Bagian Kompartemen Tas

Untuk merawat tas ransel yang kalian gunakan, saat membersihkan tas ransel tersebut harus kalian keluarkan terlebih dahulu semua isi tas dan membuka kompartemen yang ada dalam tas tersebut. Setelah itu, balik semua bagian tas dan goyang untuk menghilangkan kotoran atau debu dalam tas ransel. Setelah itu, tempatkan handuk atau lap dalam tas tersebut.

Tips merawat tas ransel ini bisa kalian terapkan untuk tas laptop kalian, atau tas ransel untuk naik gunung yang kalian miliki. Hal ini untuk membersihkan semua kotoran setelah bepergian atau setelah naik gunung.

Bersihkan Dengan Sikat Kain

Sikat Kain

Setelah membuka semua bagian kompartemen dalam tas ransel, yang kalian lakukan untuk merawat tas kalian adalah dengan membersihkan tas tersebut dengan menggunakan sikat kain. Bisa juga kalian lakukan menggunakan vakum tangan apabila kalian memilikinya.

Hal ini bertujuan agar semua debu atau kotoran dalam tas ransel kalian hilang, dan tidak merusak bagian dalam dan juga kompartemen yang ada pada tas ransel kalian. Usahakan menyikat dengan lembut agar jahitan tas kalian tidak rusak.

Jangan Gunakan Deterjen

Jangan Gunakan Deterjen

Untuk merawat tas ransel yang kalian miliki, seperti yang gue bilang diatas adalah dengan mencuci tas tersebut. Namun, sedikit tips untuk kalian agar tas ransel tersebut tetap awet digunakan adalah jangan sekali-kali menggunakan deterjen untuk mencuci tas ransel kalian.

Hal paling baik adalah hanya dengan menggosok bagian tas ransel atau kompartemen dengan menggunakan kain yang sudah dibahasi. Lap halus sampai kotoran atau debu yang menempel pada tas menghilang.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Sinar Matahari Langsung

Setelah mencuci tas ransel tersebut, tips untuk merawat tas laptop berikutnya adalah jangan menjemur tas langsung terkena matahari. Ada baiknya, kalian buka semua bagian kompartemen pada tas tersebut dan diamkan di depan kipas angin atau dalam suhu ruangan saja.

Hal ini untuk membuat tas ransel kalian lebih awet, apalagi kalian menggunakannya untuk menyimpan laptop dan membawa kemana-mana. Tas ransel yang sering terkena sinar matahari langsung akan menjadi cepat rapuh dan rusak.

Bungkus Dengan Plastik

Bungkus Tas Dengan Plastik

Setelah dicuci dan kering, simpan tas dengan membungkusnya menggunakan plastik. Pastikan plastik menutup seluruh permukaan tas, dan jangan biarkan ada bagian yang terbuka, yang memungkinkan debu masuk.

Setelah melihat beberapa cara untuk merawat tas ransel diatas, kalian bisa memilih tas ransel yang sesuai dengan kebutuhan kalian dan juga dari kemudahan dalam merawat tas tersebut. Jangan sampai salah pilih karena kalian harus tahu betul apa kegunaan tas yang akan kalian gunakan.

Apabila kalian ingin mencari beberapa tas ransel waterproof, kalian bisa baca artikel sebelumnya dimana gue sudah memberikan rekomendasi sesuai dengan dana dan kebutuhan kalian semuanya. Semoga kalian bisa merawat tas ransel yang kalian punya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *