Akut dan Kronis, Jangan Salah Ternyata Ini Perbedaannya!

Akut dan Kronis

Istilah akut dan kronis sepertinya sudah tidak asing buat kalian. Lantas, apa sebenarnya perbedaan Akut dan Kronis? Ini dia perbedaannya. Banyak orang yang tidak benar-benar memahami apa arti sebenarnya, padahal banyak juga yang sudah sering mengucapkannya. Sekarang gue bakalan bahas di blog sederhana ini ya.


Sabar, kali ini gue akan langsung ke topik yang akan gue bahas kok tanpa harus menjelaskan penyebab teradinya, gejala atau apapun. Karena, gue hanya ingin memberikan beberapa perbedaan yang mendasar antara kedua hal ini sendiri.

Akut dan Kronis

Akut dan Kronis

Apa perbedaannya?

Penyakit kronis mengacu pada kondisi medis yang berlangsung dalam kurun waktu lama atau terjadi secara perlahan-lahan. Sedangkan Penyakit akut dapat diartikan dengan penyakit yang terjadi secara mendadak, dalam waktu singkat, dan biasanya merupakan indikasi penyakit yang serius.

Apa Itu Penyakit Akut?

Dalam ilmu kedokteran, akut menunjukkan kondisi penyakit yang sifatnya mendadak atau baru saja terjadi. Istilah akut tidak berhubungan dengan tingkat keparahan (severity) suatu penyakit. Nah, sedangkan lawan kata akut adalah kronis, yaitu suatu kondisi yang telah berlangsung lama.

Apa Itu Penyakit Kronis?

Istilah kronis seperti yang gue ucapkan diatas biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu penyakit yang bisa diderita dalam kurun waktu yang lama atau berkembang secara perlahan-lahan pada penderitanya.

Bagiamana Dengan Nyeri Akut dan Kronis?

Nyeri akut adalah sensasi jangka pendek yang menyadarkan kita adanya cedera. Sedangkan pengertian nyeri kronis adalah nyeri yang berlangsung lebih dari 3 bulan. Sistem saraf kalian menerima sinyal rasa sakit dan nyeri yang konstan dari tubuh selama berbulan-bulan dan bahkan beberapa tahun.

Jadi, sampai sini udah tahu ya apa bedanya? Intinya, kalau penyakit kalian terjadi secara mendadak adalah AKUT. Sedangkan penyakit yang diderita sudah cukup lama, itu disebut KRONIS. Udah ah, gue juga gak begitu ahli masalah ini. Silahkan kalian tanyakan dokter terdekat atau wikipedia. Tapi, kalau kalian ada yang berbeda atau ingin menambahkan, silahkan berbagi ya mengenai akut dan kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *