Optimasi Artikel Lama Untuk Menambah Pengunjung Blog

Optimasi artikel lama adalah salah satu cara untuk menaikan pengunjung blog. Bagaimana gue melakukan optimasi artikel? Tenang, gue bakalan kasih tahu kok karena kemarin juga sudah gue tunjukan lewat status facebook gue buat efek yang terjadi ketika melakukan yang gue lakukan sekarang ini.

Optimasi artikel untuk setiap orang pasti berbeda caranya, jadi gue tidak bisa bilang cara ini bisa berhasil ketika kalian lakukan ya. Setidaknya, gue bisa berbagi yang gue tahu nih. Kalau mau dipakai, dengan senang hati. Tapi, kalau ada yang salah dengan cara gue bisa kalian bantah di kolom komentar ya. Ingat, silahkan share cara kalian sendiri :)

Cara Optimasi Artikel Lama Untuk Meningkatkan Ranking

Lakukan Audit Website

Iya, cara optimasi artikel yang pertama yang gue lakukan sebelum optimasi artikel lama adalah melakukan audit. Gimana caranya kalau gue gak audit buat optimasi? Tujuannya apa sih? Tujuannya untuk melihat mana yang punya performa bagus, dan mana yang tidak. Performa disini antara impresi yang baik, ataupun jumlah klik yang cukup banyak. Bagaimana caranya?

Audit Website Untuk Optimasi Artikel

Pertama, kalian harus membuka google search console yang terhubung dengan website atau blog kalian masing-masing, ya. Kalau sudah terbuka, kalian bisa masuk ke bagian Index – Coverage. Disana, kalian akan melihat apakah website atau blog kalian ada permasalahan atau tidak. Kalau tidak ada, ya bagus. Kalau ada, silahkan diperbaiki terlebih dahulu.

Kedua, lakukan pengecekan optimasi loading page untuk website atau blog kalian. Ada beberapa link yang bisa kalian gunakan, tapi yang biasa digunakan adalah beberapa website dibawah ini:

  • https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
  • https://search.google.com/test/mobile-friendly
  • https://testmysite.thinkwithgoogle.com/
  • https://gtmetrix.com/
  • https://tools.pingdom.com/
  • https://www.webpagetest.org/

Riset Potensi Website

Disini, yang biasa gue lakukan sebelum melakukan optimasi artikel lama adalah melakukan riset baik dari ranking dan traffic website ke artikel kita. Gimana cara tahunya? Ini untuk beberapa orang akan mudah, tapi untuk yang baru belajar akan bingung sih. Semoga bisa dicerna, ya.

Google Analytcs Search Console Optimasi Artikel

Baca Juga  Perlukah Mengakui Diri Sendiri

Pertama, yang gue lakukan adalah masuk ke google analytics dan kemudian masuk ke bagian search console dan pilih landing page. Nantinya, setelah kalian melakukan hal tersebut kalian akan melihat halaman mana yang paling banyak pengunjungnya selama periode yang sudah kalian pilih sebelumnya dibagian atas sebelah kanan. Biasanya gue mengurutkan berdasarkan impresi terbesar ke yang terkecil seperti dibawah ini.

Landing Page Sebelum Optimasi Artikel Lama

Dari gambar diatas, bisa disimpulkan beberapa hal yaitu:

  1. Masih banyak keyword yang bisa kita optimasi, karena belum masuk 3 besar di SERP.
  2. Traffic masih bisa naik lagi, karena masih banyak artikel yang tidak masuk ke halaman 1.

Dari kedua hal diatas, apa yang gue lakukan berikutnya? Biasanya, gue akan simpan data yang gue dapat dari google analytics tersebut menjadi file excel yang nantinya akan gue lakukan beberapa hal lainnya. Oke, lanjut langkah berikutnya ya. Semoga kalian sabar bacanya sampai disini, karena panjang banget emang prosesnya :)

Bikin Prioritas

Setelah datanya gue dapat, gue langsung sortir berdasarkan 2 kelompok. Yang pertama adalah arikel lama dengan posisi kata kunci berada diposisi 4 sampai 10, dan yang kedua adalah posisi kata kunci ada diurutan 11 sampai dengan 20. Darisini akan terlihat, mana yang masih bisa dioptimasi dan mana yang tidak seharusnya, seperti gambar dibawah ini.

Impresi Website Sebelum Optimasi Artikel Lama

Artikel mana yang gue pilih? Kalau gue ada beberapa opsi, artikel dengan impresi cukup besar tapi dengan klik yang biasa saja biasanya gue optimasi agar banyak orang yang klik artikel tersebut. Lantas, artikel yang klik rate-nya cukup tinggi, akan gue optimasi meningkatkan posisi di mesin pencarian khusunya google.

Apa saja yang gue lakukan untuk optimasi artikel lama yang sudah gue dapatkan datanya ini? Pertama, gue menambahkan beberapa informasi yang terkait dengan tulisan tersebut, karena biasanya artikel lama gue tulisannya hanya kurang dari 300 kata setiap artikel. Kemudian, gue memperbaiki inbound link yang ada, dan terakhir gue memperbaiki target kata kunci yang ingin gue kejar agar posisinya membaik.

Tapi, diantara ketiga hal yang gue lakukan diatas yang terpenting adalah ketika gue mengubah metadata untuk artikel tersebut. Mulai dari Judul, deskripsi dan tag yang gue gunakan. Selanjutnya gue akan balik ke google search console untuk submit url ulang agar perubahan yang gue lakukan cepat terindeks oleh google.

Gimana? Sampai sini udah pusing belum masalah optimasi artikel lama kalian? Semoga sih enggak, ya. Karena, ini beneran basic banget yang gue lakuin. Cuma, untuk beberapa orang akan sangat malas melakukan ini karena artikelnya juga udah lama.

Nah, catatan penting ketika memilih mana yang mau dioptimasi adalah pilihan artikel yang masih bisa dibaca sampai kapanpun, dengan kata lain jangan yang trending waktu itu kalian optimasi, capek. Udah ah segitu aja, semoga kalian bisa ngikutin apa yang gue tulis ini. Kalau ada diantara kalian yang punya cara lain, boleh lah kalian share gimana cara kalian untuk optimasi artikel lama.

Baca Juga  Resolusi 2013 Komunitas Blogger Jogja

14 Comments

  1. Mungkin aku yang bodoh, aku suka wara wiri di google search console, tapi belum memikirkan itu. Terimakasih ilmunya.
    Oh iya aku enggak paham soal optimasi, banyak masalah saat aku klik Coverege, ada masalah tapi ga tahu cara penyelesaiannya. Ditunggu next artikel tentang ini.

    1. Coba dibuka, lihat tulisannya zaman itu seperti apa. Tinggal disesuaikan dengan algoritma google sekarang, maunya dia gimana. Mulau dari judul, kata kunci, link keluar, link ke artikel sendiri dll :)

  2. Mantap, baru tau kalau artikel lama ternyata belum sepenuhnya habis dan masih bisa dikulik lagi untuk menambah jumlah traffik yang datang. Segera saya praktekkan ilmunya kak, terima kasih.

  3. Keren om! Optimasi artikel lama ini macam cari harta karun.. Kalau nemu dan berhasil jadi sumringah.. kalau ga nemu/ga berhasil, ngadem di pojokan kamar aja.. wkwkwk

    1. Iya om, betul. Haha.. Ogut nulis ini karena sambil nyari mana yang broken, mana yang keyword stuffing zaman dulu, dll. Alhasil, pegel sendiri :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimasi Artikel Lama Untuk Menambah Pengunjung Blog

Waktu Untuk Membaca 3 min
14