Cara Mengetahui Posisi Ranking Keyword Web di SERP

Cek Keyword di Google

Kalian yang aktif dalam dunia SEO, tentu kalian akan rajin melakukan cek posisi keyword untuk mengetahui posisi ranking keyword yang sedang kalian optimasi. Ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk cek ranking website atau keyword, mulai dengan cara manual ataupun menggunakan aplikasi pendukung untuk mempermudah pengecekan.

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mencari informasi mengenai aplikasi yang memungkinkan melakukan pengecekan keyword sekaligus pada sebuah website. Sempat bertanya pada seorang teman (praktisi SEO) mengenai aplikasi ini, dan disebutlah Cuterank.

Mengetahui Posisi Ranking Keyword

Software SEO tools yang satu ini terbilang cukup populer untuk mengetahuin posisi keyword kalian. Apalagi software ini telah tersedia untuk versi gratisnya disamping yang berbayar. Namun untuk versi gratis ini kalian sudah dapat menikmati beberapa fitur yang sangat hebat seperti:

  • Check Keyword Positions in an instant (memeriksa Posisi Keyword secara instan)Keyword Rank Checker ini dapat memeriksa semua posisi keyword kalian diberbagai search engine (termasuk Google, Yahoo, Bing, Ask, dan AOL) cukup dengan sekali klik.
  • Track keyword ranking performance (melacak performa peringkat keyword) Keyword Rank Tool ini memungkinkan kalian untuk melacak posisi keyword di search engine.
  • Automatically update keyword ranking on schedule (memperbaharui peringkat keyword yang terjadwal secara otomatis)Keyword Ranking Checker ini dapat secara otomatis memperbarui informasi peringkat kata kunci pada waktu yang dijadwalkan atau pada sistem startup.
  • View detailed keyword ranking history (melihat perkembangan peringkat keyword secara rinci)Keyword Ranking Tool ini tidak hanya memungkinkan kalian untuk melacak kinerja kata kunci peringkat dalam grafik, tetapi juga memungkinkan kalian untuk melihat riwayat kata kunci peringkat rinci tentang mesin pencari yang berbeda.
  • Export keyword ranking results (mengekspor hasil peringkat keyword)Kalian juga dapat mengekspor laporan peringkat keyword kalian dengan Keyword Rank Checker ini ke dalam berbagai format (termasuk csv untuk Excel, HTML, dan PDF).

Diatas tadi adalah beberapa kelebihannya, namun saya merasa kurang sesuai dengan aplikasi yang satu ini dan hasilnya saya mendapatkan sebuah aplikasi lainnya untuk mengecek posisi keyword yang memang saya cari sejak lama namun lupa apa nama aplikasi tersebut.

Free Monitor for Google, akhirnya saya menemukannya di mesin pencari dengan kata kunci yang saya tidak sengaja temukan. Aplikasi ini sebenarnya serupa dengan aplikasi cuterank, namun yang membuat saya tertarik menggunakannya adalah meskipun gratis, kita tetap memungkinkan mencari kata kunci pada banyak website sekaligus. Cocok untuk kalian yang sedang melakukan optimasi artikel lama kalian.

Berbeda dengan cuterank, kita harus menaikan versinya menjadi pro version untuk melakukan hal tersebut. Nah, sekarang tinggal bagaimana kalian saja ingin menggunakan aplikasi yang mana. Untuk mencoba aplikasi free monitor for google ini, silahkan menuju ke situs resminya disini. Selamat mencoba untuk mengetahui posisi ranking keyword blog kalian masing-masing.

4 Replies to “Cara Mengetahui Posisi Ranking Keyword Web di SERP”

  1. Terima kasih atas informasinya, saya senang bisa berkunjung ke halaman website anda, jujur saya pribadi ingin sekali mengerti tentang SEO. Website saya juga dapat teman yang bikinin atau naikin keyword.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *