Cara Membuat Koneksi Database VB 6 Dengan MySQL

Koneksi Database VB 6 MySQL

Koneksi Database VB 6 MySQL, gimana caranya? Diartikel sebelumnya gue kasih contoh koneksi ke Access. Sekarang, kita belajar ke MySQL. Saya beranggapan kalian semuanya sudah belajar tentang dasar-dasar visual basic 6, ya. Karena, diartikel ini hanya akan membahas tentang bagaimana Visual Basic 6 dapat berkomunikasi aplikasi database MySQL.

Membuat Koneksi Database VB 6 Dengan MySQL

Koneksi Database VB 6 MySQL

Buatlah prosedur baru pada form yang kalian buat atau pada module kalian. Perlu dipastikan jika di module, prosedur yang kalian gunakana adalah Public sehingga dapat dipanggil dari form utama teman-teman. Berikan nama prosedur itu yang mewakili dengan koneksi anda. Misalnya, gue buat dengan nama buat koneksi.

Prosedur untuk melakukan koneksi database yang gue buat adalah sebagai berikut:

Private Sub buat_koneksi()

Dim ConnString As String

Dim db_name As String

Dim db_server As String

Dim db_port As String

Dim db_user As String

Dim db_pass As String

//error traping

On Error GoTo buat_koneksi_Error

‘/isi variable

db_name = “databaseku”

db_server = “localhost” ‘ganti jika server anda ada di komputer lain

db_port = “3306” ‘default port is 3306

db_user = “root” ‘sebaiknya pakai username lain.

db_pass = “password_anda”

‘/buat connection string

‘/buat connection string

ConnString = “DRIVER={MySQL ODBC 3.51 Driver};SERVER=” & db_server & “;DATABASE=” & db_name & “;UID=” & db_user & “;PWD=” & db_pass & “;PORT=” & db_port & “;OPTION=3”

‘/buka koneksi

With Conn

.ConnectionString = ConnString

.Open End With

‘_

On Error GoTo 0

Exit Sub

buat_koneksi_Error:

MsgBox “Ada kesalahan dengan server, periksa apakah server sudah berjalan !”, vbInformation, “Cek Server”

End Sub

Untuk memanggil prosedur diatas, kalian cukup panggil di form dengan mengetik call buka_koneksi atau bisa langsung buka_koneksi saja. Tapi, jangan lupa untuk membuat object Conn dulu dan biasanya variable Conn ini dibuat secara Public di MySQL sehingga bisa dipanggil dimana saja.

Biasaya saya buat disuatu Module yang isinya adalah koleksi variable Public. Nyatakan variable tersebut dengan menuliskan:

Public Conn As New ADODB.Connection

Seperti biasa, ketika anda menutup aplikasi, anda harus menutup dulu koneksi anda ke MySQL. Biasanya prosedur tutup koneksi ini saya taruh di blok MDIForm_Unload.

If Conn.State = adStateOpen Or Conn.State = adStateConnecting Then
Conn.Close
Set Conn = Nothing
End If

Mungkin sekian dulu sedikit artikel saya mengenai bagaimana caranya melakukan koneksi database dengan MySQL ini. Semoga teman-teman semuanya dapat memahami dan mengerti mengenai artikel ini. Kalau ada yang punya cara lain, boleh dong dishare gimana cara kalian untuk melakukan koneksi database vb 6 MySQL.

4 Replies to “Cara Membuat Koneksi Database VB 6 Dengan MySQL”

  1. untuk sintak atau kode2 sqlnya berpengaruh ngak… saya ingin impor database mysql ke acces ntar aplikasi vbnya dan acces kita burn di cd sebagai preview aplikasi VB sebenanrnya yg databasenya mysql. untuk itu apa hanya perlu ganti databse koneksinya trus masalah format data tanggal di acces dan myql yang berbeda bagaimana penyelesaiannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *