Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan Blog dan WebsitePerbedaan Blog dan Website – Ada banyak pendapat mengenai beberapa Perbedaan Blog dan Website,walaupun pendapat orang satu sama lain berbeda tapi semua pendapat benar dan tidak ada yang salah. Saya juga mempunyai pendapat sendiri mengenai Perbedaan Blog dan Website.

Menurut saya sebenarnya blog itu juga bisa disebut website. Kedua-duanya memiliki alamat yaitu URL. Namun,ada Beberapa hal yang  membedakan antara blog dan website dan ini menurut pandangan saya mengenai Perbedaan Blog dan Website.

Istilah  blog diambil dari Weblog yang intinya berarti online diary atau journal. Catatan diary dibuat berdasarkan tanggal dan begitu pula dengan artikel dalam blog. Meskipun bergaya jurnalistik dan diary, blog sekarang ini tidak hanya berisi tentang kehidupan pribadi si pembuatnya.Website bersifat terlalu teknik walaupun menggunakan content management system (cms) yang pintar, untuk membuat sebuah website berada diluar jangkauan kemampuan rata-rata pengguna internet tapi tetap membuat masalah dalam menambahkan isi setiap harinya.

Perbedaan lagi  jika dibandingkan dengan website  dan blog adalah fungsi komentar. Setiap artikel yang dibuat pada blog mempunyai kotak yang membuat siapapun bisa membuat komentar pada artikel tersebut. Ini yang mengubah website dari sarana satu arah menjadi sarana komunikasi dua arah. Pembaca bisa langsung berkomunikasi dengan pemilik atau penulis, membuat perkacapan yang dimulai oleh artikel dan pada intinya mengubah blog menjadi sebuah komunitas.

Jadi apakah Blog itu sama dengan Situs Web?

Pada Web 2.0, suatu situs web memuat konsep yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas, sharing informasi dan kolaborasi diantara penggunanya. Dengan konsep ini maka pada perkembangannya sekarang didalam suatu situs web terdapat layanan-layanan hosting seperti social-networking sites, wikis, blogs, and folksonomies.(Wikipedia)

Jika kita lihat definisi diatas maka Blog bisa dikatakan merupakan bagian dari suatu situs Web, dimana pada blog kita bisa lebih mudah untuk berinteraksi dengan sesama pengguna dan mudah untuk mengupdate isinya.

Nah,sekian dulu tilisan saya ini semoga teman – teman semuanya dapat mengerti Perbedaan Blog dan Website.

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata “Terren” yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.

4 5
Oleh


9 comments on “Perbedaan Blog dan Website

  1. hehe ,, Info nya sangat bermanfaat bang ,, thx yaa..
    mungkin sudah takdir saya blogwalking kesini , jadi saya pas posting ”nggak” salah pas nulis artikel .. heehee

  2. maaf mas.,mo nanya..klo kita membuka hlaman blog di blogger.,trus alamat web sama url ny yang mana ya..?? n gimana cara ngliatnya…
    thanks..:-)
    mklum,msih blajar..he..he..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *