6 Alasan Aplikasi Absensi Online Penting bagi Perusahaan

Aplikasi Absensi Online

Absensi memegang peranan yang penting di dalam sebuah perusahaan. Tanpa adanya sistem absensi, maka loyalitas dan juga kompetensi karyawan tidak dapat diukur dengan mudah.

Selain itu, absensi juga umumnya dijadikan sebagai acuan dalam membayarkan gaji atau upah karyawan di perusahaan.

Seiring berjalannya waktu, sistem absensi pun berubah mengikuti perkembangan zaman. Saat ini, sistem absensi dapat dilakukan secara online. Hal ini tentunya sangat memudahkan perusahaan dan juga karyawan dalam melakukan absensi.

Aplikasi Absensi Online

Berikut ini 6 alasan mengapa pentingnya aplikasi absensi online karyawan bagi perusahaan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Lebih Praktis

Absensi secara manual tentunya memerlukan tenaga dan juga waktu. Selain itu, absensi dengan cara manual juga dinilai lebih “ribet” dibandingkan absensi secara online.

Saat ini, absensi online sudah dibekali dengan teknologi-teknologi yang terbilang cukup canggih, seperti fingerprint, face ID, scan kartu, dan sejenisnya. Cara ini memungkinkan karyawan dalam melakukan absensi tanpa harus menuliskannya dalam form dan menginputnya sendiri ke dalam sistem.

Dari segi perusahaan sendiri, cara ini dapat memudahkan tim manajemen dalam memantau kehadiran karyawan secara mudah, cepat, dan praktis tentunya.

Data yang Ditampilkan Real-Time

Dengan menggunakan absensi online, tim manajemen dapat melihat data kehadiran karyawan secara real-time dimanapun dan kapanpun dibutuhkan.

Hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan pada sistem absensi manual. Sebab, data yang ada pada absensi online tidak bisa diakses secara langsung dan real-time, serta membutuhkan waktu dalam pemrosesannya.

Meningkatkan Keamanan

Umumnya, sistem pada absensi online menggunakan sistem penyimpanan cloud. Sistem penyimpanan cloud dinilai memiliki tingkat keamanan yang tinggi, sehingga data-data penting yang berkaitan dengan karyawan dapat disimpan dengan baik pada server penyimpanan khusus.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir akan data yang hilang atau dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Meminimalisir Kecurangan

Mayoritas absensi online yang ada saat ini, menggunakan sistem absensi biometrik. Artinya, proses absensi dilakukan dengan menggunakan anggota tubuh sebagai pemicunya, seperti sidik jari, wajah, retina mata, dan sejenisnya.

Sistem ini memungkinkan perusahaan dalam meminimalisir terjadinya kecurangan dalam melakukan absensi, seperti titip absen, ataupun kecurangan-kecurangan lain yang sering ditemukan pada sistem absensi yang lama.

Dengan begini, perusahaan dapat mengurangi kerugian-kerugian yang ditimbulkan dari “oknum” karyawan yang melakukan kecurangan pada sistem absensi perusahaan.

Efisien dan Transparan

Tidak hanya perusahaan, karyawan pun memerlukan data absensi yang mereka miliki. Dari data tersebut, karyawan dapat memeriksa beberapa benefit yang mereka punya, seperti berapa sisa cuti yang mereka punya, atau sudah berapa kali mereka absensi, dan lain sebagainya.

Selain transparan, sistem pada absensi online juga dinilai lebih efektif dan efisien. Sehingga, karyawan maupun tim manajemen dapat dengan cepat dan mudah melakukan hal-hal yang berhubungan dengan absensi karyawan atau pegawai.

Terintegrasi dengan Sistem Lainnya

Alasan yang terakhir yaitu mayoritas aplikasi absensi online yang ada saat ini, sudah terintegrasi dengan sistem-sistem lainnya, seperti payroll, performance management, reimbursement, hingga pelatihan dan pengembangan karyawan.

Hal ini tentunya sangat membantu perusahaan dalam mengelola aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan SDM perusahaan.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 alasan aplikasi absensi online penting bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan. Semoga artikel kali ini bermanfaat, ya!

2 Replies to “6 Alasan Aplikasi Absensi Online Penting bagi Perusahaan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *