Conversion Pixels Pada Facebook Ads

Conversion Pixels

Apa itu conversion pixels? Untuk yang pernah memasang iklan facebook, pasti tahu. Ini dia arti dari conversion pixels agar tidak salah. Beberapa orang pasti sudah tahu, tapi sebelum gue menjelaskan masalah conversion pixels lebih jauh, ada baiknya gue sedikit menjelaskan apa sebenarnya conversion itu sendiri.

Conversion atau konversi adalah sebuah tindakan yang diambil seseorang pada sebuah website, misalnya memeriksa, mendaftar, menambahkan item, atau melihat halaman tertentu. Hampir setiap halaman di blog atau website dapat mewakili konversi, dan kalian bisa membuat dan menambahkan kode tracking konversi pada setiap halaman blog atau website kalian pastinya.

Conversion Pixels

Bagaimana cara membuat conversion pixels? Untuk membuatnya, kalian bisa mengikut beberapa langkah yang ada dibawah ini:

  • Silahkan menuju dashboard facebook ads yang kalian miliki, kemudian klik conversion tracking yg ada disebelah kiri.
  • Klik create pixel.
  • Silahkan berikan nama dan kategori dari menur drop down yang ada.
  • Klik create pixel.
  • Silahkan copy script yang tampil tersebut, dan taruh didalam website yang ingin teman-teman tracking. Silahkan paste diantara tag <head> dan </head> didalam website yang ingin kalian track.

Pada dasarnya, untuk membuat conversion pixels ini sendiri sama saja seperti ketika kalian ingin membuat pixels di google analytics. Tapi, yang membedakan hal ini adalah kita menjalankan sebuah campaign yang berasal dari facebook. Jadi, kita bisa tau apa yang dihasilkan dari iklan yang kita promosikan didalam facebook itu sendiri dan menghasilkan conversion seperti apa.

Cara Kerja Facebook Pixel

Saat facebook pixels sudah terbuat dan terpasang di blog atau website kalian, tentu kalian ingin tahu bagaimana cara kerjanya, bukan? Pixel akan melakukan tracking alias pencatatan setiap apapun yang masuk dan terjadi di dalam website atau blog kalian. Apa sih sebenarnya kegunaannya? Ada beberapa selain melakukan tracking data, diantaranya:

  • Tracking.

Mencatat, mengukur traffic yang masuk ke dalam blog atau website.

  • Optimisasi.

Melakukan pencarian orang-orang yang lebih tertarget dan lebih sesuai dengan keinginan kita.

  • Retargeting.

Menarget kembali orang-orang yang sudah pernah melakukan sesuatu di dalam website atau facebook page kita.

Jadi, sampai sini paham ya apa saja yang bisa dilakukan ketika kita pasang saat menggunakan iklan facebook? Semoga buat kalian yang belum tahu, mendapatkan apa yang kalian cari di artikel ini. Kalau ada yang mau berbagi pengalaman, silahkan ceritakan kalian bagaimana ketika menggunakan conversion pixels.

2 Replies to “Conversion Pixels Pada Facebook Ads”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *