Pengertian Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing

Apa sih pengertian digital marketing? Apa itu digital marketing? Emang ada berapa jenis digital marketing itu? Artikel ini akan bahas itu. Sebenarnya, digital marketing adalah suatu aktivitas dalam usaha atau bisnis untuk memasarkan produk atau jasa dan mempromosikan merek dagang melalui media digital, contohnya internet.

Pengertian Digital Marketing

Menurut survey yang dilakukan pada tahun 2013 yang lalu, pengguna internet mencapai angka 74 juta. Bayangkan, betapa efektifnya ketika kita sebagai search engine marketing Melakukan sebuah kampanye digital melalui internet. Sudah menjadi barang pasti, apa yang kita iklankan melalui search engine ataupun yang lainnya akan sangat efektif.

Apa Itu Pengertian Digital Marketing?

Digital Marketing menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Beberapa aktivitas digital marketing diantaranya adalah website perusahaan, social media, online advertising, direct marketing dan lain sebagainya.

Manfaat Digital Marketing

Terhubung

Dengan digital marketing, hubungan bisnis anda dengan konsumen menjadi sangat dekat bahkan real time.

  1. Dapat melayani pelanggan kapanpun dimana pun. Bahkan bisa dilakukan secara otomatis. Misalnya dengan chatbot atau sekedar form pemesanan otomatis.
  2. Mampu menjangkau konsumen lebih luas. Misal dengan FB Ads, hanya dengan biaya minim, mampu menjangkau provinsi manapun yang kita inginkan, atau bahkan negara manapun yang ingin kita jadikan target market

Data

Manfaat digital marketing yang terpenting adalah data. Dengan digital marketing memungkinkan kita mengakses berbagai data. Mulai data yang berhubungan dengan marketing. Ini memudahkan kita menjawab pertanyaan seperti, seberapa efektifkah pemasaran yang dilakukan selama sebulan? Seberapa baik kampanye brand awarenessyang telah dilakukan untuk bisnis kita? Dan banyak pertanyaan lain yang sulit dijawab jika menggunakan marketing tradisional.

Data juga bisa berbentuk info mengenai pelanggan serta calon pelanggan yang lebih mendetail. Mulai dari data demografi, hingga behavior yang nyaris tak mungkin didapat kecuali dengan teknologi digital. Jauh berbeda dengan marketing konvensional. Yang tentunya hal ini akan membuat bisnis anda lebih mudah untuk mengadopsi data-driven marketing (marketing berbasis data).

Jika Anda ingin mempelajari digital marketing secara mendalam, kalian semua bisa berkonsultasi ke konsultan digital marketing atau beberapa agensi digital marketing. Mungkin sampai disini teman-teman semuanya masih bingung mengenai apa sebenarnya digital marketing tersebut.

Ketika ada yang kurang dalam penjelasan saya pada artikel kali ini silahkan ditambahkan pada kolom komentar yang sudah saya sediakan setelah artikel sederhana ini mengenai pengertian digital marketing.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA