Cara Mengamankan Jaringan Komputer

Ada banyak cara mengamankan jaringan komputer atau cara menjaga jaringan komputer kalian. Mulai dari menggunakan firewall atau aplikasi lain.


Ada banyak cara mengamankan jaringan komputer atau cara menjaga jaringan komputer kalian. Mulai dari menggunakan firewall atau aplikasi lain. Sebelum lebih detail, mari gue jelaskan apa itu firewall agar kalian lebih jelas lagi mengenai pengamanan jaringan komputer kalian. Tapi, pada dasarnya untuk mengamankan jaringan ini terbagi menjadi 2 hal..

Pertama, menggunakan autentikasi dan yang kedua adalah enkripsi. Apa itu autentikasi? Apa itu enkrpsi? Bagaimana firewall bekerja? Gue jelaskan dibawah ini ya. Sebelumnya, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan yang namanya firewall, apa itu?

firewall adalah sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi melindungi komputer dari beragam jenis serangan dari komputer luar. Firewall memonitor dan mengontrol semua lalu lintas jaringan masuk dan keluar yang kamu lakukan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan.

Beberapa Cara Mengamankan Jaringan Komputer

Cara Mengamankan Jaringan Komputer

Menggunakan Autentikasi Komputer

Autentikasi adalah sebuah proses pengenalan peralatan, sistem operasi, kegiatan aplikasi dan identitas user yang terhubung dengan jaringan komputer. Autentikasi di mulai pada saat user login ke jaringan dengan cara memasukan password. Beberapa tahap dalam autentikasi adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Pengertian Access Point Dan Fungsinya
  • Data link layer dan network layer adalah autentikasi mengetahui lokasi dari peralatan pada suatu simpul jaringan.
  • Transport layer adalah autentikasi untuk mengenal sistem operasi yang terhubung ke jaringan.
  • Session dan presentation layer adalah autentikasi untuk mengetahui fungsi atau proses yang sedang terjadi di suatu simpul jaringan.
  • Aplikasi yang di gunakan adalah autentikasi untuk mengenali user dan aplikasi yang di gunakan.

Menggunakan Enkripsi

Enkripsi Adalah Tehnik pengkodean data yang berguna untuk menjaga data atau file di dalam komputer maupun pada jalur komunikasi dari pemakai yang tidak di kehendaki.

Faktor Penyebab Resiko Jaringan Komputer

  1. Human Error.
  2. Kelemahan hardware komputer.
  3. Kelemahan sistem operasi jaringan.
  4. kelemahan sistem jaringan komunikasi.

Dari beberapa hal yang gue sebutkan diatas, semoga kalian bisa menggunakannya. Contoh menjaga keamanan jaringan diatas adalah cara paling mudah untuk kalian lakukan. Akan berbeda lagi ketika kalian sudah menggunakan mikrotik dan lain sebagainya, itu akan gue jelaskan diartikel lainnya ya. Kalau kalian ada beberapa cara mengamankan jaringan komputer yang kalian tahu, silahkan tulis dikomentar ya.

Baca Juga  Pengertian Kabel Straight Dan Cross Pada Jaringan

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *