Contoh Koneksi Database Pada VB

Contoh Koneksi Database

Contoh koneksi database kali ini gue buat menggunakan visual basic (vb). Gimana cara membuatnya? Semuanya gue bagikan diartikel ini. Sebenarnya, buat apa sih koneksi database ini? Kalau kalian membuat program sederhana vb kalian akan tahu, karena akan cukup banyak digunakan dalam membuat sebuah program.

Koneksi database sebenarnya tidak hanya pada aplikasi visual basic saja. Untuk beberapa bahasa program yang akan kalian buat, pasti dibutuhkan sebuah koneksi database didalamnya. Database yang gue gunakan di contoh koneksi kali ini yang gue gunakan adalah Microsoft Acces, tapi kalian bisa mengubahnya jika ingin menggunakan database lain pada aplikasi kalian. Sebelumnya, kita kenalan dulu sama database yuk!

Apa Itu Database atau DBMS?

Database adalah atau Basis data dapat didefinisikan atau diartikan sebagai kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (software) program atau aplikasi untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang kemudian disimpan.

Jenis Pembagian Database atau Basis Data

  1. Basis data flat-file. Basis data ini ideal untuk data berukuran kecil dan dapat dirubah dengan mudah. Pada dasarnya, basis data flat-file tersusun dari sekumpulan string dalam satu atau lebih file yang dapat diurai untuk mendapatkan informasi yang disimpan.
  2. Basis data relasional. Basis data relasional menggunakan sekumpulan tabel dua dimensi yang masing-masing tabel tersusun atas baris (tupel) dan kolom (atribut).

Cara Membuat Koneksi Database Pada VB

Contoh Koneksi Database

Contoh koneksi yang sudah gue buatkan kalian bisa dapatkan didalam file ini. Silahkan dapatkan filenya, gunakan sebaik-baiknya dan pelajari alur logikan. Kalian bisa gunakan aplikasi ini untuk keperluan apapun, baik itu tugas perkuliahan ataupun yang kalian inginkan. Kalau sudah, kalian tinggal pelajari file tersebut ya. Kalau bingung, ikuti langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi vb anda lalu klik open.
  • Setelah masuk ke menu awal aplikasi vb , lihat pada Project Eksplorer dan pada folder Forms kita klik kanan >> Add >> Data Environment.
  • Untuk mengkoneksikan Connection1 ke database klik kanan pada Connection1 lalu properties.
  • Pilih Microsoft OLE DB Provider for ODBC Drivers lalu Next.
  • Setelah itu akan muncul Machine Data Source pilih New.
  • Lalu akan muncul Create New Data Source.
  • Setelah di next akan muncul Mysql Connector dan untuk database yang ingin saya koneksikan adalah prm_cstore , klik test bila muncul pesan Connection successful berarti koneksi berhasil lalu klik Ok >> Ok.
  • Setelah di ok maka akan kembali ke halaman Select Data Source dan data Source name Administrator yang sudah kita buat akan muncul , klik Administrator lalu klik ok.
  • Akan muncul tampilan seperti berikut setelah itu isikan user name : root >> Test Connection lalu Ok.
  • Pada Conncetion1 kita klik kanan lalu Add Command , ini di gunakan untuk mengkoneksikan vb ke tabel database yang sudah di koneksikan.
  • Langkah selanjutnya adalah klik kanan pada Command1 lalu pilih properties.
  • Setelah tabel yang akan di koneksikan telah di pilih dan yang kita pilih adalah tabel sys_menu lalu klik Advance.
  • Lock Type pilih 3- Optimistic >> klik Apply lalu OK.
  • Command1 sudah terkoneksi.

Udah ya, sekian aja informasi yang bisa gue kasih buat kalian. Silahkan ditanyakan kalau memang ada yang masih bingung untuk cara koneksi database menggunakan visual basic yang ada didalam file tersebut. Kalau ada yang punya cara lain, kalian bisa langsung berkomentar atau membagikan pengalamannya silahkan dikolom komentar atau siapa tahu ingin memberikan contoh koneksi database lainnya.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

One Reply to “Source Code Anti Virus Dengan VB6”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *