Cetak Foto? Ini Rekomendasi Printer Epson Untuk Kalian Miliki!

Cara Memilih Printer Epson

Printer epson merupakan salah satu printer untuk mencetak foto yang sering digunakan oleh beberapa orang. Bukan hanya itu, beberapa tempat usaha percetakan juga masih banyak yang menggunakan printer epson sebagai senjata utamanya. Perbedaannya hanya pada jenis dan tipe dari printer yang mereka miliki.

Cara Memilih Printer Epson Dengan Tepat

Bagi para mahasiswa, memiliki printer tentu adalah sebuah keharusan. Apalagi saat mendekati ujian akhir ataupun skripsi. Cukup banyak revisi dan menghabiskan waktu untuk mencetak dokumen dengan ukuran A4. Bayangkan, apabila tidak ada printer yang mereka miliki. Sudah menjadi sebuah kepastian bahwa banyak dana yang dikeluarkan untuk mencetak dokumen ataupun foto.

Untuk kalian para mahasiswa atau siapa saja yang ingin memiliki printer, berikut ini beberapa cara memilih printer yang perlu kalian ketahui:

Lihat Seri Printer dari Epson

Epson sendiri seperti gue bilang diatas, ada beberapa seri atau jenis printer yang mereka keluarkan. Tentu semua seri printer epson disesuaikan dengan kebutuhan yang kalian inginkan, apakah untuk mencetak dokumen, untuk mencetak foto, menggunakan koneksi wifi atau bluetooth dan lainnya. Pastikan kalian memilih seri yang tepat untuk digunakan.

Secara umum ada 4 seri printer yang bisa kalian gunakan yaitu EcoTank, WorkForce, PictureMate dan SureColor. Perbedaan yang cukup mendasar adalah kegunaannya. Berikut penjelasan mengenai seri printer epson yang gue sebutkan:

  • EcoTank. Seri printer ini memungkinkan kalian lebih menghemat tinta saat mencetak sebuah dokumen dibandingkan apabila kalian menggunakan tinta catridge. Tersedia dalam 2 seri yang bisa kalian gunakan, L untuk mencetak dokumen berwarna dan M untuk monokrom atau hitam-putih saja.
  • WorkForce. Seri printer yang satu ini cocok untuk kalian yang memiliki produktivitas yang tinggi. Kenapa? Selain bisa dibawa kemana saja, printer ini juga multifungsi. Bisa digunakan untuk mencetak dokumen, atau printer untuk mencetak foto.
  • PictureMate. Seri printer ini cocok untuk kalian yang menginginkan konektivitas menggunakan wifi ataupun kabel langsung dari kamera. Printer epson untuk cetak foto? Jelas kalian harus memilih jenis yang satu ini.
  • SureColor. Seri printer ini sanggup mencetak gambar yang kalian inginkan dengan lebih cepat, serta memiliki hasil warna yang lebih tajam. Seri ini hadir dalam berbagai ukuran mesin printer.

Lihat Jenis Printer Epson Yang Kalian Pilih

Untuk memilih printer yang tepat, selain melihat seri printer tersebut kalian juga harus melihat jenis printer eposn yang akan kalian gunakan. Secara mendasar, ada beberapa jenis printer epson yang bisa kalian pilih. Berikut ini beberapa jenis printer epson untuk cetak foto yang bisa kalian gunakan:

Pertimbangkan Fitur Printer Yang Ditawarkan

Setelah kalian melihat seri dan jenis printer untuk kalian gunakan, terakhir adalah dengan mempertimbangkan fitur yang akan kalian dapatkan. Mulai dari konektivitas, apakah menggunakan wifi atau kabel untuk memulai proses pencetakan foto atau dokumen kalian. Kemudian, cari printer yang multifungsi. Apakah dapat digunakan untuk melakukan scanning atau hanya untuk mencetak dokumen atau foto.

5 Rekomendasi Printer Epson Untuk Cetak Foto

Setelah tahu bagaimana cara memilih printer yang tepat untuk kalian, barulah kalian membeli printer epson yang sesuai dengan dana yang kalian miliki. Berikut ini beberapa rekomendasi printer epson untuk cetak foto yang bisa kalian miliki:

Epson LX-310 Dot Matrix Printer

Epson LX-310

Printer ini memiliki jenis dot matrix yang dapat mencetak dokumen carbon copy. Dengan kecepatan yang tidak perlu diragukan lagi, kalian bisa mencetak sebanyak empat lembar dalam 1 kali proses. Ukuran printer yang satu ini terbilang cukup, yaitu 36,2 cm x 27,5 cm x 15,4 cm dan dilengkap dengan koneksi USB 2.0 untuk mentransfer foto atau dokumen yang kalian ingin cetak.

Dengan harga printer 2 jutaan ini, kalian mendapatkan sebuah printer yang dapat mencetak sebanyak 357 karakter per detik. Terbilang cukup bukan?

Epson L1800 A3 Photo Ink Tank Printer

Epson L1800

Printer epson untuk cetak foto yang gue rekomendasikan berikutnya adalah L1800 ini. Printer ini cocok untuk mahasiswa yang sedang mengambil jurusan desain. Salah satu jenis printer Ink Tank ini memiliki konektivitas menggunakan Hi-Speed USB 2.0, yang memungkinkan kalian dapat mentransfer dokumen atau foto dengan cukup cepat.

Selain itu, printer ini dapat mencetak gambar atau foto sampai dengan ukuran A3+ secara borderless. Kalian bisa mendapatkan printer untuk cetak foto ini dengan harga terbilang cukup tinggi, sekitar 7 jutaan dengan dimensi printer 70,5 cm x 32,2 cm x 21,5 cm.

Epson EcoTank Monochrome M3170

Epson m3170

Untuk kalian yang ingin memiliki 1 printer yang multifungsi, tipe yang satu ini bisa kalian miliki dengan harga 5 jutaan saja. Selain untuk mencetak dokumen ataupun foto, kalian bisa juga melakukan fungsi scanner, copy, bahkan fax. Untuk penggunaan tinta, dalam 1 botol yang kalian gunakan dapat menghasilkan sampai dengan 5.000 lembar cetakan.

Dengan harga tersebut, gue merekomendasikan printer ini dikarenakan beberapa hal. Sudah menggunakan beberapa koneksi untuk proses transfer dokumen yaitu USB 2.0, WiFi, WiFi direct, ethernet. Selain itu, beberapa fitur yang diberikan seperti copy, scan, fax dan LCD panel tentu cukup untuk kalian miliki.

Epson PictureMate PM-520 Photo Printer

PM-520

Apabila kalian memiliki sebuah bisnis photobooth, printer ini gue rekomendasikan untuk kalian miliki. Dengan harga 3 jutaan, Printer ini dapat menghasilkan gambar tanpa tepian atau biasa disebut borderless. Kecepatan mencetaknya sampai 36 detik untuk ukuran foto 10 cm x 15 cm. Ditambah, terdapat layar LCD untuk membantu Anda melakukan editing foto tanpa menggunakan laptop atau komputer.

Epson WorkForce Pro WF-C5790

pro wf-c5790

Rekomendasi printer epson yang terakhir bisa gue berikan adalah jenis yang ini. Kalian bisa mendapatkan dengan harga 5 jutaan, dengan memiliki beberapa fitur seperti copy, scan, fax dan LCD panel. Selain itu, koneksinya juga terbilang cukup baik yang sudah menggunakan USB, ethernet, WiFi, WiFi Direct, NFC.

Fitur print management menjaga agar penggunaan printer lebih terkontrol oleh administrator. Mencetak dokumen rahasia juga lebih terjaga berkat adanya fitur PIN pada printer. Canggihnya lagi, Anda dapat menggunakan koneksi NFC (near-field communication) untuk mencetak dokumen.

Sampai disini, semoga kalian bisa menentukan pilihan ingin menggunakan printer dengan seri dan jenis yang mana. Kalau ada rekomendasi printer epson yang kalian ingin berikan, silahkan tulis dikolom komentar ya.