Cara Mendaftar JKN Secara Online

Mendaftar JKN Secara Online

Mendaftar JKN secara online saat ini sepertinya memang dibutuhkan. Kali ini gue akan jelaskan bagaimana cara mendaftar JKN dengan mudah. Sebelum jauh mengenai bagaimana cara mendaftar JKN ini dari gadget atau smartphone kalian, lebih baik gue kasih tahu dulu buat yang belum tahu apa itu JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia.

Cara Mendaftar JKN Secara Online

Apa Itu JKN?

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah program jaminan sosial yang diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Pertanyaan saya yang muncul adalah ketika saya mencoba bertanya kepada beberapa teman, “Bro, lu udah daftar JKN belum?” Dari beberapa yang saya tanyakan, ternyata kebanyakan dari mereka belum mencoba mendaftarkan dirinya dengan berbagai alasan yang mereka utarakan salah satunya adalah “Males bro, antrinya lama banget. Mana padet banget di BPJS sana. Males gw!”

Sebenarnya, pemerintah Indonesia sudah mencanangkan bahwa kepesertaan JKN itu bersifat WAJIB untuk warga negara Indonesia dan juga warga negara asing yang tinggal minimal 6 bulan di Indonesia. Nah, kali ini saya mencoba memberikan sebuah informasi tentang “gimana sih cara daftar JKN dari hp kalian?” Sebelum kalian mendaftarkan diri yang paling penting adalah siapin beberapa hal dibawah ini:

  • Kartu Keluarga dan KTP,
  • NPWP Pendaftar, dan
  • Nomor Rekening Bank (Mandiri, BNI atau BRI).

Cara Mendaftar JKN Secara Online

  • Masuk ke situs bpjs. Biar tidak terlalu lemot, saran saya mah bukanya malam hari aja atau ya terserah kalian sih mau bukanya kapan.
  • Setelah  masuk, klik  menu di sisi kiri halaman website tersebut untuk pendaftaran online.
  • Setelah mngklik menu tersebut kita akan diarahkan untuk  masuk ke  formulir pendaftaran. Tapi kita bisa membaca dulu ketentuan  yang ada di halaman utama, jadi terserah deh mau kalian baca atau ga. Tapi saran saya, lebih baik dibaca terlebih dahulu biar paham.
  • Untuk mengisi  halaman formulir alamat, sebagai tips  untuk mengisi  data kota, kecamatan, dan kelurahan saya  agar pilihannya muncul, jangan klik filter langsung di sebelahnya. Jadi misalnya nih, saya ingin mengisi alamat saya di kota Jakarta. Saat memilih propinsi, saya klik dulu filter di kolom Propinsi, begitupun selanjutnya.
  • Selesai mengisi  halaman  Alamat,  jangan lupa untuk mengisi  halaman Fasilitas Kesehatan Tingkat I.
  • Selesai Mengisi  formulir Faskes,  selanjutnya  tinggal mengisi halaman Nomor Rekening Bank. Ada 3 aftar Bank di sana, yaitu BRI, BNI dan Mandiri.
  • Selesai dari sini, isikan  email dan  kode verifikasi di bagian bawah.  
  • Selesai.

Selanjutnya sistem akan mengirim konfirmasi ke alamat email yang berisi link yang harus diklik yaitu formulir pendaftaran, link untuk mendownload Virtual Account kita. Inilah yang harus diprint dan dibawa  ke Bank  untuk dibayar. Selesai membayar ke Bank  buka lagi email untuk mencetak  e-ID.

e-ID  ini yang harus dibawa  setiap kita akan berobat  ke  Puskesmas/Poli/Klinik atau bahkan saat dirujuk ke RS. Jangan lupa  untuk membawa KTP  karena  nantinya akan dicocokan  data NIK yang ada di e-ID dengan data di KTP.

Mobile JKN

Selain menggunakan cara yang diatas, kalian juga bisa menggunakan aplikasi mobile JKN. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Beberapa fungsi didalamnya cukup lengkap, mulai dari melihat data kalian, status pembayaran, cetak kartu JKN dll. Kalian bisa dapatkan aplikasi mobile JKN di playstore kalian.

Bagaimana? Simplekan untuk mendaftarkan JKN secara online? Silahkan disebarkan langkahnya ya, yang terpenting kalian mengingat situs resminya. Sekarang, tidak ada lagi kata malas antri karena kalian sekarang sudah bisa mendaftar JKN secara online.