Optimasi Seo: On Page atau Off Page? Fokus Pada 3 Hal Ini Cukup!

Optimasi Seo

Banyak yang membuat blog atau website bertanya, bagaimana melakukan optimasi seo baik itu on page ataupun off page. Kalau kalian cari cara itu disini, mungkin hanya akan ada beberapa saja yang gue bahas. Berdasarkan pengalaman yang gue lakukan untuk tahun ini, cukup fokus saja pada 3 hal yang akan gue sebutkan bagaimana melakukan optimasi seo blog kalian.

Optimasi Seo

3 Cara Melakukan Optimasi SEO Tahun Ini

Seperti yang gue bilang tadi, apakah akan fokus pada on page atau justru terfokus pada off page? Seo on page adalah cara melakukan optimasi yang dilakukan pada website atau dalam kata lain melakukan optimasi pada website itu sendiri. Kalau kalian masih mencari optimasi seo on page, dibawah ini beberapa diantaranya:

  • Menggunakan permalink yang sederhana.
  • Membuat judul konten yang menarik.
  • Menambahkan gambar atau video pada konten.
  • Melakukan optimasi pada gambar.
  • Menggunakan heading dan subheading pada konten.
  • Menaruk kata kunci pada awal paragraf.
  • Menggunakan template atau tempa yang mobile friendly.
  • Memasukan outbund link dan memaksimalkan internal link.
  • Menambahkan tombol share ke media sosial.
  • dll.

Beberapa hal diatas yang bisa kalian lakukan untuk optimasi seo on page pada blog kalian. Lantas, masih harus fokus pada hal tersebut? Gue rasa itu sudah menjadi kebiasaan ketika kita menulis sebuah artikel bukan? Kalau kalian tanya lagi, apakah harus fokus pada optimasi seo off page?

Kalau kalian belum tahu apa itu seo off page, SEO off page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar konten atau website. Beberapa langkahnya ada seperti dibawah ini:

  1. Link Building.
  2. Listing Bisnis.
  3. Brand Mention di Media Online.
  4. Google Bisnisku.
  5. Review.
  6. Share di Media Sosial

Semua balik lagi tergantung pada keahlian masing-masing untuk melakukan optimasi seo pada blog kalian tentunya. Namun, beberapa cara diatas sudah gue lakukan semuanya sampai pada akhirnya gue menemukan kesimpulan sendiri yang mengharuskan kita untuk fokus pada 3 hal ini dalam membuat blog. SCI. Speed, Content, Informative.

Optimasi – Speed

Kalau kalian buka blog gue sebelum mengganti dengan template yang baru, loading blog ini terkesan cukup lambat. Entah karena plugin seo yang gue gunakan terlalu banyak, atau memang templatenya memang berat.

Salah satu faktor yang menentukan apakah konten baru kalian akan masuk ke halaman pencarian google atau tidak, bisa gue bilang adalah speed. Speed disini termasuk hosting, halaman artikel, seberapa cepat loading blog kalian, dan lain sebagainya.

Apalagi, baru-baru ini google menambahkan core web vitals pada metric yang ada di google search console mereka, diantaranya LCP, FID dan CLS. Kalau gue lihat disana, google memang akan cenderung membuat para pengunjung kita nyaman dengan website atau blog yang akan mereka buka.

Optimasi Speed SEO

Bagaimana para blogger melakukan optimasi pada blog mereka, khususnya jika dilihat menggunakan smartphone? Kebanyakan diantaranya menggunakan AMP, untuk meringankan tampilan blog mereka. Tapi, ada juga yang menggunakan template responsive seperti blog ini.

Optimasi – Content

Banyak yang bilang bahwa domain authority, domain rating atau apapun lainnya akan membuat persaingan di mesin pencari akan menjadi lebih mudah. Betul, hal itupun gue lakukan dengan membuang beberapa backlink yang menuju blog ini, dan menghilangkan beberapa link yang keluar dari blog ini.

Karena memang kedua patokan ini membuat domain kita bernilai lebih dimata mesin pencari google. Lantas optimasi seo yang gue lakukan ini seperti terbantahkan, setelah melakukan perbandingan yang gue lakukan beberapa bulan terakhir, ternyata kontenlah yang menjadi faktor utama agar blog kalian berada dihalaman pencarian google.

Content Domain Rating

Kenapa bisa gue bilang begitu? Beberapa website yang gue cek dengan hasil seperti diatas, pernah gue coba “intip” kontennya dan coba gue duplikasi. Hasilnya? Justru beberapa kata kunci yang ditargetkan justru mendpatkan “featured snippet” dihalaman google.

Optimasi Konten Untuk Optimasi SEO

Bagaimana dengan blog ini? Sulit sekali bersaing. Setelah melakukan pengamatan pada konten tersebut, ternyata:

Tulisan lengkap dan detail

Betul, tulisan yang dibuat cukup lengkap dan detail. Bahkan, ditambahkan dengan beberapa gambar atau video pendukung yang diambil dari channel youtubnya sendiri. Bahkan, semua konten yang ditulis tidak terdeteksi duplikat konten sama sekali.

Ulasan mendalam

Selain lengkap dan detail, yang dilakukan cukup mendalam. Tidak hanya semata membahas apa yang sudah diketahui oleh orang banyak. Dengan kata lain, harus melakukan riset terlebih dahulu apa yang ingin dibahas.

Navigasi jelas

Terakhir adalah memberikan navigasi yang cukup jelas untuk pembacanya. Meskipun artikel cukup panjang, pengunjung blog tetap dapat mencari apa yang ingin dia cari pada artikel tersebut.

  Domain Rating Blog

Optimasi – Informative

Hal terakhir yang gue anggap sebagai faktor penentu optimasi seo yang dilakukan adalah informative, atau dapat memberikan informasi pada pengunjung atau pembaca blog kalian. Tentu, hal ini bukan saja konten yang berperan, tapi semua unsur pada seo on page.

Mulai dari konten yang diberikan jelas pada 1 tema yang sedang dibahas. Speed saat membuka blog atau halaman tulisan itu cukup cepat. Selain itu terdapat beberapa internal link yang menuju artikel lainnya pada blog untuk mendukung optimasi seo yang dilakukan pada artikel tersebut.

Ketiga hal tersebut sampai saat ini belum gue punya, meskipun beberapa hasil optimasi artikel lama gue cukup berhasil dengan mengangkat posisi gue di hasil pencarian ketika gue melakukan cek ranking keyword pada hasil pencarian.

Selain ketiga hal diatas, seperti yang gue bilang. Memang apabila kita berbicara backlink untuk optimasi seo tentu berpengaruh untuk meningkatkan nilai blog atau website kita di mata mesin pencari, banyak juga kok yang menggunakan hal tersebut untuk optimasi seo off page mereka.

Semua tergantung pada kepercayaan kalian untuk melakukan optimasi SEO ya, karena artikel ini hanya menjadikan kesimpulan gue pribadi untuk melakukan optimasi seo. Cara kalian berbeda? Justru gue mau belajar dari kalian yang lebih senior untuk melakukan optimasi seo baik on page ataupun off page.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA