5 Rekomendasi Kabel Data Tipe C (Type-C) Untuk Kalian Gunakan!

Material Pembungkus Kabel Data

Para produsen smartphone saat ini, sudah banyak yang menggunakan kabel data tipe c / type-c untuk produknya agar lebih baik dalam proses mengisi daya. Bukan hanya itu, kabel data tersebut juga sudah menggunakan USB 3.1 dibandingkan dengan USB 2.0. Hal ini tentu akan membuat proses pengisian daya lebih cepat, atau biasa dikenal dengan fast charging.

Cara Memilih Kabel Data Tipe C / Type-C

Oleh karena itu, cukup banyak para penjual aksesoris hp ini yang menawarkan produk kabel data tipe c dengan beragam harga yang terbilang cukup murah. Bagaimana cara memilih kabel tipe c untuk smartphone kalian? Berikut ini cara memili kabel data tipe c / type-c untuk kalian gunakan:

Pertimbangkan Ketebalan Kabel Data

Ketebalan Kabel Data

Hal pertama yang harus kalian lihat saat memilih kabel data type-c ini adalah tingkat ketebalannya. Tetapi, tidak semua merek kabel data yang tebal memiliki kualitas yang cukup bagus. Hal ini ditentukan dari material pembungkus kabel data tersebut.

Ada beberapa kabel data tipe c yang gue miliki saat ini terbilang cukup tebal, tetapi mudah terkelupas saat digunakan. Secara umum, ada beberapa material pembungkus kabel data yang digunakan antara lain nilon, PVC, dan TPE.

Perhatikan Panjang Kabel Data USB 3.0

panjang Kabel Data

Hal yang kalian perhatikan berikutnya dalam memilih kabel data type c adalah panjang pakel USB tersebut. Biasanya, para produsen smartphone menggunakan kabel USB 3.0 yang tidak terlalu panjang agar tidak merepotkan saat mengisi daya smartphone kalian.

Tetapi, para penjual aksesoris smartphone sendiri menawarkan beberapa jenis kabel usb 3.0 atau usb 2.0 dengan panjang kabel yang cukup panjang. Beberapa yang gue temukan memiliki panjang 2 meter sampai 3 meter untuk digunakan, padahal hal tersebut kurang baik dalam proses mengisi daya atau proses transfer data dari smartphone ke laptop kalian.

Memilih Material Pembungkus Kabel Data

Material Pembungkus Kabel Data

Seperti yang gue sebut diatas, cara memilih kabel data yang bisa kalian lakukan terakhir adalah dengan melihat material pembungkusnya. Apakah kabel data tersebut dibungkus dengan bahan nilon, PVC atau berbahan TPE. Hal ini akan membantu kabel data kalian menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak saat kalian gunakan.

5 Rekomendasi Kabel Data Tipe C Untuk Smartphone

Setelah mengetahui bagaimana tips memilih kabel data type-c yang gue sebutkan diatas, berikut ini gue berikan beberapa rekomendasi kabel data tipe c yang bisa kalian gunakan sehari-hari untuk mengisi daya smartphone kalian:

Orico AC40-10 Type-C Quick Charge Data Cable

Orico AC40-10

Rekomendasi yang pertama untuk kabel data tipe c yang baik adalah Orico AC40-10. Kabel data type-c ini memiliki fitur quick charge atau fast chargin dan bisa juga untuk melakukan proses transfer data dari smartphone ke laptop ataupun sebaliknya. Untuk mengisi daya smarphone yang memiliki 4200 mAh seperti P30 Pro, kabel ini hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Selain itu, bahan pembungkus kabel data ini terbuat dari PVC yang terbilang kuat dan memiliki ketahanan yang baik pada konektornya. Panjang kabel ini sekitar 150 cm atau 1,5 meter. Apabila kalian ingin yang lebih panjang atau pendek, kabel data ini memiliki 2 ukuran lainnya yaitu 0.3 m dan 2 m.

Choetech Kabel USB Charger Type C

Choetech

Rekomendasi berikutnya untuk kabel data yang bisa kalian gunakan adalah Choetech. Kabel data tipe C yang satu ini sudah support PD charge dan fast charging 3.0 yang sudah kompatibel dengan semua smartphone yang telah menggunakan USB type C. Kabel ini hadir dalam 2 pilihan panjang, yakni 1m dan 2m.

Usams U16 Voice Reactive LED Type-C USB Data Cable

Usams U16

Untuk kalian yang menginginkan lampu LED pada kabel data yang kalian gunakan, gue merekomendasikan kabel data Usams u16 untuk kalian. Selain itu, fitur volume control smart chip yang terdapat pada kabel akan bereaksi apabila kalian menyalakan musik dan akan ikut berkelip mengikuti irama lagu.

Selain fitur tersebut, kabel data type-c ini sudah menggunakan tembaga yang akan membuat proses pengisian daya dengan cepat dengan output sampai dengan 2A. Selain itu, kabel ini kompatibel dengan semua smartphone yang menggunakan port lightning, micro USB dan USB type C.

Xiaomi Tipe-C Original Kabel Data

Xiaomi Tipe-C Original

Rekomendasi kabel data type-c berikutnya datang dari pabrikan Xiaomy yang juga mengeluarkan aksesoris ini. Jangan khawatir, kabel ini juga bisa kalian gunakan untuk perangkat lain yang menggunakan port USB Type-c seperti Meizu Pro 5, ZenFone 3, Gionee S6, BLU Vivo XL, BLU Vivo 5, One Plus 2, dan Gionee elife S plus.

Dengan harga yang cukup terjangkau, kabel ini memiliki panjang 1 meter saja dan memiliki output sebesar 2A. Cocok untuk kalian yang tidak mau repot dan memiliki mobilitas yang tinggi pada kegiatan kalian sehari-hari.

Baseus Kabel Data / Charger USB Tipe C 3A

Baseus Kabel Data

Terakhir, kalian bisa menggunakan kabel data baseus yang memiliki output 3A. Proses pengisian daya hp kalian akan lebih aman, karena sudah dilengkapi dengan Chip Smart IC. Untuk proses transfer data, kalian tidak perlu takut menjadi lama. Karena, kabel ini bisa menghasilkan kecepatan transmisi sampai dengan 480Mbps.

Selain itu, material pembungkus kabel data ini terbuat dari aluminium alloy, TPE, dan kawat jalinan nilon dengan kepadatan tinggi sehingga kabel lebih awet dan tahan aus.

Sampai disini, semoga kalian tidak lagi bingung untuk memilih kabel data type-c untuk smartphone kalian. Silahkan gunakan kabel data tipe c pilihan kalian sesuai dengan rekomendasi diatas, atau dengan pilihan kalian masing–masing.