Optimasi Seo: On Page atau Off Page? Fokus Pada 3 Hal Ini Cukup!

Optimasi Seo

Banyak yang membuat blog atau website bertanya, bagaimana melakukan optimasi seo baik itu on page ataupun off page. Kalau kalian cari cara itu disini, mungkin hanya akan ada beberapa saja yang gue bahas. Berdasarkan pengalaman yang gue lakukan untuk tahun ini, cukup fokus saja pada 3 hal yang akan gue sebutkan bagaimana melakukan optimasi seo blog kalian.

Optimasi Seo

3 Cara Melakukan Optimasi SEO Tahun Ini

Seperti yang gue bilang tadi, apakah akan fokus pada on page atau justru terfokus pada off page? Seo on page adalah cara melakukan optimasi yang dilakukan pada website atau dalam kata lain melakukan optimasi pada website itu sendiri. Kalau kalian masih mencari optimasi seo on page, dibawah ini beberapa diantaranya:

  • Menggunakan permalink yang sederhana.
  • Membuat judul konten yang menarik.
  • Menambahkan gambar atau video pada konten.
  • Melakukan optimasi pada gambar.
  • Menggunakan heading dan subheading pada konten.
  • Menaruk kata kunci pada awal paragraf.
  • Menggunakan template atau tempa yang mobile friendly.
  • Memasukan outbund link dan memaksimalkan internal link.
  • Menambahkan tombol share ke media sosial.
  • dll.

Beberapa hal diatas yang bisa kalian lakukan untuk optimasi seo on page pada blog kalian. Lantas, masih harus fokus pada hal tersebut? Gue rasa itu sudah menjadi kebiasaan ketika kita menulis sebuah artikel bukan? Kalau kalian tanya lagi, apakah harus fokus pada optimasi seo off page?

Kalau kalian belum tahu apa itu seo off page, SEO off page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar konten atau website. Beberapa langkahnya ada seperti dibawah ini:

  1. Link Building.
  2. Listing Bisnis.
  3. Brand Mention di Media Online.
  4. Google Bisnisku.
  5. Review.
  6. Share di Media Sosial

Semua balik lagi tergantung pada keahlian masing-masing untuk melakukan optimasi seo pada blog kalian tentunya. Namun, beberapa cara diatas sudah gue lakukan semuanya sampai pada akhirnya gue menemukan kesimpulan sendiri yang mengharuskan kita untuk fokus pada 3 hal ini dalam membuat blog. SCI. Speed, Content, Informative.

Optimasi – Speed

Kalau kalian buka blog gue sebelum mengganti dengan template yang baru, loading blog ini terkesan cukup lambat. Entah karena plugin seo yang gue gunakan terlalu banyak, atau memang templatenya memang berat.

Salah satu faktor yang menentukan apakah konten baru kalian akan masuk ke halaman pencarian google atau tidak, bisa gue bilang adalah speed. Speed disini termasuk hosting, halaman artikel, seberapa cepat loading blog kalian, dan lain sebagainya.

Apalagi, baru-baru ini google menambahkan core web vitals pada metric yang ada di google search console mereka, diantaranya LCP, FID dan CLS. Kalau gue lihat disana, google memang akan cenderung membuat para pengunjung kita nyaman dengan website atau blog yang akan mereka buka.

Optimasi Speed SEO

Bagaimana para blogger melakukan optimasi pada blog mereka, khususnya jika dilihat menggunakan smartphone? Kebanyakan diantaranya menggunakan AMP, untuk meringankan tampilan blog mereka. Tapi, ada juga yang menggunakan template responsive seperti blog ini.

Optimasi – Content

Banyak yang bilang bahwa domain authority, domain rating atau apapun lainnya akan membuat persaingan di mesin pencari akan menjadi lebih mudah. Betul, hal itupun gue lakukan dengan membuang beberapa backlink yang menuju blog ini, dan menghilangkan beberapa link yang keluar dari blog ini.

Karena memang kedua patokan ini membuat domain kita bernilai lebih dimata mesin pencari google. Lantas optimasi seo yang gue lakukan ini seperti terbantahkan, setelah melakukan perbandingan yang gue lakukan beberapa bulan terakhir, ternyata kontenlah yang menjadi faktor utama agar blog kalian berada dihalaman pencarian google.

Content Domain Rating

Kenapa bisa gue bilang begitu? Beberapa website yang gue cek dengan hasil seperti diatas, pernah gue coba “intip” kontennya dan coba gue duplikasi. Hasilnya? Justru beberapa kata kunci yang ditargetkan justru mendpatkan “featured snippet” dihalaman google.

Optimasi Konten Untuk Optimasi SEO

Bagaimana dengan blog ini? Sulit sekali bersaing. Setelah melakukan pengamatan pada konten tersebut, ternyata:

Tulisan lengkap dan detail

Betul, tulisan yang dibuat cukup lengkap dan detail. Bahkan, ditambahkan dengan beberapa gambar atau video pendukung yang diambil dari channel youtubnya sendiri. Bahkan, semua konten yang ditulis tidak terdeteksi duplikat konten sama sekali.

Ulasan mendalam

Selain lengkap dan detail, yang dilakukan cukup mendalam. Tidak hanya semata membahas apa yang sudah diketahui oleh orang banyak. Dengan kata lain, harus melakukan riset terlebih dahulu apa yang ingin dibahas.

Navigasi jelas

Terakhir adalah memberikan navigasi yang cukup jelas untuk pembacanya. Meskipun artikel cukup panjang, pengunjung blog tetap dapat mencari apa yang ingin dia cari pada artikel tersebut.

  Domain Rating Blog

Optimasi – Informative

Hal terakhir yang gue anggap sebagai faktor penentu optimasi seo yang dilakukan adalah informative, atau dapat memberikan informasi pada pengunjung atau pembaca blog kalian. Tentu, hal ini bukan saja konten yang berperan, tapi semua unsur pada seo on page.

Mulai dari konten yang diberikan jelas pada 1 tema yang sedang dibahas. Speed saat membuka blog atau halaman tulisan itu cukup cepat. Selain itu terdapat beberapa internal link yang menuju artikel lainnya pada blog untuk mendukung optimasi seo yang dilakukan pada artikel tersebut.

Ketiga hal tersebut sampai saat ini belum gue punya, meskipun beberapa hasil optimasi artikel lama gue cukup berhasil dengan mengangkat posisi gue di hasil pencarian ketika gue melakukan cek ranking keyword pada hasil pencarian.

Selain ketiga hal diatas, seperti yang gue bilang. Memang apabila kita berbicara backlink untuk optimasi seo tentu berpengaruh untuk meningkatkan nilai blog atau website kita di mata mesin pencari, banyak juga kok yang menggunakan hal tersebut untuk optimasi seo off page mereka.

Semua tergantung pada kepercayaan kalian untuk melakukan optimasi SEO ya, karena artikel ini hanya menjadikan kesimpulan gue pribadi untuk melakukan optimasi seo. Cara kalian berbeda? Justru gue mau belajar dari kalian yang lebih senior untuk melakukan optimasi seo baik on page ataupun off page.

18 Replies to “Optimasi Seo: On Page atau Off Page? Fokus Pada…”

  1. Wah ulasan perihal SEO keren , baru tahu kalo pengen page one ternyata banyak syarat. Nyerah deh kalo begini caranya.

  2. cakep bang artikelnya, selamat ya bang udah theme baru nih.

    kalo optimasi seo tuh pasti mengasikkan lah, hasil akhirnya yg bikin ketawa ketiwi aja hehe

  3. Menurut saya dengan konten yang berkualitas dan branding di sosial media yang baik sudah cukup kok. Backlink bisa datang dengan sendirinya. Apalagi ketika konten yang dibuat itu bisa ngasih sebuah pandangan baru, pasti orang balik lagi meskipun ga page one Google.

  4. Haha sebagian sudah q terapkan
    Tapi entahlah penting usaha sambil angkat bendera kuning wkwkwkw

    Segala cara juga uda ane lakukan Gan tapi kyaknya Mbak google masih tidur nyenyak jadi nggak tau klo ane rutin post artikel :)

  5. Saya juga mentingin konten. Bikin konten sebagus mungkin sejauh kemampuan saya. Biasanya riset baca2 web lain, buku, majalah, nonton video yg relevan, kalo pas beruntung bisa tanya2 narasumber.

    Kalo pas riset saya suka nekad. Kemarenan cari bahan review salah satu makanan kucing kok susah, web produsennya bahasa Brasil, saya japri aja minta bahan bahasa Inggris. Eh, baik banget mereka, distributornya yg di Indonesia diminta buat bantu saya, padahal cuma buat bikin konten blog.

    Setelah konten OK, baru saya terapin on page SEO. Trus kalo senggang guest post nyari backlink. Technical SEO kaya optimasi speed, dll, saya lakukan bertahap pas senggang, biar kerasa enteng.

    Foto saya sering beli, dari 2 situs penyedia stock photo. Akibatnya dapat beberapa link natural dari web yg nyomot foto dari blog saya. Low quality link sih tapi. Ada jg yg ngeshare link tulisan saya ke bbrp forum.

    Emang enak banget kalo konten diseriusin. Selanjutnya apa2 lebih gampang termasuk guest post nyari backlink. Ada jg bbrp orang yg sukarela nawarin saya guest post di blog mereka. Ini masih ada tanggungan guest post di 1 blog, blom kelar nulisnya.

    1. Wah, keren2. Emang konten beneran bikin naik ya. Technical justru pelan2 bereseinnya. Mantap2

      1. Menurut saya bukan konten aja sih mas, yg lain2 tetep dibutuhin. Cuma saya ngelakuinnya bertahap, tahun ini fokus bikin konten dan guest post, optimasi lain kaya on page saya lakuin juga tapi nggak ngoyo. Kalo nggak bertahap nggak kuat saya.

        Yang penting goal awal tercapai, tiap bulan trafik organik naik berapapun itu. Saya punya ide konten 200an, ntar kalo semua udah dieksekusi baru hajar technical, benahi on page, hajar backlink juga. Konsekuensinya ya musti sabar kalo ada keyword penting yg rangkingnya masih jeblok.

        1. Nah itu dia mas, gak bisa digarap semuanya secara bersamaan. Kecuali emang ada orang yang membantu ya. Kalau sendirian, mau gak mau harus skala prioritas yang dimainkan. Mau konten dulu, atau teknis dulu :)

  6. Baru berkunjung lagi ke blog ini setelah sekian lama, ringan sekali loadingnya, enak :D kalau mau nyeriusin SEO ternyata butuh waktu yang banyak ya, saya sendiri belajar on page masih bertahap karena tentu saja kudu bagi waktu dengan keseharian. Yang penting masih enjoy aja buat blogging, takutnya terlalu banyak yang dipikirin malah males2an hihi

    1. Wah, udh enteng ya blogku? Selamat datang.. ehehe.. iya lumayan banyak, makanya kesimpulannya ya 3 itu sih yg penting :)

  7. akhirnya semua kembali pada konten ya mas
    tetapi penting juga untuk optimasi keyword dan beberapa aspek lain semisal gambar

    saya juga lagi coba mengoptimasi gambar dari postingan terdahulu
    makasih sharingnya mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *