Pengertian Access Point Dan Fungsinya

Pengertian Access point Dan Fungsinya

Untuk yang baru belajar mengenai jaringan, tentu akan mencari pengertian access point dengan lengkap. Apa sih fungsi dari access point itu? Fungsi access point itu sendiri ibaratnya sebagai Hub atau Switch di jaringan lokal. Access point inilah yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless kalian.

Di access point inilah koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio. Ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal semakin luas jangkauannya. Ada dua buah perangkat wireless, satu buah jenis wireless Access Point (AP) dan yang lainnya Wireless Cable/DSL Router.

Pengertian Access point Dan Fungsinya

Kedua perangkat ini sudah lama tidak difungsikan secara optimal. Untuk perbedaannya sendiri kalian bisa lihat diartikel saya lainnya mengenai perbedaan wireless router dan access point.

Pengertian Access Point Dan Fungsinya

Interface untuk mengatur setting AP dilakukan dengan memasukkan alamat IP perangkat AP melalui browser, beberapa konfigurasi dilakukan, diantaranya dengan:

  1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
  2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy(WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
  3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
  4. dsb

Untuk penjelasan masalah IP atau internet protocol ini, kalian bisa cari tahu pengertian IP yang sudah gue tuliskan untuk kalian semuanya.

Upgade Firmware

Biasanya perangkat yang mempunyai firmware semacam AP akan menyediakan upgradefirmwareuntuk melakukan perbaikan, bahkan dengan upgrade firmware akan ada fungsi tambahan atau baru. Langsung saja cari firmware terbaru untuk AP di website vendor.

Ternyata sudah ada beberapa release terhadap firmware lama yang ada di AP, download firmware versi terakhir. Firmware yang di download berbentuk file executable, jalankan file tersebut akan melakukan decompress dan menghasilkan file README dan firmware update.

Proses upgrade dapat dilakukan secara mudah, yaitu langsung dilakukan melalui browser, masukkan file firmware update, kemudian klik sumbit, dalam waktu kurang dari satu menit proses upgrade selesai dan firmware baru langsung terpasang. Reset ke default factory setting dilakukan sesuai rekomendasi Vendor yang ada di file README.

Upgrade firmware memberikan hasil yang sangat memuaskan, yaitu DHCP server dapat berfungsi dengan baik dan tersedianya fasilitas tambahan/baru yaitu perangkat wireless sekarang fungsinya menjadi tiga jenis:

  1. Access Point (fungsi default)
  2. Client Bridge Mode
  3. Repeater Mode

Beberapa artikel yang berkaitan dengan access point lainnya bisa kalian baca artikelnya seperti dibawah ini:

Sekian informasi sederhana saya mengenai pengertian access point dan fungsinya. Jika ada kekurangan dalam penjelasan artikel sederhana saya ini,mohon dikoreksi pada kolom komentar setelah artikel pengertian access point dan fungsinya.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *