Membuat Form Login Sederhana Menggunakan Visual Basic

Membuat Form Login Sederhana

Membuat form login sederhana biasanya digunakan untuk yang baru belajar visual basic. Sekarang, gue ajarin kalian cara membuat form login. Mengapa saya berikan cara membuat form login ini? Karena, banyak teman-teman mahasiswa yang belum mengerti bagaimana cara membuatnya. Entah apa alasannya, gue juga kurang tahu.

Untuk kalian yang ingin membuat tugas akhir ataupun tugas praktik, saya sudah memberikan contoh program sederhana VB yang bisa kalian gunakan, tapi untuk kalian pahami akhirnya saya buatkan juga contoh sederhana lainnya dengan menggunakan form login, tentunya dengan menggunakan visual basic.

Baiklah, biar kalian gak bingung lagi silahkan dilihat sendiri aja ya gimana cara membuat form login menggunakan visual basic ini.

Membuat Form Login Sederhana

Cara Membuat Form Login Sederhana

Hal yang sangat sederhana dalam membuat sebuah aplikasi pada program aplikasi yaitu membuat sebuah form untuk kalian masuk kedalamnya. Kenapa gue bilang demikian? Karena, selain sebuah program akan digunakan oleh semua usernya, faktor keamanan dalam sebuah aplikasi pun harus kita perhatikan juga bukan?

Percuma saja, jika kita sudah membuat sebuah aplikasi yang cukup bagus namun tidak ada faktor keamanannya dan bisa saja disalah gunakan oleh tangan yang tidak bertanggung jawab. Pada aplikasi sederhana ini saya buatkan form login dengan sangat sederhana dan tidak menggunakan sebuah script yang aneh. Hanya menggunakan beberapa komponen yang ada dari visual basic 6.0 itu sendiri.

Untuk yang penasaran dengan cara membuat sebuah form login ini, kalian semua bisa mendapatkannya secara gratis. Silahkan klik link dibawah ini dan aplikasi form login sudah bisa kalian gunakan, baik untuk keperluan tugas ata ubahan sesuai yang kalian inginkan.

  • http://www.ziddu.com/download/17991778/LgoinForm.zip.html

Memang ada kesalahan dalam menuliskan file folder aplikasi ini, namun program yang saya buatkan berjalan dengan sempurna. Kalian bisa menggunakannya untuk apapun, silahkan diubah sesuai dengan apa yang kalian butuhkan, ya.

Membuat Form Login Sederhana Menggunakan Visual Basic

1. Bukalah Program VB, lalu buatlah 2 buah form, biarkan nama form tetap pada default (Form1, Form2)

2. Pada Form1 (di Propeties : Caption ubah dengan nama FORM LOGIN) dan tambahkan komponen seperti: 3 buah label (Captionnya : FORM LOGIN, Username : , Password. 3 buat textbox (Textnya : kosongka, dan pada textbox2 pada PasswordChar : isikan tanda tanya (?)). Dan 2 buah command button ((Captionnya : LOGIN dan EXIT ) .

3. Pada Form2 (di Propeties : Caption ubah dengan nama MENU) dan tambahkan komponen berikut: 1 buah label (Captionnya : MENU UTAMA).

4. Buka form1 atau form loginnya. tapi akan saya jelaskan terlebih dahulu bahwa kita akan membuat suatu form login dimana jika orang salah memasukkan username atau password sampai 3 kali maka program tersebut akan tetutup dengan sendirinya. Dan disetiap orang tersebut salah memasukkan username atau password maka akan muncul message box peringatan

Kalau begitu mari kita mulai dengan menuliskan kode untuk tombol EXIT / command2 dan berikut kodenya :

Private Sub Command2_Click()

pesan = MsgBox(“Anda Yakin Mau Keluar ??”, vbQuestion + vbYesNo, “Question”)

If pesan = vbYes Then

End

Else

Form1.SetFocus

End If

End Sub

5. Selanjutnya membuat kode untuk tombol LOGIN / command1 dan berikut kodenya:

Dim login As Integer

Private Sub Command1_Click()
User = Text1.Text
Password = Text2.Text
If User = “edwin” And Password = “123” Then
MsgBox “Selamat Datang”
Form2.Show
Form1.Hide
Else
login = login + 1
MsgBox “Anda salah memasukkan PassWord ” & login & ” kali”
If login = 2 Then
MsgBox “Kesempatan Anda 1 kali lagi”, vbExclamation
End If
If login = 3 Then
MsgBox “Anda sudah salah memasukkan PassWord 3 kali, maka program ini akan kami tutup!”, vbCritical
End
End If
End If
End Sub

6. Setelah semua selesai cobalah dengan menekan F5 dan masukkan user dan password dengan benar.

Sekian dulu sedikit mengenai aplikasi program yang saya bisa saya berikan. Sesekali saya ingin berbagi mengenai aplikasi program yang memang saya tekuni dari dahulu sebelum saya mengenal dunia blog. Kalau diantara kalian ada yang punya cara lain, silahkan tulis bagaimana cara kalian untuk membuat form login sederhana.

4 Replies to “Membuat Form Login Sederhana Menggunakan Visual Basic”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *