Mengenal Struktur Iklan Facebook

Mengenal Struktur Iklan Facebook

Struktur iklan facebook akan membingungkan ketika pertama kali kalian menggunakan facebook ads. Ini dia bentuknya yang paling mudah. Sebelum terlalu jauh mengenai bagaimana konsep untuk beriklan menggunakan facebook, tentu kalian harus berkenalan terlebih dahulu dengan bagaimana struktur iklan facebook itu sendiri.

Sebelumnya, facebook hanya membagi 2 bagian saja pada struktur untuk beriklan yaitu campaign & ad unit. Namun, seiring perkembangan dunia digital advertising facebookpun merubah strukturnya menjadi 3 bagian, yaitu campaign, ad set dan ad unit. Agar lebih jelas, silahkan teman-teman lihat gambar yang ada dibawah ini.

Struktur Iklan Facebook

Bingung? Saya akan membantu menjelaskan sedikit dengan gambar agar kalian tidak terlalu pusing melihat penjelasannya.

Mengenal Struktur Iklan Facebook

Campaign

Pada bagian ini, menunjukan project iklan yang ingin kita buat. Mulai dari jenis iklan seperti apa, penamaan iklan kalian, dan penentuan budget atau biaya yang akan kalian gunakan untuk menjalankan iklan

Ad Set

Bagian ini sendiri berisi tentang kelompok iklan yang akan kita gunakan. Mulai dari bagaimana kita menargetkan siapa yang akan melihat iklan kita, berapa lama iklan akan tayang sampai dengan penentuan link tujuan yang kita pakai pada iklan facebook.

Ad unit

Bagian terakhir, ini adalah bagian yang menunjukan iklan-iklan yang akan kita gunakan. Bagaimana kata-kata pada iklan yang akan dijalankan, materi apa yang mau digunakan dan beberapa tracking atau penandaan link yang kalian gunakan nantinya.

Contoh sederhananya begini, misal kita akan menjalankan sebuah project facebook untuk meningkatkan page likes dari sebuah brand X. Saya akan membuat campaign dengan nama Page Likes – A, kemudian saya akan membuat Ad Set dengan nama Page Likes Oktober – 30k, dan Ad set tersebut berisi iklan-iklan sesuai dengan pengelompokan iklan yang akan kita gunakan.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah kita harus benar-benar memikirkan penamaan pada setiap kelompok ad set & ad unit. Mengapa? Hal ini akan mempermudah kita melihat report yang dihasilkan dalam campaign tersebut, mulai dari budget yang sudah digunakan sampai dengan total likes yang kita dapatkan.

Beberapa artikel mengenai facebook lainnya yang bisa kalian baca, seperti dibawah ini:

Bagaimana? Sampai sini, apa ada yang ingin ditanyakan? Silahkan kalian tanyakan pada kolom komentar yang ada setelah artikel sederhana saya ini, begitupun jika ada koreksi jika saya salah menuliskan artikel ini. Semoga kalian lebih paham, mengerti dan mengenal struktur iklan facebook.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA